Bagaimana cara mengatasi baby blues saat menyusui? Syndrome baby blues ini adalah suatu kondisi yang mempengaruhi mental seorang ibu setelah melahirkan. Kondisi ini umumnya terjadi setelah kelahiran dan dapat berlangsung selama 2 minggu atau lebih.

Sebagian ibu yang baru melahirkan mengalami syndrome baby blues. Hingga sekarang belum diketahui secara pasti apa penyebab terjadi baby blues ini.

Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab meningkatnya risiko. Seperti adanya perubahan peran dan tanggung jawab, lelah secara fisik dan mental, kurangnya waktu istirahat hingga muncul kendala menyusui.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya jika muncul keluhan untuk menyusui? Sedangkan bayi baru lahir dan sedang ASI eksklusif hanya mengandalkan ASI untuk nutrisinya.

Cara Mengatasi Baby Blues Saat Menyusui

Para ibu yang baru melahirkan seringkali merasa panik, cemas, mudah lelah dan terjadi perubahan pola makan, istirahat. Sebenarnya kondisi ini memang umum terjadi terhadap ibu yang baru melahirkan. Namun banyak yang tidak dapat mengeloalnya dengan baik, hingga menyebabkan terjadi baby blues.

Namun syndrome baby blues ini dapat hilang seiring berjalannya waktu. Lalu bagaimana cara mengatasinya ketika ibu mengalami baby blues yang berakibat sulit untuk menyusui? Simak caranya berikut ini.

1. Beristirahat Yang Cukup

cara mengatasi baby blues saat menyusui

Ibu yang baru melahirkan tentu mengalami kondisi tubuh yang lelah. Perubahan pola tidur juga membuat ibu mengalami kurangnya istirahat. Padahal istirahat yang kurang cukup adalah salah satu faktor yang memperparah risiko baby blues.

Istirahat yang cukup dan mendapatkan bantuan suami, dapat menurunkan gejala syndrome baby blues. Sehingga ibu dapat menyusui dengan lebih baik dengan kualitas ASI terbaik.

2. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Makanan sehat dapat berpengaruh pada tubuh ibu. Untuk ibu yang baru melahirkan, pasti harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Hal ini dapat berdampak baik untuk ibu dan bayi pastinya.

Supaya ibu selalu merasa sehat dan kondisi karena kelelahan bisa segera membaik dengan makan makanan sehat. Pastikan makanan bergizi seimbang dan kaya akan nutrisi untuk membantu penyembuhan ibu pasca melahirkan.

3. Rajin Olahraga

cara mengatasi baby blues saat menyusui

Melakukan aktivitas fisik, dengan olahraga ringan dapat mebantu mempercepat pemulihan gejala baby blues pada ibu menyusui. Lakukan jalan-jalan ringan sekitar rumah saat pagi. Ini juga membantu ibu lebih rileks.

Ibu bisa coba lakukan olahraga sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Tidak perlu memaksakan diri jika masih merasa belum bisa berjalan jauh. Ibu hanya perlu tetap sehat dan tidak memaksakan diri untuk berolahraga.

4. Berkomunikasi Dengan Suami

Berbicara dari hati ke hati adalah cara mengatasi baby blues saat menyusui. Kondisi depresi setelah melahirkan dapat memperburuk kualitas ASI. Peran suami dalam hal ini juga sangat berpengaruh sekali terhadap ibu.

Komunikasikan hal yang memang membuat ibu merasa keberatan. Ajak suami ikut serta aktif membantu ibu merawat si kecil.

5. Lakukan Kegiatan Yang Menyenangkan Dan Membuat Rileks

cara mengatasi baby blues saat menyusui

Pikiran yang tenang mampu mempengaruhi kualitas ASI yang ada. Untuk mengurangi gejala syndrome baby blues, ibu bisa coba lakukan kegiatan yang menyenangkan. Coba lakukan kegiatan di luar rumah untuk membuat pikiran ibu lebih segar.

Kegiatan seperti meditasi atau yoga juga bisa membantu ibu. Karena ASI yang sulit keluar atau bermasalah karena baby blues, biasanya disebabkan oleh pikiran yang stres.

6. Minta Bantuan

Minta bantuan kepada orang lain ketika ibu sudah tidak mempunyai tenaga dan merasa lelah. Pekerjaan rumah dan mengurus anak yang baru lahir tentu akan membuat ibu sangat lelah. Untuk itu cobalah minta bantuan kepada orang lain seperti keluarga, teman dekat dan suami.

Coba minat suami untuk membantu meringankan beban pekerjaan rumah. Jika suami tidak sanggup, bisa minta kepadanya bantuan tenaga profesional seperti asisten rumah tangga. Hal ini supaya ibu bisa lebih fokus terhadap bayinya dan membuatnya lebih nyaman ketika menyusui.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi baby blues saat menyusui. Selalu buat pikiran ibu menyusui terus positif dan tidak terlalu stres. Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang terdekat atau tenaga profesional untuk membantu ibu setelah melahirkan.