Takaran Bahan MPASI 6 bulan yang Tepat dan Sehat untuk Bayi

Ilustrasi MPASI 6 Bulan (Foto: Pixabay)

Tidak semua orang tua tahu bagaimana cara memberikan MPASI yang tepat kepada bayi. Salah satu hal yang sering menjadi pertanyaan adalah berapa takaran bahan MPASI 6 bulan yang sesuai dengan kebutuhan bayi.

Pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) merupakan salah satu tahapan penting dalam tumbuh kembang bayi. MPASI berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang tidak dapat diperoleh dari ASI saja.

Pada usia 6 bulan, bayi sudah mulai siap untuk menerima MPASI. Pada tahap awal, bayi hanya membutuhkan takaran yang sedikit, yaitu sekitar 2-3 sendok makan per kali makan. Takaran ini kemudian dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan bayi.

Takaran Bahan MPASI 6 Bulan yang Tepat

Berikut adalah takaran bahan MPASI 6 bulan yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

  • Karbohidrat: 45-55% dari total kalori MPASI. Sumber karbohidrat bisa berasal dari nasi, roti, kentang, ubi, singkong, jagung, atau sereal.
  • Lemak: 35-45% dari total kalori MPASI. Sumber lemak bisa berasal dari minyak sayur, mentega, margarin, santan, atau kuning telur.
  • Protein: 10-15% dari total kalori MPASI. Sumber protein bisa berasal dari daging, ikan, ayam, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, atau susu.
  • Vitamin dan mineral: sesuai dengan kebutuhan bayi. Sumber vitamin dan mineral bisa berasal dari sayur-sayuran, buah-buahan, hati, atau suplemen yang direkomendasikan dokter.
Takaran bahan mpasi 6 bulan
Ilustrasi MPASI 6 Bulan (Foto: Pixabay)

Untuk menghitung jumlah kalori MPASI, Anda bisa menggunakan rumus berikut:

  • Kalori MPASI = (berat badan bayi x 100) – kalori ASI
  • Kalori ASI = 500-600 kalori per hari

Contoh: Jika berat badan bayi Anda adalah 8 kg, maka kalori MPASI yang dibutuhkan adalah:

  • Kalori MPASI = (8 x 100) – 550
  • Kalori MPASI = 800 – 550
  • Kalori MPASI = 250 kalori per hari

Jika Bunda ingin memberikan MPASI sebanyak 3 kali sehari, maka kalori MPASI per kali makan adalah:

  • Kalori MPASI per kali makan = 250 / 3
  • Kalori MPASI per kali makan = 83 kalori

Dengan demikian, Bunda bisa menentukan takaran bahan MPASI 6 bulan berdasarkan persentase kalori yang disebutkan di atas.

Misalnya, jika Bunda ingin memberikan nasi sebagai sumber karbohidrat, maka takarannya adalah:

  • Takaran nasi = 83 x 0,5 (50% dari kalori MPASI)
  • Takaran nasi = 41,5 kalori

Jika 1 sendok makan nasi setara dengan 15 kalori, maka takaran nasi yang diperlukan adalah:

  • Takaran nasi = 41,5 / 15
  • Takaran nasi = 2,8 sendok makan

Bunda bisa melakukan perhitungan yang sama untuk sumber lemak, protein, vitamin, dan mineral yang lain.

Takaran tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi bayi. Jika bayi sudah menunjukkan tanda-tanda siap menerima MPASI, seperti duduk tegak, menggenggam benda, dan menunjukkan minat pada makanan, maka takaran MPASI dapat ditingkatkan secara bertahap.

Tips Memberikan MPASI 6 Bulan

MPASi bayi 6 bulan
Ilustrasi MPASi Bayi 6 Bulan (Foto: Pixabay)

Selain mengetahui takaran bahan MPASI 6 bulan yang tepat, Bunda juga perlu memperhatikan beberapa tips berikut saat memberikan MPASI kepada bayi:

1. MPASI bertekstur halus

Mulailah dengan MPASI yang bertekstur halus, seperti bubur, pure, atau smoothie. Kemudian secara bertahap berikan MPASI yang bertekstur lebih kasar, seperti potongan kecil, hingga akhirnya bayi bisa makan makanan keluarga.

2. Berikan MPASI secara perlahan dan sabar

Jangan memaksa bayi untuk makan jika ia menolak atau sudah kenyang. Berikan waktu untuk bayi beradaptasi dengan makanan baru dan mengenal rasa lapar dan kenyang.

3. Berikan MPASI yang bervariasi dan seimbang

Jangan memberikan MPASI yang sama setiap hari. Coba berikan berbagai jenis makanan dari berbagai kelompok makanan, seperti sereal, daging, sayur, buah, dan susu. Hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan gizi bayi dan mencegah kebosanan.

4. Jangan menambahkan penyedap

Jangan menambahkan gula, garam, penyedap, atau bumbu-bumbu lain yang tidak perlu pada MPASI. Hal ini bisa mengganggu selera makan bayi dan merusak kesehatan bayi. Berikan MPASI yang alami dan sehat.

5. Jangan hentikan pemberian ASI

Jangan menghentikan pemberian ASI saat memberikan MPASI. ASI tetap menjadi sumber gizi utama bayi hingga usia 2 tahun. Berikan ASI sesering mungkin sebelum atau sesudah memberikan MPASI.

Itulah takaran bahan MPASI 6 bulan yang tepat untuk si Kecil. Semoga bermanfaat dan membantu Bunda dalam memberikan MPASI yang sehat dan bergizi untuk bayi

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait