Begini Perubahan Perut Ibu Hamil dari Bulan ke Bulan

Ilustrasi perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan Foto: canva

Ketika sedang hamil bunda akan mengalami perubahan perut. Berikut perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan yang wajib di perhatikan.

Masa kehamilan menjadi masa yang paling penting bagi seorang wanita. Ketika hamil bunda akan mengalami banyak perubahan, termaksud dengan perubahan perut ketika hamil.

Mengalami perubahan perut dari bulan ke bulan ketika hamil pasti sangat berkesan bunda. Namun, pasti banyak pertanyaan yang menyertai bunda. Perihal apakah perkembangan perut bunda normal atau tidak.

Oleh sebab itu perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan harus sesuai. Jangan sampai lebih besar dari ukuran normal sesuai bulan dan juga jangan sampai lebih kecil dari pada seharusnya.

Bagaimana perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan? Simak di sini ya bunda.

Perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan

Ketika bunda hamil pasti akan suka mengelus perut seperti menenangkan buah hati dalam perut agar tenang. Perun bunda yang sedang hamil akan semakin membesar dari bulan ke bulan.

Jika janin bunda tidak berkembang, harus segera memeriksakan diri kepada dokter kandungan. Jadi bisa di simak di sini perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan:

perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan
Ilustrasi Perut ibu hamil Foto: canva

1. Trimester 1 (Bulan 1-3)

Kehamilan bunda dihitung sejak hari pertama siklus haid terakhir dan berakhir pada minggu ke 37 sampai 42.

Sedangkan untuk trimester 1 akan dihitung sejak minggu pertama sampai dengan minggu ke 12 kehamilan bunda.

Dan untuk fase ini, keadaan perut bunda hampir sama dengan keadaan perut ketika belum hamil. Dan tentunya hal ini normal ya bunda.

Walaupun terlihat sedang tidak hamil, bunda tetap saja akan mengalami beberapa perubahan. Seperti bunda sering mual, mudah kelelahan, terkadang juga sakit kepala dan sembelit.

Dan juga sang janin tetap berkembang terus dari hari ke hari.  Janin bunda akan mengembangkan semua organnya pada akhir bulan ketiga.

2. Trimester 2 (Bulan 4-6)

Untuk perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan yang kedua adalah pada masa trimester 2 yaitu 4 sampai 6 bulan.

Trimester 2 ini di hitung sejak minggu 13 sampai dengan minggu ke 27. Dan untuk trimester 2 menjadi periode yang sangat nyaman bagi sebagian besar ibu hamil.

Karena pada masa ini sebagian besar gejala awal kehamilan perlahan-lahan menghilang. Perut bunda juga akan terlihat semakin membesar dengan cepat.

Dan pada akhir trimester 2 perut bunda akan terlihat semakin membulat. Untuk minggu ke 20 perut bunda mulai membesar dan membuat perut lebih membuncit lagi.

Fase ini bunda akan merasakan bayi bergerak untuk pertama kalinya ketika minggu ke 20. Dan juga sang buah hati dalam perut sudah bisa mendengar serta mengenali suara bunda.

Pada fase ini perut bunda akan terlihat garis hitam vertikal melintang pada tengah perut. Biasanya hal ini di sebut dengan linea nigra yang sudah umum terjadi saat hamil karena perubahan hormon.

Hal ini tidak berbahaya bunda, dan akan memudar untuk beberapa bulan setalah melahirkan nanti.

3. Trimester 3 (Bulan 7-9)

Perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan yang ketiga adalah trimester 3 yaitu bulan 7 sampai bulan 9 kehamilan.

Trimester ini akan berlangsung pada minggu ke 28 hingga sampai sang buah hati bunda lahir. Dan untuk fase ini perut bunda semakin membesar dan juga mengencang.

Gerakan-gerakan sang buah hati pada perut bunda akan semakin terasa. Untuk minggu-minggu terakhir kehamilan bunda akan merasa perut sedikit lebih rendah atau menurun dari biasanya.

Hal ini menjadi penanda sang buah hati bunda sudah masuk ke pinggul dan pertanda sudah dekatnya waktu melahirkan bunda.

Itu tadi bunda perubahan perut ibu hamil dari bulan ke bulan yang wajib di ketahui. Semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat untuk bunda dan calon buah hati.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait