Seiring dengan tren hidup sehat pasta gigi tanpa fluoride semakin diminati. Karena kekhawatiran akan efek sampingnya pada kesehatan gigi dan mulut penggunanya.

Membiasakan anak menyikat gigi sedari dini bisa membantu kamu menjaga kesehatan gigi anak.

Tetapi masih ada sebagian orang tua yang belum tahu bagaimana cara memilih pasta gigi yang baik dan aman untuk anak. Mengapa lebih baik memilih yang bebas fluoride?

Pasta gigi tersebut dinilai lebih aman bagi kesehatan, sebab bagaimanapun juga, fluoride merupakan zat kimia yang pemakaiannya harus dibatasi.

Dalam memilih pasta gigi buat anak, yang harus kamu perhatikan yaitu kandungan yang ada di dalamnya. Apakah aman apabila tidak sengaja tertelan olehnya.

Pemakaian pasta gigi direkomendasikan untuk anak-anak yang gigi pertamanya sudah tumbuh disaat usia sekitar 18 bulan.

Rekomendasi Pasta Gigi Tanpa Fluoride Terbaik

Ingin mencoba pasta gigi yang aman dari fluoride? Simak rekomendasi produk terbaik yang aman untuk kesehatan gigi dan mulut.

Berikut adalah beberapa merk pasta gigi anak yang memiliki kandungan aman dan tidak berbahaya jika tidak sengaja tertelan.

1. Mama’s Choice Toothpaste

pasta gigi tanpa fluoride
Mamas Choice Toothpaste (foto:Kartikanugmalia.com)

Apabila kamu mencari produk pasta gigi tanpa fluoride yang berkualitas tetapi dengan budget terjangkau, Mama’s Choice Toothpaste merupakan pilihan yang tepat.

Terlebih lagi, jika kamu sedang dimasa kehamilan atau menyusui. Walaupun diformulasikan khusus ibu hamil formula aman ini juga dapat dipakai buat keluarga dan anak-anak.

Pasta gigi ini diperkaya dengan bahan-bahan alami terbaik seperti siwak, klorofit, kalsium, mint dan allantoin.

Teksturnya yang mudah dibilas dan lembut menjadikan pasta gigi halal ini banyak digemari oleh para Bunda. Bisa dibeli di Lazada, Tokopedia dan Shopee.

Selain tidak memakai fluoride, produk ini juga tanpa zat kimia “keras” lainnya seperti phthalates, paraben, sulfate, sodium lauryl/laureth, sulfate, dan triclosan.

2. Nature’s Gate Natural Toothpaste

pasta gigi tanpa fluoride
Nature’s Gate Natural Toothpaste (foto:Amazon)

Selain bebas fluoride dan SLS pasta gigi merek asal USA ini lumayan laris. Bukan itu saja Nature’s Gate Natural Toothpaste mempunyai kriteria sebagai produk vegan.

Formula alami pada pasta gigi tersebut dilengkapi dengan bamboo ekstract, aloe vera, cranberry dan pomegranate extract. Beraroma segar membuatnya banyak dicari.

Sangat disayangkan produk ini belum mempunyai gerai resmi di Indonesia namun bisa dibeli di shopee.

3. Sensatia Botanicals Charcoal Natural Toothpaste

pasta gigi tanpa fluoride
Sensatia Botanicals Charcoal Natural Toothpaste (foto: The Yak Magazine)

Hadir dengan kelebihannya charcoal dalam produk pasta giginya. selain bebas fluoride juga memiliki kandungan ekstrak kakadu plum yang kaya dengan vitamin C.

Baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Dan tidak itu saja charcoal juga dinilai efektif untuk memutihkan gigi.
Produk bebas phthalates, paraben, SLS ini tersedia dalam dua ukuran, Belinya bisa di shopee Tokopedia lazada.

4. Pasta Gigi Pigeon

pasta gigi tanpa fluoride
Pasta Gigi Pigeon (foto: Kid’s malang)

Pigeon begitu mudah sekali dijumpai di toko bayi. Produk ini memiliki beberapa varian rasa yang disukai anak seperti jeruk, stroberi untuk si kecil.

Pembuatannya khusus untuk bayi dan balita, pasta gigi ini tidak mengandung fluoride. Namun tetap mampu membersihkan gigi dan gusi si kecil dengan efektif.

5. Pasta Gigi Dr. Brown’s

pasta gigi tanpa fluoride
Pasta Gigi Dr. Brown’s (Dr. Browns)

Berikutnya yaitu merk Dr. Brown’s salah satu yang juga banyak digemari para bunda untuk menyikat gigi bayi.

Memang sedikit mahal, namun habisnya cukup lama juga disebabkan menggunakannya tidak terlalu banyak. Memiliki 2 varian rasa yaitu strawberry dan pir+apel.

Penggunaannya pastanya yang agak bening cukup dipakai sedikit saja sudah cukup untuk membersihkan gusi dan gigi anak.

Keunggulannya diklaim tidak berbusa, dan juga tidak mengandung pewarna sintetis serta pengawet.

6. Little Tree Fruity Fresh Toothpaste

pasta gigi tanpa fluoride
Little Tree Fruity Fresh Toothpaste (foto:tangkap layar/popmama)

Mungkin masih belum familiar didengar. Namun di sejumlah toko bayi besar dan marketplace produk ini sudah cukup banyak dijual.

Juga ada merk Little Tree yang diformulasikan dengan kalsium, Xylitol, ekstrak daun Blueberry, Vitamin C & E serta mengandung bahan-bahan alami lainnya.

Aman bagi anak karena bebas fluoride. Rasanya tinggal pilih saja yang paling disenangi si kecil. Tersedia 5 varian rasa yang ditawarkan, yaitu Anggur, stroberi, jeruk, apel dan melon.

7. MOMAMI Giggly Toothpaste 6+m NON-FLUORIDE

pasta gigi tanpa fluoride
MOMAMI Giggly Toothpaste 6+m NON-FLUORIDE (foto: bli-bli)

Produk ini cocok buat anak usia 6 bulan ke atas ini fungsinya merawat kekuatan gigi, mencegah gigi berlubang, dan mencegah peradangan pada gusi.

Hydroxyapatite adalah bahan utamanya yang berfungsi seperti fluoride buat remineralisasi enamel gigi.

Natural xylitol yang ada memberikan perlindungan alami pada gigi berlubang dan juga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri.

Chamomile dan ekstrak teh hijau organik menjaga kesegaran mulut dan mencegah penyakit gusi.

Produk ini aman apabila tertelan, tidak mengandung fluoride, tidak memakai perasa buatan, bahan GMO, gula, serta bebas SLS.

8. Red Seal Natural Kids Toothpaste

pasta gigi tanpa fluoride
Red Seal Natural Kids Toothpaste (foto: Red Seal)

Diformulasikan khusus untuk anak-anak. Menjadi rekomendasi pasta gigi non-fluoride yang mengandung sodium lauryl sulphate (SLS), serta bahan kimia keras lainnya,

Maka dari itu tidak berbahaya buat anak-anak kecil yang mungkin tanpa sengaja tertelan ketika sedang menyikat gigi.
Memiliki rasa alami yang manis seperti pisang, permen karet segar, peach, anak-anak tentunya pasti akan suka.

Selain itu juga bebas dari bahan kimia keras,paraben, SLS, serta pewarna. Pasta gigi ini melindungi gusi, efektif melawan pembusukan.

Bukan itu saja dapat menghilangkan plak, dan punya aksi antibakteri alami tanpa peroksida, triclosan, potassium nitrate, atau strontium klorida.

Itulah rekomendasi pasta gigi tanpa fluoride yang aman apabila tidak sengaja tertelan. Namun harus tetap mengawasi anak saat menyikat gigi, memastikan kebersihan dan keamanannya.