Siapa saja orang-orang yang masuk dalam golongan yang tidak wajib membayar zakat fitrah? Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh setiap Muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di balik kewajiban ini, terdapat beberapa golongan yang dikecualikan dari kewajiban tersebut. Siapa saja mereka?

Golongan yang Tidak Wajib Membayar Zakat Fitrah

Berikut  penjelasan mengenai golongan yang tidak wajib membayar zakat fitrah:

1. Orang yang Tidak Memiliki Harta Cukup

golongan yang tidak wajib membayar zakat

Golongan pertama yang tidak wajib membayar zakat fitrah adalah orang yang tidak mampu. Ketidakmampuan ini diukur berdasarkan kebutuhan pokoknya dan orang-orang yang menjadi tanggungannya.

Jika harta yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya (makanan, pakaian, tempat tinggal) dan kebutuhan pokok orang-orang yang menjadi tanggungannya pada malam dan hari raya Idul Fitri, maka dia tidak wajib membayar zakat fitrah.

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW:

“Tidak wajib zakat fitrah bagi orang yang tidak memiliki satu sha’ gandum, satu sha’ kurma, satu sha’ kismis, atau satu sha’ sya’ir.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

2. Orang yang Memiliki Hutang

Golongan kedua yang tidak wajib membayar zakat fitrah adalah orang yang memiliki hutang. Hutang yang dimaksud disini adalah hutang yang wajib dibayarkan dan tidak mampu dibayarkan oleh orang yang berhutang. Jika seseorang memiliki hutang yang wajib dibayarkan dan tidak mampu dibayarkan, maka dia tidak wajib membayar zakat fitrah.

3. Budak

Golongan ketiga yang tidak wajib membayar zakat fitrah adalah budak. Budak pada zaman dahulu tidak memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan orang merdeka. Oleh karena itu, budak tidak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

4. Orang yang Meninggal Sebelum Terbenamnya Matahari di Hari Terakhir Ramadhan

Golongan yang Tidak Wajib Membayar Zakat Fitrah

Golongan keempat yang tidak wajib membayar zakat fitrah adalah orang yang meninggal sebelum terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadhan. Kewajiban zakat fitrah gugur bagi orang yang meninggal sebelum waktu tersebut.

5. Orang yang Tidak Beragama Islam

Golongan kelima yang tidak wajib membayar zakat fitrah adalah orang yang tidak beragama Islam. Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Islam, sehingga orang yang di luar Islam tidak diwajibkan untuk menunaikannya.

6. Orang yang sakit parah dan tidak mampu makan makanan pokok

Golongan yang Tidak Wajib Membayar Zakat Fitrah

Orang yang sakit parah dan tidak mampu makan makanan pokok tidak wajib membayar zakat fitrah. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW:

“Diampuni zakat fitrah bagi orang yang tua renta dan orang yang sakit yang tidak mampu makan makanan pokok.” (HR. Abu Daud)

Kesimpulan

Membayar zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu. Namun, terdapat beberapa golongan yang dikecualikan dari kewajiban tersebut, seperti orang yang tidak memiliki harta cukup, orang yang memiliki hutang, budak, orang yang meninggal sebelum terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadhan, dan orang yang tidak beragama Islam.