4 Jenis Telur yang paling Bagus untuk MPASI dan Kandungan Gizinya

Ilustrasi Jenis Telur untuk MPASI (foto: Mamikita.com)

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk MPASI bayi, Namun Telur apa yang paling bagus untuk MPASI? Pasalnya tidak semua jenis telur memiliki kandungan gizi yang sama.

Selain sebagai sumber protein, telur juga mengandung berbagai vitamin, mineral, lemak, dan kolesterol yang penting untuk perkembangan otak, tulang, mata, dan sistem kekebalan tubuh bayi.

Jenis Telur yang paling Bagus untuk MPASI

Berikut adalah beberapa jenis telur yang dapat diberikan kepada bayi sebagai MPASI:

1. Telur Ayam Negeri

Telur Ayam Negeri
Telur Ayam Negeri

Telur ayam negeri sangat mudah Ayah Bunda dapatkan di toko telur terdekat. Telur ini memiliki 154 kalori, 12,4 gram protein, 0,7 gram karbohidrat 3 miligram zat besi, 86 miligram kalsium, 10,8 gram lemak, 1 miligram zinc, dan vitamin A dalam setiap 100 gram-nya.

2. Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung
Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung dipercaya lebih menyehatkan dan terbebas dari bakteri salmonella. Dalam 100 gram telur ayam kampung, terdapat 174 kalori, 10,8 gram protein, 1,2 gram karbohidrat, 4,9 miligram zat besi, 68 miligram kalsium, 14 gram lemak, 1,5 miligram zinc, dan vitamin A.

3. Telur Puyuh

Telur Puyuh
Telur Puyuh

Meski ukurannya kecil, telur puyuh cukup baik untuk memenuhi nutrisi bayi. Dalam 100 gram telur puyuh, terdapat 116 kalori, 10,7 gram protein, 1,6 gram karbohidrat, 3,5 miligram zat besi, 65 miligram kalsium, 7 gram lemak, 1,2 miligram zinc, dan vitamin A. Telur puyuh dibanderol dengan harga 40 ribu per satu kilogram.

4. Telur Bebek

Telur Bebek
Telur Bebek

Dalam 100 gram telur bebek, terdapat 187 kalori, 10,9 gram protein, 7,9 gram karbohidrat, 5,4 miligram zat besi, 64 miligram kalsium, 12,4 gram lemak, 1,8 miligram zinc, dan vitamin A. Telur bebek dibanderol dengan harga 60 ribu per satu kilogram. Telur ini dapat membantu tumbuh kembang bayi dan menambah berat badannya.

Manfaat Telur untuk Bayi

Sebagai makanan penuh nutrisi baik untuk bayi, telur memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi yang lebih optimal, yakni sebagai berikut.

1. Telur Memiliki Protein yang Tinggi

Telur dapat memenuhi protein harian yang dibutuhkan oleh bayi saat masa MPASI. Protein dapat mencukupi gizi dan  memberikan energi kepada tubuh bayi.

Dalam satu butir telur, terdapat 6 gram protein yang dapat membantu bayi untuk meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan, dan menunjang perkembangan jaringan tubuhnya.

2. Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

Berikutnya, telur memiliki nutrisi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh bayi, seperti kalsium, seng, dan selenium. Telur juga mengandung folat yang dapat mempercepat proses regenerasi sel pada  bayi.

Ayah dan Bunda bisa memberikan beberapa pilihan telur, seperti telur ayam kampung, telur puyuh, telur bebek, hingga telur ayam negeri.

3. Menjaga Kesehatan Mata Bayi

Makanan murah dan mudah diperoleh oleh Ayah dan Bunda ini dapat menjaga kesehatan mata bayi karena memiliki kandungan antioksidan, seperti zeaxanthin dan lutein.

Kedua antioksidan ini dapat AyBun temukan dalam kuning telur. Selain itu, kandungan lutein dapat melindungi mata dari cahaya yang dapat membahayakan bayi, lho.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mata, menurut Journal of The American Academy of Pediatrics, kandungan kalsium pada telur dapat menjaga kesehatan tulang, gigi, dan jaringan pada tubuh bayi, lho.

Selain kalsium, terdapat juga vitamin D yang dapat menunjang pertumbuhan tulang, gigi, dan kesehatan otot bayi. Wah, sangat kaya akan manfaat, ya!

5. Mendukung Perkembangan Otak Bayi

Kandungan Kolin pada telur yang akan dikonsumsi oleh bayi dapat memicu perkembangan otak bayi dari segi fungsi kognitif otak bayi dan daya ingat bayi.

Sedangkan, Kolesterol dalam telur juga dapat membuat pencernaan lemak dan pembentukan hormon pada tubuh bayi berkembang dengan baik.

6. Menjaga Fungsi Hati Bayi

Setiap nutrisi yang dimiliki oleh telur dapat menjaga kesehatan bayi luar dalam. Terakhir, telur juga dapat menjaga fungsi hati bayi, lho.

Kandungan sulfur yang ada di dalam telur dapat menyerap vitamin B12 yang dapat menjaga fungsi hati bayi. Sulfur juga dapat membantu pertumbuhan kuku dan rambut bayi.

Tabel Kandungan Gizi Telur

Berikut ini adalah tabel perbandingan nutrisi yang umumnya dibutuhkan bayi pada telur ayam negeri, telur ayam kampung, telur bebek, dan telur puyuh.

Tabel Kandungan Gizi Telur
Ilustrasi Tabel Kandungan Gizi Telur (Foto: Mamikita.com)

Tips Mengolah Telur untuk MPASI

Telur dapat diolah menjadi berbagai macam menu MPASI, seperti bubur, sup, omelet, atau puding. Berikut adalah beberapa tips mengolah telur untuk MPASI:

  • Cuci bersih telur sebelum diolah.
  • Masak telur hingga matang sempurna, terutama jika diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun.
  • Hindari memberikan telur mentah atau setengah matang kepada bayi.
  • Potong telur menjadi ukuran kecil-kecil agar mudah ditelan oleh bayi.

Rekomendasi Pemberian Telur untuk MPASI

Pemberian telur untuk MPASI dapat dimulai pada usia 6 bulan. Awalnya, berikan telur sebanyak 1/4 butir per hari, lalu tingkatkan secara bertahap hingga 1 butir per hari.

Berikut adalah jadwal pemberian telur untuk MPASI:

  • Usia 6-8 bulan: 1/4 butir per hari
  • Usia 9-11 bulan: 1/2 butir per hari
  • Usia 12-18 bulan: 1 butir per hari

Itulah beberapa jenis telur yang bagus untuk MPASI bayi dan kandungan gizinya. Jadi, karena keunggulan gizinya berbeda, bisa disimpulkan semua telur sama bagus untuk MPASI.

Untuk memperoleh kebaikan gizi setiap jenis telur, sebaiknya Bunda menyiapkan MPASI dengan menu beragam dengan telur yang bervariasi. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait