Perbedaan Homeschooling dan Sekolah Formal, yang Perlu Bunda Ketahui

Ilustrasi anak belajar di rumah Foto: canva

Bunda yang ingin menyekolahkan sang buah hati secara homeschooling wajib tahu perbedaan homeschooling dan sekolah formal. Berikut perbedaan homeschooling dan sekolah formal yang wajib di ketehui.

Sebelum memutuskan menyekolahkan sang buah hati secara homeschooling, bunda harus tahu apa arti homeschooling ini. Simak di sini apa itu homeschooling.

Apa itu HomeSchooling

Sang buah hati bunda bisa sekolah di rumah saja yang biasanya hal ini di namakan homeschooling. Anak akan belajar pendidikan formal dengan pengajar langsung di rumah.

Biasanya pada usia yang memasuki masa sekolah, anak akan pergi ke sekolah formal guna mendapatkan pendidikan. Sedangkan untuk homeschooling, kegiatan belajar formal akan di lakukan di rumah tanpa ada teman-teman sebayanya.

Meski belajar di sekolah merupakan hal yang umum, tapi  belajar homeschooling juga sudah menjadi pilihan sekolah secara tradisional yang sudah ada sejak lama.

Terlebih lagi ketika pendemi Covid-19, banyak orang tua yang menerapkan homeschooling untuk pendidikan anak mereka bunda.

Perbedaan Homeschooling dan sekolah formal

perbedaan homeschooling dan sekolah formal
Ilustrasi anak belajar Foto: canva

Untuk homeschooling dan sekolah formal tentunya memili perbedaan bunda. Perbedaan homeschooling dan sekolah formal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bunda dan pasangan untuk sang buah hati. Berikut perbedaan homeschooling dan sekolah formal:

  1. Materi pelajaran
  2. Perhatian terhadap anak
  3. Lingkungan tempat belajar
  4. Kesehatan dan keamanan anak
  5. Perkembangan sosial anak
  6. Sistem pendidikan
  7. Fasilitas pembelajaran
  8. Kurikulum
  9. Jadwal belajar
  10. Biaya pendidikan

Itu tadi 10 perbedaan homeschooling dan sekolah formal yang wajib bunda ketahui sebagai orang tua. Perbedaan homeschooling dan sekolah formal bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pendidikan sang buah hati bunda dan pasangan.

Keuntungan Homeschooling

Tentunya menyekolahkan anak secara homeschooling memiliki keuntungan bunda. Berikut keuntungan menyekolahkan anak secara homeschooling.

  1. Bunda dan sang buah hati bebas menetukan waktu belajar dan lama belajar.
  2. Bunda sebagai orangtua juga bisa menentukan cara belajar dan topik apa yang di inginkan. Bisa menyesuaikan dengan minat, kemampuan, dan gaya belajar anak sang buah hati.
  3. Tentunya sekolah homeschooling bisa membantu bunda memantau perkembangan belajar sang buah hati.

Keuntungan homeschooling ini bisa bunda pertimbangkan untuk pendidikan sang buah hati. Selain perbedaan homeschooling dan sekolah formal, keuntungan menyekolahkan anak secara homeschooling wajib juga bunda dan pasangan ketahui secara detail.

Kerugian Homeschooling

Selain keuntungan menyekolahan anak secara homeschooling, sekolah homeschoolin ini juga memiliki kerugian bunda. Kekurangan menyekolahkan sang buah hati secara homeschooling juga bisa menjadi bahan pertimbangan bunda dan pasangan untuk pendidikan sang buah hati. Berikut kerugian sekolah secara homeschooling:

  1. Sekolah homeschooling memiliki kekurangan belum adanya standarisasi kurikulum.
  2. Sang buah hati bunda tidak memiliki kehidupan sosial yang luas, dan ini menyebabkan anak kesulitan berinteraksi dengan teman-teman seusianya.
  3. Anak juga kurang memiliki saya saing disebabkan sekolah formal menjadi salah satu tempat terbaik untuk melatih jiwa kompetitif sang buah hati bunda.

Itu tadi bunda perbedaan homeschooling dan sekolah formal, serta kelebihan dan kerugiannya. Ada baiknya bunda dan pasangan mempertimbangkan semua hal demi sang buah hati, tidak terkecuali mengenai pendidikan.

Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting bunda. Memilih pendidikan formal maupun homeschooling tidak ada salahnya, tapi perlu di pertimbangkan terlebih dahulu kondisi sang buah hati.

Perbedaan homeschooling dan sekolah formal serta kelebihan dan kekurangannya ini bisa jadi acuan untuk bunda dan pasangan menentukan pendidikan untuk sang buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih sudah berkenan membaca sampai selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait