5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi (Foto: Pixabay)

Bayi yang digigit nyamuk seringkali mengalami bentol kemerahan, gatal, dan bengkak di kulitnya. Jika tidak segera diatasi, bekas gigitan nyamuk bisa menghitam dan mengganggu penampilan kulit bayi.

Untuk menghindari hal ini, Bunda perlu mengetahui cara alami menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi yang efektif dan aman.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, antara lain:

1. Memberi kompres dingin

Kompres dingin bisa membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Bunda bisa mengompres kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk dengan kain basah yang sudah dicelupkan ke air dingin atau air dengan suhu ruangan. Lakukan kompres ini sebanyak 2-3 kali sehari selama 15 menit setiap kali kompres

2. Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya mengandung zat anti-radang dan antibakteri yang bisa membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Bunda bisa membelah lidah buaya dan mengoleskan gelnya ke kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali sehari selama beberapa minggu hingga bekas gigitan nyamuk memudar.

3. Mengusapkan madu

Madu memiliki sifat antibiotik dan anti-radang yang bisa membantu mengatasi infeksi dan peradangan akibat gigitan nyamuk.

Bunda bisa mengusapkan sedikit madu ke kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk. Namun, pastikan madu tidak tertelan oleh bayi, karena madu bisa berisiko menyebabkan keracunan atau botulisme pada bayi di bawah usia 1 tahun

4. Mengoleskan minyak esensial

Cara Alami Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi
Mengoleskan minyak esensial pada bayi (foto: Pixabay)

Minyak esensial seperti minyak serai, minyak telon, atau minyak lavender bisa membantu mengurangi gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk.

Bunda bisa mencampurkan 2 sendok teh minyak kelapa, minyak jarak, atau baby oil dengan beberapa tetes minyak esensial, lalu balurkan ke kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari

5. Gunakan baking soda

Baking soda bisa membantu menetralkan asam yang dikeluarkan oleh nyamuk saat menggigit kulit. Hal ini bisa mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit bayi.

Bunda bisa mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air, lalu oleskan pasta yang terbentuk ke kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, Bunda juga dapat menggunakan obat-obatan antihistamin yang dijual bebas untuk membantu mengurangi gatal dan kemerahan akibat gigitan nyamuk. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat-obatan tersebut kepada bayi.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah gigitan nyamuk pada bayi:

  • Gunakan obat oles anti nyamuk yang aman untuk bayi.
  • Oleskan obat oles anti nyamuk secara merata ke seluruh permukaan kulit bayi, termasuk wajah, telinga, dan kaki.
  • Ulangi pemakaian obat oles anti nyamuk setiap 2-3 jam sekali.
  • Gunakan kelambu atau tirai anti nyamuk saat bayi tidur.
  • Pasang kawat kasa di jendela dan pintu rumah untuk mencegah nyamuk masuk.

Itulah Cara alami menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi, Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan di atas, Bunda dapat membantu melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Semoga bermanfaat

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait