Simak! Usia Ideal Anak untuk Lepas Pampers

Ilustrasi Anak Lepas Pampers Foto : Canva

Memakai pampers memang sangat  membantu orang tua untuk menjaga kebersihan anak dengan mudah, Namun ketergantung pada pampers dapat membuat anak kurang berkembang secara alami dalam hal kemampuan mengontrol buang air besar. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pampers dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan anak ya mams, Nah kapan usia ideal anak harus lepas pampers, yuk simak penjelasan berikut ini!

Kapan Usia Ideal Anak Mulai Lepas Pampers

Anak Lepas Pampers
Ilustrasi Anak Lepas Pampers Foto : Canva

Anak-anak biasanya mulai melepas pampers pada usia sekitar 2 tahun atau setelah mereka mulai bisa mengontrol kebutuhan buang air kecil mereka sendiri. Namun, setiap anak setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda, ada jangka waktu pasti kapan anak akan bisa lepas dari pampers. Sebagai orang tua, Mams harus bisa memperhatikan tanda-tanda bahwa si kecil siap melepas pampers, Berikut diantaranya :

  • Anak bisa mengontrol kebutuhan buang air kecil dan besar.
  • Anak bisa memberitahu orang tua ketika ia ingin buang air kecil atau besar.
  • Anak sudah mulai menunjukkan minat untuk menggunakan toilet atau popok sekali pakai.

Jika Mams melihat tanda-tanda tersebut pada si kecil, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa anak sudah siap untuk lepas dari pampers. Namun, perlu diingat bahwa proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama, jadi jangan terlalu dipaksakan. Sangat penting untuk memberikan dukungan dan bimbingan kepada anak selama proses tersebut.

Kenapa Anak Susah Lepas Pampers

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa proses lepas pampers pada anak tergantung pada tumbuh kembang anak itu sendiri, Namun, selain itu juga ada beberapa hal yang menyebabkan si kecil susah lepas pampers

  • Pertama, anak-anak mungkin merasa nyaman dan aman ketika menggunakan pampers
  • Kedua, anak-anak mungkin tidak tahu bagaimana cara mengontrol kemih mereka dan merasa takut jika mereka tidak menggunakan pampers
  • Ketiga, anak-anak mungkin belum siap secara emosional untuk melepaskan pampers dan belajar untuk menggunakan toilet.

Tips Ajarkan Anak Mudah Lepas Pampers

Anak Lepas Pampers
Ilustrasi Anak Lepas Pampers Foto : Canva

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Mams lakukan untuk mengajarkan si kecil agar mudah lepas dari pampers:

1. Gunakan waktu yang tepat

Ajarkan si kecil untuk lepas dari pampers saat dia sudah siap, yaitu ketika dia sudah mulai bisa mengontrol buang air besar dan tidak mengalami inkontinensia. Biasanya, anak-anak sudah bisa mulai mengontrol buang air besar pada usia 2-3 tahun.

2. Sediakan toilet yang nyaman

Pastikan bahwa toilet yang Mams sediakan untuk si kecil nyaman dan mudah diakses. Jika perlu, berikan potty atau toilet khusus untuk anak di ruang keluarga agar dia mudah menggunakannya saat perlu.

3. Sosialisasikan kebiasaan ke toilet

Ajarkan si kecil untuk pergi ke toilet saat perlu buang air besar atau buang air kecil. Berikan contoh kepadanya dengan pergi ke toilet bersama-sama saat dia mengeluh ingin buang air.

4. Jangan memaksakan

Jangan pernah memaksa si kecil untuk segera lepas dari pampers jika dia belum siap. Biarkan dia berkembang sesuai dengan perkembangannya dan tidak terpaksa.

5. Kenalkan tanda-tanda saat ingin buang air

Ajarkan anak untuk mengenali tanda-tanda buang air kecil atau buang air besar. Hal ini adalah langkah penting agar anak tahu kapan waktunya mereka harus melepaskan pampers. Ajarkan anak untuk mengenali tanda-tanda ini sejak dini, seperti perasaan ingin buang air kecil atau ingin buang air besar.

6. Berikan pujian

Jika si kecil berhasil menggunakan toilet dengan baik, berikan pujian dan dukungan untuknya. Ini akan membuatnya semakin percaya diri dan terdorong untuk terus belajar.

Nah. Demikain penjelasan mengenai usia ideal anak harus lepas pamers, dan beberapa tips untuk ajarkan anak mudah melepas pampers, semoga artikel ini bermanfaat ya mams

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait