Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil Trimester 1-3

Ilustrasi ibu hamil tidur Foto: pexels

Ketika bunda hamil muda akan mengalami beberapa kesulitan salah satunya sulit untuk menempatkan posisi tidur yang pas. Berikut posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3.

Ketika hamil, bunda akan mengalami banyak perubahan fisik dan bahkan ketidakseimbangan hormon yang dapat memicu rasa tidak nyaman ketika tidur.

Oleh karena itu, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3 sangat penting untuk kesehatan bunda yang sedang hamil dan juga sang buah hati.

Bunda yang mengalami perut yang mulai membesar akan mengalami kesulitan tidur nyenyak. Ada beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3 yang wajib dicoba. Berikut diantaranya:

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3

Bunda sedang mengandung akan lebih sering merasa lelah setiap harinya. Dan ketika hal itu terjadi, tidur salah satu merupakan solusi terbaik untuk meredakan lelah tersebut.

Tentunya bunda yang hamil muda atau trimester 1-3 sulit untuk tidur dan menempatkan posisi yang pas untuk perut bunda yang sudah mulai membesar.

Untuk dapat merasa nyaman ketika bunda sedang tidur, berikut posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3:

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3
Ilustrasi ibu hamil tidur

1. Tidur setengah duduk

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang pertama adalah tidur setengah duduk. Diketahui bahwa, posisi setengah  duduk ini bisa meringankan nyeri ulu hati yang pada umumnya sering terjadi pada bunda yang hamil trimester pertama. 

Nyeri ulu hati ini biasanya dipicu karena hormon progesteron yang dapat menyebabkan relaksasi otot antara lambung dan kerongkongan. Hal itu menyebabkan makanan dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Supaya lebih nyaman ketika tidur, letakkanlah bantal di bawah punggung. Sehingga bunda seolah-olah tidur setengah duduk.

2. Tengkurap

Posisi tidur tengkurap menjadi salah satu posisi tidur yang baik untuk ibu hamil pada trimester awal. Namun, tidak hanya baik untuk posisi tidur pada kehamilan trimester awal saja bunda, posisi tengkurap juga baik digunakan ketika kehamilan memasuki 16-18 minggu.

3. Telentang 

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3 yang ketiga adalah secara telentang. Posisi tidur yang ini cocok juga untuk bunda yang memasuki dua bulan kehamilan.  Karena pada usia tersebut ukuran janin belum terlalu besar, sehingga posisi terlentang ini tidak akan menyebabkan masalah yang serius pada kehamilan bunda.

4. Tidur miring

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3 yang keempat adalah tidur miring. Untuk tidur lebih nyaman bunda bisa menggunakan saran ini yaitu tidur miring ke kiri dengan lutut ditekuk.

Dan juga posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3 ini diduga baik untuk kehamilan, karena dapat dipercaya bisa meningkatkan aliran darah dan nutrisi janin di dalam kandungan. Bunda yang sedang hamil bisa meletakkan bantal di bawah perut, diantara kaki, bisa juga diletakkan di belakang  pinggul.

Nah, itu tadi bunda posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3. Ketika bunda sedang hamil di awal bulan atau hamil trimester 1-3 ada kala baiknya bunda mengetahui posisi tidur yang baik dan benar.

Karena posisi tidur ini bisa membuat bunda yang sedang hamil dan bayi yang dalam kandungan merasa lebih nyaman dan tentunya terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Semoga informasi mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil trimester 1-3  ini bermanfaat dan bisa membantu bunda juga pasangan dalam pengambilan keputusan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait