Apa yang Harus dilakukan Suami Saat Istri Mengalami Baby Blues? Beri Perhatian Lebih Tanpa Menyalahkan

Apa yang harus dilakukan suami saat istri mengalami baby blues? Karena jadi salah satu orang paling dekat, suami harus ikut andil dalam menangani masalah baby blues pada ibu.

Jangan sampai ia justru menjadi pemicu dan memperburuk keadaan tanpa adanya sumbangsi apapun.

Kenapa Ibu yang Baru Melahirkan Rawan Alami Baby Blues?

Apa yang Harus dilakukan Suami Saat Istri Mengalami Baby Blues?
Ibu yang baru melahirkan rawan alami baby blues karena beberapa faktor salah satunya belum siap dengan peran baru

Baby blues adalah keadaan dimana ibu mengalami depresi ringan pasca melahirkan. Kondisi ini bisa dipicu oleh faktor keluarga, keadaan anak, financial dan lain sebagainya.

Baby blues sendiri terjadi di dua sampai tiga hari pertama pasca persalinan dan dapat berlangsung hingga lebih dari dua minggu.

Ibu yang dengan sindrom ini biasanya akan mengalami perubahan suasana hati, jadi mudah marah, tersinggung, menangis, kecemasan hingga gangguan tidur.

Apa yang Harus Dilakukan Suami Saat Istri Mengalami Baby Blues?

Apa yang Harus dilakukan Suami Saat Istri Mengalami Baby Blues?
Support Suami Sangat dibutuhkan Selama Pemulihan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suami adalah orang paling dekat yang harus aware dengan keadaan bunda saat ini.

Ia harus menjadi orang yang memberi dukungan penuh, selalu ada untuk bunda tanpa ada embel-embel menyalahkan keadaan.

Untuk itu, berikut beberapa hal yang seharusnya dilakukan suami ketika istri alami baby blues:

1. Harus Buat Komunikasi Terbuka Antara Suami dan Istri

Cara pertama yang bisa dilakukan saat istri alami baby blues adalah membuat komunikasi secara terbuka. Suami harus aktif mengajak istri ngobrol, sharing dan mendengarkan keluh kesahnya selama merawat bayi.

Bantu ia memecahkan keresahan tentang hal-hal yang mungkin tak perlu ia pikirkan. Jadilah sahabat yang baik untuk istri tanpa ada tekanan maupun rasa menyalahkan.

2. Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Pekerjaan rumah bukan sepenuhnya ditanggung istri, sehingga semua harus ia sendiri yang lakukan.

Selama masih memungkinkan, coba bantu dia untuk merampungkan pekerjaan rumah meskipun hanya menyapu lantai, jemur pakaian atau membantu utusu si kecil.

Tak hanya saat istri alami baby blues, kebiasaan membantu pekerjaan istri sekecil apapun akan membawa dampak yang baik untuk kesehatan mental ibu secara keseluruhan.

3. Berikan Waktu “Me Time”

Mengurus si kecil kerap membuat ibu kurang tidur hingga mengacaukan mood nya sepanjang hari.

Agar tidak berdampak ke arah yang lebih serius, cobalah untuk mengambil alig dalam mengurus bayi. Berikan istri waktu me time meskipun hanya sekedar tidur di rumah.

4. Ajak Istri Aktif Berolahraga

Apa yang Harus dilakukan Suami Saat Istri Mengalami Baby Blues?
Olahraga Bisa Bantu Pulihkan Baby Blues Pada Ibu

Olahraga adalah aktivitas fisik yang akan sangat membantu memulihkan baby blues pada ibu.

Oleh karena itu, usahakan untuk ajak istri aktif berolahraga meskipun hanya sekedar jalan bayi di pagi maupun sore hari.

Sembari jalan santai, ajak dia ngobrol ringan dan banyak mensyukuri dengan apa yang ia punya saat ini.

5. Cari Bantuan Ahli

Masalah menangani ibu alami baby blues memang bukan perkara mudah. Harus ada dukungan penuh dari keluarga maupun ahli agar dapat ditangani dengan tetap.

Intinya, jika menemukan isriuue dengan gejala yang mengarah ke sana segera minta bantuan dan jangan ragu untuk sharing kepada orang terdekat.

Sekian pembahasan tentang apa yang harus dilakukan suami saat istri mengalami baby blues. Semoga bisa memberikan ilmu baru untuk ayah dan bunda. Sehat selalu.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait