Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bolehkah ibu hamil makan durian? Pertanyaan ini bisa jadi sering terlintas di benak bunda yang sekarang sedang menanti kelahiran buah hati.

Durian memang dikenal dengan rasanya yang lezat dan disukai sebagian besar orang, termasuk ibu hamil.

Namun, tak jarang bumil merasa ragu untuk mengkonsumsinya karena adanya mitos yang berpendapat jika buah tersebut bisa membahayakan janin.

Sebetulnya, apakah benar durian memberikan efek negatif buat ibu hamil? Apakah cuma mitos belaka? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya.

Fakta Buah Durian yang Kabarnya Dilarang Untuk Ibu Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Bagi bunda yang saat ini ingin makan durian tapi masih ragu-ragu, mulai sekarang bisa tenang. Pasalnya, durian masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Alih-alih berbahaya, 100 gram daging durian justru memiliki kandungan seperti gula, lemak, sulfur, alkohol, serta beberapa nutrisi penting seperti:

  • 150 kalori
  • 3,5 gram serat
  • 5 – 5,5 gram lemak
  • 1,3 – 1,5 gram protein
  • 400 mg kalium
  • 19 – 20 mg vitamin C

Belum lagi kandungan lainnya seperti flavonoid yang bersifat antioksidan, folat, kalsium, zink, magnesium, fosfor, vitamin B, dan tembaga yang dikenal baik untuk ibu hamil.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

ibu hamil makan durian

Jadi, bolehkah ibu hamil makan durian? Jawabannya boleh saja kok bunda, bahkan buah tersebut sebenarnya memberikan manfaat seperti diantaranya:

1. Memberikan Energi Tambahan

Menjadi ibu hamil, mungkin membuat bunda menjadi lebih mudah lelah ketika melakukan sesuatu. Makan durian adalah solusi untuk memberikan energi tambahan. Pasalnya di dalam durian mengandung karbohidrat, kalori, dan gula dalam jumlah yang cukup besar.

2. Menambah Asupan Folat

Selain itu, buah durian juga mengandung folat yang relatif tinggi. Menariknya, ibu hamil sangat membutuhkan asupan asam folat untuk menunjang pembentukan saraf, otak, dan tulang belakang janin sekaligus mencegah cacat bawaan lahir.

3. Menjaga Kolesterol Tetap Stabil

Tak jarang orang mengira jika durian mengandung banyak kolesterol. Padahal nyatanya, walaupun kandungan lemaknya cukup tinggi, lemak pada durian bukan dari jenis kolesterol.

Sebagai informasi saja, kolesterol hanya diperoleh dari lemak hewani saja. Apalagi, kandungan serat dalam durian sangat tinggi, yang justru dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengurangi sembelit.

Tips Makan Durian yang Aman Ibu Hamil

ibu hamil makan durian

Ibu hamil boleh makan durian, namun tetap harus hati-hati. Bunda bisa mengikut tips aman makan durian selama hamil berikut ini:

1. Makan Secukupnya

Selama hamil, bunda harus mulai membatasi makanan yang dikonsumsi. Termasuk durian, usahakan tidak mengkonsumsi lebih dari 2 potong sehari. Sangat tidak dianjurkan untuk makan durian terlalu sering.

2. Pilih Durian yang Tepat

Bunda juga harus memilih durian yang tepat. Durian yang dikonsumsi tidak boleh terlalu matang dan tidak memiliki daging tebal. Ingat, durian yang terlalu matang dan berdaging tebal dapat memicu peningkatan kolesterol.

Namun, khusus bagi bunda yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau obesitas, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi durian.

Begitu juga buat bunda yang sedang hamil dan masuk trimester ketiga pun tidak boleh makan buah tersebut.

3. Minum Air Putih Cukup

Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan air putih selama hamil dan mengkonsumsi durian. Selain menetralisir racun, air putih juga dapat membuat bunda tidak dehidrasi dan terasa segar.

Sekarang, bunda tidak perlu bertanya-tanya lagi tentang bolehkah ibu hamil makan durian. Jawabannya boleh kok bunda

Bahkan durian bisa memberikan manfaat untuk tubuh. Ikuti tips makan durian yang sudah dijelaskan di atas supaya makin aman.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait