Perbedaan Sakit Perut Tanda Haid dengan Tanda Hamil yang Sering Diabaikan

Ilustrasi wanita sakit perut Foto: pexels

Banyak wanita yang kurang mengetahui perbedaan sakit perut tanda haid dengan tanda hamil. Meskipun rasa sakit pada perut hampir serupa, keduanya memiliki tanda yang berbeda.

Sakit perut bisa menjadi tanda akan datangnya haid atau mungkin menunjukkan bahwa bunda sedang hamil. Untuk mengetahui perbedaannya, yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan sakit perut tanda haid dengan tanda hamil

Berikut beberapa jenis sakit perut yang menandakan bahwa bunda sedang hamil:

Perbedaan Sakit Perut Tanda Haid dengan Tanda Hamil
Ilustrasi Ibu Sakit Perut Karena Haid Foto : Canva

1. Perut kembung

Perbedaan sakit perut tanda haid dengan tanda hamil yang pertama adalah perut kembung. Ketika bunda sedang hamil memiliki banyak perubahan tidak terkecuali perubahan fisik dan hormonal yang menyebabkan bunda kelebihan gas. Dan gas ini bisa menyebabkan kembung, kram dan sakit perut yang tentunya membikin tidak nyaman.

Untuk sakit perut kembung biasanya akan terasa pada perut sebelah atas dan kadang-kadang akan disertai dengan mual. Dan tentunya bunda yang sedang mengandung sang buah hati, yang akan selalu ingin merasa buang gas.

2. Sembelit

Perbedaan sakit perut tanda haid dengan tanda hamil yang kedua adalah sembelit. Sakit perut yang menandakan tanda hamil yang kedua yaitu sembelit yang dirasakan bunda ketika sedang hamil. Sembelit ini akan terasa keras dan sedikit sulit untuk dikeluarkan bagi wanita yang sedang hamil.

Dan bunda yang sedang hamil juga akan merasakan nyeri atau kram perut. Perbedaan kram perut yang disebabkan oleh sembelit dengan kram perut biasanya bunda merasakan kram di semua bagian sisi perut. 

Sembelit ini juga bisa disebabkan karena bunda kurang cukup minum air putih, dan bisa juga karena bunda kurang mengonsumsi makanan yang berserat atau suplemen zat besi.

Selain itu perubahan hormon juga salah satu penyebab sembelit pada bunda yang sedang mengandung. Hormon progesteron lebih meningkat secara signifikan ketika bunda sedang hamil. 

3. Kram perut

Perbedaan Sakit Perut Tanda Haid dengan Tanda Hamil
Ilustrasi Ibu Keram Perut Foto : Canva

Sakit perut yang sering diabaikan banyak orang yang pertama ialah kram perut. Kram perut sendiri Memang sering terjadi pada wanita yang sedang hamil, namun kram perut sendiri tidak terlalu berbahaya.

Bunda juga tetap harus waspada karena kram perut juga bisa menjadi sesuatu hal yang serius dan wajib bunda dan pasangan periksa kepada dokter kandungan.

Karena sendiri bisa disebabkan karena nyeri ligamen atau growing Pain. Pada saat itu mungkin otot perut meregang karena menopang perut sebagai tempat janin yang mulai membesar saat bunda sedang mengandung.

Bunda tidak perlu khawatir jika kram perut yang dirasakan ringan dan cepat menghilang, bunda cukup mengubah posisi, beristirahat lebih banyak kemudian buang air besar dan buang air kecil.

Itu tadi beberapa perbedaan sakit perut tanda haid dengan tanda hamil yang sangat jarang orang ketahui. Bunda dan pasangan wajib tahu apa saja perbedaan sakit perut tanda haid dan tanda hamil,  karena dengan mengetahui hal itu bunda dapat melakukan tindakan pencegahan sehingga tidak menimbulkan risiko.

Dengan adanya artikel ini, diharapkan bunda dan pasangan lebih berhati-hati lagi dan segera menemui dokter kandungan jika mengalami gejala yang lebih serius. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait