5 Penyebab Pasangan Selingkuh yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi Selingkuh Foto : Canva

Selingkuh merupakan salah satu tindakan yang sangat menyakitkan dan bisa menghancurkan hubungan. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya apa penyebab pasangan selingkuh? Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa faktor yang penyebab pasangan selingkuh.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kepercayaan menjadi kunci dalam hubungan yang sukses dan bahagia. Namun, apa yang terjadi jika pasangan tiba-tiba berselingkuh? Banyak orang berpikir bahwa selingkuh hanya terjadi karena kurangnya kasih sayang atau ketidakpuasan seksual. Namun, masalahnya bisa lebih dalam daripada itu. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan pasangan selingkuh.

Penyebab Pasangan Kamu Selingkuh

Ketika seseorang merasa tergoda untuk berselingkuh, itu biasanya karena ada kekosongan dalam hubungan mereka, Namun selain itu ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pasangan selingkuh, Berikut di antaranya

1. Ketidakpuasan Seksual

penyebab pasangan selingkuh
Masalah Seksual Foto : Canva

Ketidakpuasan seksual adalah salah satu alasan paling umum mengapa seseorang memutuskan untuk berselingkuh. Ketika pasangan tidak dapat memenuhi kebutuhan seksual satu sama lain, seseorang dapat merasa tidak terpuaskan dan mencari kepuasan di tempat lain.

Ini dapat terjadi ketika salah satu pasangan memiliki libido yang lebih tinggi atau rendah dari yang lain, atau ketika mereka memiliki preferensi seksual yang berbeda. Untuk menghindari ketidakpuasan seksual, penting untuk membicarakan kebutuhan seksual masing-masing dan mencari cara untuk memenuhinya dalam hubungan yang sehat dan bermakna.

2. Kehilangan Koneksi Emosional

Penyebab pasangan selingkuh
Masalah Emosional Foto : Canva

Seringkali, perselingkuhan bukanlah tentang seks semata, tetapi tentang kehilangan koneksi emosional di antara pasangan. Koneksi emosional adalah inti dari hubungan yang sehat dan bermakna, dan ketika koneksi ini hilang, seseorang dapat merasa kesepian, terasing, dan tidak dihargai. Faktor-faktor seperti kesibukan, tekanan pekerjaan, atau masalah keluarga dapat memengaruhi koneksi emosional antara pasangan, dan jika tidak ditangani dengan baik, dapat memicu perselingkuhan.

Untuk mencegah kehilangan koneksi emosional, penting untuk memberikan perhatian dan waktu yang cukup satu sama lain. Bicaralah secara terbuka dan jujur ​​tentang perasaan dan kebutuhan masing-masing, dan temukan cara untuk tetap terhubung bahkan di tengah-tengah kesibukan dan tekanan. Dengan memperkuat koneksi emosional, pasangan dapat membangun hubungan yang kokoh dan saling mendukung, dan mencegah terjadinya perselingkuhan.

3. Rasa Tidak Dihargai

Penyebab pasangan selingkuh
Tidak dihargai Foto : Canva

Penyabab pasangan selingkuh berikutnya adalah rasa tidak dihargai, Dalam sebuah hubungan tidak menghargai pasangan dapat menjadi faktor pemicu seseorang untuk berselingkuh. Ketika seseorang merasa bahwa pasangannya tidak menghargai usaha dan kontribusinya dalam hubungan, ia dapat merasa kecewa, kesal, dan kurang dihargai. Hal ini dapat terjadi ketika salah satu pasangan terlalu sibuk dengan pekerjaan atau kesibukan lainnya, atau ketika mereka tidak lagi memperhatikan kebutuhan dan keinginan satu sama lain.

4.  Kurangnya keterbukaan dan kejujuran dalam hubungan

Penyebab pasangan selingkuh
Ilustrasi Pasangan Tidak Jujur Foto : Canva

Kurangnya keterbukaan dan kejujuran dalam hubungan bisa menjadi penyebab pasangan berselingkuh. Ketika pasangan tidak berbicara secara jujur satu sama lain, bisa saja terjadi kecurangan dan kebohongan. Misalnya, pasangan yang tidak mengungkapkan masalah atau keinginan mereka kepada pasangan lain, bisa menyebabkan pasangan merasa tidak dihargai atau tidak memperhatikan kebutuhan mereka. Pasangan yang merasa terabaikan atau tidak dihargai ini kemudian bisa mencari perhatian dari orang lain.

Selain itu, kurangnya keterbukaan juga bisa menyebabkan pasangan merasa tidak dapat mempercayai satu sama lain. Ketidakpercayaan ini bisa memicu rasa tidak aman dalam hubungan, sehingga pasangan cenderung mencari sumber kebahagiaan di luar hubungan

5. Masalah Finansial

Penyebab pasangan selingkuh
Ilustrasi Masalah Finansial Foto : Canva

Masalah finansial juga bisa menjadi salah satu penyebab pasangan berselingkuh. Perbedaan cara mengolah keuangan rumah tangga atau Masalah keuangan lainya dalam sebuah hubungan bisa memicu ketegangan dan konflik antara pasangan. Jika salah satu atau kedua pasangan mengalami kesulitan finansial, hal ini bisa menyebabkan kecemasan dan stres yang berlebihan, terutama jika ada tanggungan atau kewajiban keuangan yang harus dipenuhi.

Ketika salah satu pasangan merasa tidak mampu memenuhi kebutuhan atau tanggung jawab keuangan dalam hubungan, maka ia bisa mencari sumber pendapatan lain untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berselingkuh. Pasangan yang merasa tidak mampu memenuhi kebutuhan finansialnya dengan pasangan asli, bisa mencari pasangan lain yang lebih mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain itu, masalah finansial juga bisa memicu perasaan tidak bahagia dan tidak puas dalam hubungan. Pasangan yang merasa kebutuhan finansialnya tidak terpenuhi bisa merasa tidak dihargai atau tidak diakui dalam hubungan, sehingga mencari kebahagiaan di luar hubungan.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait