5 Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil Saat Tidur Dengan Efektif

Ilustrasi ibu hamil memengang perut Foto: canva

Ketika hamil bunda pasti akan sering mengalami sesak nafas saat tidur. Simak di sini cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur.

Walaupun terlihat tidak berbahaya, sesak nafas ini sering sekali mengganggu ibu hamil apalagi saat sedang tidur. Ada baiknya, bunda tahu cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur. 

Ketika bunda hamil, sesak nafas ini terjadi dikarenakan bunda mengalami peningkatan kadar  progesteron. Biasanya ketika mengalami hal ini, kebutuhan tubuh bunda ketika bernapas menjadi lebih meningkat.

Selain alasan tersebut, tubuh bunda yang sedang hamil juga menyesuaikan keadaan karena bunda harus berbagi oksigen dengan sang buah hati yang berada di dalam kandungan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika hamil, salah satunya mengalami sesak nafas. Bunda harus tahu cara mengatasi sesak nafas pada  ibu hamil saat tidur.

Cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur

Bunda yang sedang hamil pasti mengalami banyak kesulitan, salah satunya benda harus menyesuaikan diri dengan posisi tidur yang nyaman. Karena seiring bertambahnya usia kehamilan bunda akan semakin sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman.

Karena memiliki kesulitan tidur dan juga sulit untuk mencari posisi tidur yang nyaman sering membuat bunda yang sedang hamil mengalami sesak napas. Oleh karena itu bunda harus tahu  cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur.

1. Meninggikan kepala 

cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur
Ilustrasi wanita tidur Foto: canva

Cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur yang pertama yaitu merupakan meninggikan kepala. Bunda, dengan meninggalkan posisi kepala saat tidur bisa membuat nafas lebih lega.

Letakkan beberapa bantal di atas kepala, biarkanlah bantal memotong tubuh bagian atas bunda agar dapat mengurangi tekanan pada paru-paru sehingga bunda lebih mudah bernafas.

2. Mengubah posisi tidur

Dengan cara mengubah posisi tidur bunda bisa mengatasi sesak nafas ketika sedang hamil. Cara mengatasi nafas pada ibu hamil saat tidur yang satu ini disarankan posisinya yaitu miring ke kiri.

Karena dipercaya posisi tersebut bisa meningkatkan aliran darah ke plasenta, sehingga sang buah hati  yang berada dalam kandungan akan memperoleh nutrisi dengan sangat optimal. Dan juga posisi ini bisa mencegah rahim menekan organ hati yang berada di bagian kanan perut bunda.

3. Menggunakan bantal hamil

Cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur yang ketiga merupakan menggunakan bantal hamil. Bantal hamil sendiri sudah banyak tersedia di toko, bantal ini bisa mengganjal punggung, bawah perut dan diantara kaki. Dan usahakan posisi ini seperti bunda tidur miring sambil memeluk kaki.

Selain itu, bunda bisa tidur dengan bersandar pada bantal. Hal ini bisa memperluas ruang di rongga perut bunda, sehingga bisa memudahkan bunda untuk bernafas.

4. Rutin berolahraga

cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur
Ilustrasi ibu hamil olah raga Foto: canva

Cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur bisa dengan  rutin berolahraga. Karena jika bunda melakukan olahraga secara rutin dipercaya bisa bermanfaat untuk melancarkan sistem pernapasan bunda. Dan tentunya olahraga tersebut harus yang dianjurkan untuk ibu, salah berenang berjalan santai.

5. Mengkonsumsi makanan bergizi

Untuk cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur yang terakhir merupakan bunda harus rajin mengonsumsi makanan yang. Karena jika bunda rutin mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu bunda mengatasi sesak nafas ketika sedang hamil.

Hal ini bisa membuat bunda merapat lebih lega saat tidur. Makanan bergizi tersebut bisa berupa buah-buahan dan sayur-sayuran bunda. Dan ada baiknya bunda menghindari makan makanan yang tinggi lemak dan juga tinggi.

Mengkonsumsi makanan bergizi merupakan poin kelima dari cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur yang tentunya dengan cara yang  efektif.

Diharapkan bunda yang mengalami masalah ini, bisa mencoba mengatasinya dengan cara tersebut. Semoga bunda dan sang buah hati dalam perut sehat selalu dan terima kasih sudah membaca sampai selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait