Sering Merasakan Sakit Kepala Berlebih Saat Menyusui? Bisa Jadi Ini Adalah Penyebabnya

Bunda mungkin pernah atau bahkan sekarang sedang mengalami sakit kepala berlebih saat menyusui. Sakit kepala seperti itu memang begitu menyiksa.

Bukan hanya menjadi tidak fokus mengurus anak, bunda jadi tak bisa melakukan apapun.

Sebenarnya, apa sih penyebab sakit kepala menyiksa saat masa menyusui? Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Semua akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini

Penyebab Sakit Kepala Berlebih Saat Menyusui

1. Dehidrasi

Sakit Kepala Berlebih Saat Menyusui

Gejala paling umum saat seseorang mulai dehidrasi adalah pusing dan kelelahan. Kondisi tersebut terjadi karena asupan cairan yang masuk ke tubuh tidak sama dengan yang keluar.

Saat menyusui, bunda tentu kehilangan banyak cairan bukan? Kalau malas minum air putih, jangan heran jika merasa pusing berlebihan.

2. Kurang Istirahat

Penyebab sakit kepala berlebih saat menyusui juga bisa karena kurang istirahat. Hal seperti ini wajar terjadi, mengingat si kecil masih tidak memiliki pola tidur sehingga jadwal istirahat bunda ikut kacau.

Padahal sejatinya, orang dewasa membutuhkan 7 hingga 8 jam untuk tidur malam. Kalau itu tidak terpenuhi, bisa memicu penurunan tekanan darah.

Akibatnya, peredaran darah ke kepala bisa terhambat dan terjadilah sakit kepala tak tertahankan.

3. Sakit Kepala Berlebih Saat Menyusui: Salah Posisi dalam MengASIhi

Perhatikan lagi posisi bunda saat menyusui, apakah sudah tepat? Apakah ASI bisa diterima oleh si kecil dengan baik atau malah bisa memicu bunda sakit kepala.

Posisi menyusui yang tepat adalah bisa sambil duduk atau berbaring. Usahakan posisi kepala atau punggung bunda tidak terlalu membungkuk.

Pasalnya, posisi tersebut membuat saraf-saraf di leher dan kepala tertekan. Sehingga, menyebabkan sakit dan nyeri berlebih pada kepala bunda.

4. Tegang dan Stres

Selama menyusui, kadang bunda merasa takut ASI yang tak cukup, khawatir puting lecet, dan lainnya. Jika dibiarkan, lama-lama bunda menjadi tegang dan stres sendiri lho.

Jangan salah, tegang dan stres pada akhirnya bisa menghambat aliran darah ke kepala. Akibatnya, kepala kekurangan pasokan darah dan memicu nyeri berlebihan di area tersebut.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Berlebih Saat Menyusui

1. Minum Banyak Air Putih

Sakit Kepala Berlebih Saat Menyusui

Salah satu penyebab sakit kepala saat menyusui adalah kurangnya pasokan cairan dalam tubuh. Cara mengatasinya tentu hanya dengan minum banyak air putih.

Bunda bisa minum 8 gelas air putih atau lebih karena terbukti tidak membahayakan namun justru memberikan rasa segar.

2. Pijat

Ketika mulai merasa sakit kepala saat menyusui, coba lebih dulu memijat area tersebut untuk mengurangi intensitas nyeri.

Bunda bisa memanggil tukang pijat professional atau meminta pasangan melakukannya. Gerakan pijat dipercaya mampu membantu bunda lebih santai saat menyusui

3. Mandi Air Hangat

Sakit kepala saat menyusui dapat diatasi dengan cara lebih sederhana yaitu mandi air hangat. Pasalnya, air hangat dapat membantu melepaskan otot-otot yang tegang sehingga menjadi lebih rileks.

Tidak hanya sakit kepala yang mulai mereda, mandi air hangat pun bisa menjadi bentuk memanjakan tubuh setelah lelah mengurus si kecil.

4. Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Riboflavin

Banyak penelitian yang membuktikan jika makanan dengan kandungan Riboflavin atau vitamin B2 dapat mengurangi intensitas sakit kepala.

Sementara itu, makanan dengan kandungan Riboflavin adalah selada, apel, bayam dan susu. Nah, bunda bisa pilih salah satu dari makanan tersebut untuk dikonsumsi demi meredakan sakit kepala berlebih selama menyusui.

Itu dia tadi apa saja penyebab sakit kepala berlebih saat menyusui. Ada juga pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi keluhan tersebut

Namun, jika cara tersebut tidak mampu mengatasi keluhan bunda, jangan ragu menghubungi dokter ahli supaya lebih cepat ditangani.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait