Jangan Biasakan Bayi Tidur Pakai Topi, Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

Bunda sering membiarkan bayi tidur dengan menggunakan topi? Mulai sekarang stop kebiasaan ini yuk. Karena pada faktanya, bayi tidur pakai topi itu bisa membahayakan hingga sebabkan kematian.

Bahaya Bayi Tidur Pakai Topi

 Bayi Tidur Pakai Topi

Topi memang salah satu aksesoris bayi yang sering dikenakan baik saat akan berpergian maupun saat tidur. Tujuan penggunaan topi bayi ini adalah memberikan kesan hangat maupun untuk pemanis biasa.

Namun meski fungsinya baik, siapa sangka bahwa topi bayi justru jadi hal paling membahayakan untuk si kecil khususnya saat ia tidur.

Hal ini merujuk pada kemungkinan topi tanpa sengaja menutup area muka si kecil hingga membuatnya kesulitan bernafas.

Selain itu, bisa saja bayi terkena SIDS atau sindrom kematian mendadak karena bayi tidak bisa mengatur suhu tubuh akibat kepalanya tertutup topi.

Karena perlu bunda tahu, kepala adalah bagian penting dimana bayi bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Dan jika kepalanya tertutup topi, bisa jadi ia akan mengalami peningkatan suhu jauh lebih tinggi dari biasanya. Lalu jika bunda tidak peka, hal ini mungkin akan berakibat fatal.

Jadi, Bolehkah Bayi Menggunakan Topi?

Jangan Biasakan Bayi Tidur Pakai Topi, Bisa Sebabkan Kematian Mendadak

Jika ditanya boleh dan tidaknya, jawabannya adalah boleh namun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Topi bayi hanya boleh digunakan ketika memang sedang dalam cuaca yang dingin dan tidak perlu dipakai sehari apalagi saat ia tidur.

Nah, jika memang bayi merasa kedinginan, bunda bisa menggunakan cara lain seperti menggendong, memeluk atau menggunakan baju tebal.

Intinya, sebisa mungkin hindari bahaya penggunaan topi bayi dengan tidak menggunakan aksesori ini untuk si kecil. Semoga bermanfaat ya bun.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait