7 Tips Mengasuh Anak Pertama, Para Orang Tua Harus Tahu!

Bunda kerap merasa heran dengan sifat si sulung yang mulai tertutup dan cenderung sensitif? Jika iya, mungkin bunda butuh tips mengasuh anak pertama dengan metode yang tepat.

Karena ketimbang adik-adiknya, mengasuh anak pertama ternyata memerlukan treatment khusus dan tidak bisa sembarangan.

Ini karena karakteristik anak pertama cenderung menuntut mereka untuk membuat segala sesuatu berjalan sempurna dan ringan.

Selain itu, anak sulung juga dikenal sebagai orang dewasa versi mini. Mereka tergolong pekerja keras yang siap dan mampu menyenangkan semua orang di sekitarnya.

Maka, sebagai orang tua perlu memilih pola asuh yang tepat untuk anak pertama supaya tidak salah langkah.

7 Tips Mengasuh Anak Pertama

Tips Mengasuh Anak Pertama

Agar tidak merasa jadi beban atau bahkan merasa di nomor duakan, berikut 7 tips mengasuh anak pertama yang bisa bunda dan ayah terapkan:

1. Berani untuk Mengakui Kesalahan

Apakah bunda termasuk orang tua dengan tipe yang cenderung melemparkan kesalahan pada anak? Jika iya, hal ini justru memicu keretakan hubungannya bersama anak.

Oleh sebab itu, jika memang melakukan kesalahan, ada baiknya segera akui saja. Jangan lupa minta maaf karena bagaimana pun juga anak akan meniru tindakan tersebut.

2. Pikirkan Jika Anak Pertama tetap anak-anak, Tidak Harus Sempurna

Masih seusia anak-anak, berbuat kesalahan bisa dikatakan masih sering dilakukan. Entah itu kesalahan kecil maupun besar sekalipun.

Namun, walaupun si anak pertama berbuat salah, hindari bersikap diktator dan keras kepadanya.

Lalu bagaimana jika mereka terlanjur berbuat kesalahan? Lakukan koreksi, dan cari tahu solusi terbaiknya.

Misalnya saja bunda dan anak pertama sedang membuat kue bolu. Tiba-tiba anak bunda terlalu banyak menuang susu dalam adonan.

Maka, jangan langsung dimarahi bahkan dibentak. Lebih baik, beri pengertian jika mereka salah dan memaafkannya sambil cari cara misalnya memberikan tambahan tepung, dan lainnya.

3. Selalu Libatkan Mereka Dalam Menentukan Keputusan

Seiring bertambahnya usia anak, mereka akan dihadapkan pada pengambilan keputusan akan suatu hal.

Tips mengasuh anak pertama lainnya adalah bunda dan pasangan harus selalu melibatkan mereka dalam menentukan keputusan sendiri.

Tugas bunda sebagai orang tua adalah memberikan arahan dan informasi terkait pilihannya. Informasi apa yang orang tua berikan? Contohnya poin plus minus, apa dampak yang ditimbulkan dan lainnya.

Satu lagi, melibatkan anak dalam pengambilan keputusan semacam ini juga sekaligus dapat melatih kemampuan nalar lho bunda.

4. Dorong Kemandirian Anak

Tips Mengasuh Anak Pertama

Jika bunda dan pasangan menginginkan anak kedua dan selanjutnya, anak pertama harus didorong untuk segera bisa mandiri.

Walaupun masih harus diawasi, namun mengajarkan anak sulung aktivitas pribadi seperti membersihkan diri, berpakaian, dan makan sangat penting.

Jangan lupa, berikan juga tanggung jawab sesuai dengan usia anak. Dengan begitu, rasa percaya diri anak pertama bunda bisa berkembang pelan-pelan.

5. Selalu Berikan Teladan yang Baik

Faktanya anak-anak cenderung lebih mudah meniru perilaku orang dewasa sekitarnya tak terkecuali anak pertama.

Maka, penting bagi orang tua untuk selalu memberikan contoh yang baik pada mereka termasuk rasa empati, kejujuran, serta hormat ke orang lain.

6. Jalin Komunikasi Efektif

Komunikasi bunda dan pasangan sebagai orang tua dengan anak pertama harus terjalin secara efektif.

Dengarkan semua yang mereka ungkapkan secara penuh perhatian. Jika ada masalah, bicarakan dengan cara yang mudah dipahami, berikan penjelasan yang tak berbelit-belit.

Walaupun anak pertama rata-rata cukup pendiam, jangan ragu untuk mendorongnya supaya berbicara tentang perasaan dan pikiran. Jadi, mereka juga merasa selalu didengar dan dipahami.

7. Berikan Pujian dan Penghargaan

Anak sulung sama seperti anak kedua, ketiga, dan seterusnya. Mereka pun perlu diberikan pujian dan penghargaan yang pantas, agar menjadi motivasi di masa depan.

Jangan ragu untuk memberikan pujian ketika si anak berhasil melakukan sesuatu dengan baik atau mencapai tujuannya.

Demikian tadi tips mengasuh anak pertama. Sebagai orang tua baru, bunda dan pasangan harus memperhatikan pola asuh yang tepat pada anak sulung. Jadilah pendukung bagi mereka dan berikan cinta yang sama seperti adik-adiknya kelak.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait