Waspada Penyebab Keluarnya Flek Pada Ibu Hamil Trimester 2

Ilustrasi Ibu Hamil Flek/foto:canva

Ketika hamil trimester 2 bunda mengalami keluarnya flek saat hamil. Berikut penyebab keluarnya flek pada ibu hamil trimester 2.

Flek sendiri biasa juga disebut dengan pendarahan yang ringan bunda, dan jika mengalami flek pada trimester 2 atau pada kurang lebih usia kehamilan 6 bulan hal ini terbilang cukup umum.

Karena biasanya hal ini bisa disebabkan juga oleh iritasi yang terjadi pada serviks, timbul setelah bunda dan pasangan berhubungan intim. Hal lainnya yang menyebabkan keluarnya flek ketika hamil trimester 2 bisa bunda baca di sini. Berikut penyebab keluarnya flek pada ibu hamil trimester 2.

Penyebab Keluarnya Flek Saat Hamil

Flek atau pendarahan yang keluar terbilang banyak seperti saat bunda haid jangan terlalu khawatir. Bunda bisa memeriksakan hal ini kepada dokter untuk mengetahui lebih lanjut gangguan atau bahaya apa yang bisa dicegah.

Karena pendarahan atau flek yang berat pada ibu hamil usia trimester  2 atau 6 bulan bisa menjadi tanda darurat medis bunda. Berikut penyebab keluar flek pada ibu hamil trimester 2:

flek pada ibu hamil
Ilustrasi perut ibu hamil Foto: canva

1. Plasenta previa

Untuk penyebab keluar flek pada ibu hamil trimester 2 yang pertama adalah plasenta previa. Plasenta ini merupakan jaringan yang menghubungkan bayi dengan dinding rahim serta bisa menutup sebagian bahkan seluruh pembukaan serviks.

Sehingga saat itu keluarlah darah dari bagian kewanitaan. Dan faktor risiko jika mengalami hal ini yaitu bisa seperti kehamilan ganda, dan sebagainya.

2. Solusio plasenta 

Penyebab keluar flek pada ibu hamil trimester 2 yang kedua merupakan solusio plasenta. Hal ini bisa saja terjadi ketika plasenta terpisah dari dinding rahim sebelum waktunya dan menyebabkan terjadinya darah terkumpul antara plasenta dan uterus. 

3. Pecahnya pembuluh darah janin

Untuk penyebab keluar flek pada ibu hamil trimester 2 yang ketiga adalah pecahnya pembuluh darah janin. Hal ini bisa saja terjadi ketika pembuluh darah baik dari tali pusar tidak menempel ke plasenta melainkan ke membran.

Hal inilah yang menyebabkan timbulnya pada ibu hamil, pembuluh darah tersebut akan melewati pintu masuk ke jalan lahir yang biasa disebut dengan vasa previa.

4. Pendarahan pada uterus

Penyebab keluar flek pada ibu hamil trimester 2 yang terakhir adalah terjadinya pendarahan pada uterus. Hal ini cukup berbahaya dan terjadi karena pembukaan uterus yang tidak normal sehingga menyebabkan bayi keluar sebagian atau bahkan seluruhnya ke perut.

Cara Mengatasi Flek saat Hamil

Jika bunda mengalami keluarnya flek pada hamil trimester kedua wajib tahu cara mengatasinya. Bunda bisa mencoba menggunakan pembalut untuk menampung darah agar tidak keluar.

Selain hal itu bunda juga wajib tahu gejala apa saja yang menyertai ketika flek darah tersebut keluar pada kehamilan trimester 2. Jika tidak disertai dengan gejala apapun hal ini menjadi kondisi normal yang akan membaik selama beberapa hari ke depan.

Dan jika terjadinya flek tersebut tidak berhenti setelah 2-3 hari dan semakin parah, bunda bisa mengunjungi dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Biasanya dokter akan menyarankan bunda untuk istirahat total atau biasa disebut dengan bed rest. Jika bunda memutuskan untuk istirahat sebaiknya untuk menghindari aktivitas dan membawa  barang yang cukup berat.

Juga wajib menghindari mandi dengan air yang terlalu panas karena hal ini bisa menyebabkan kepala pusing. Sebaiknya juga hindari terlebih dahulu berhubungan intim supaya menghindari resiko keguguran dan pendarahan yang semakin parah.

Itulah tadi bunda beberapa penyebab keluar flek pada ibu hamil trimester 2 beserta cara mengatasinya. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu bunda untuk tahu solusi apa yang terbaik jika mengalami hal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait