Sebenarnya apa penyebab kanker serviks diusia muda? Kanker serviks ini sangat mengancam sekali nyawa seorang wanita.

Setiap wanita pasti memiliki risiko untuk terkena kanker serviks. Terutama pada wanita yang aktif melakukan seks bebas.

Penyakit kanker serviks ini disebabkan oleh adanya virus HPV, yaitu virus papiloma. Infeksi Human Papiloma Virus  (HPV) ini biasa terjadi pada perempuan di usia reproduksi.

Infeksi ini dapat menetap, serta berkembang menjadi displasi atau sembuh sempurna. Kenali penyebab, gejala dan makanan yang dapat mencegah terjadinya kanker serviks pada wanita.

Penyebab Kanker Serviks Diusia Muda

terdapat dua golongan HPV, yaitu HPV risiko tinggi atau disebutnya hPV onkogenik. Sedangkan ada HPV risiko rendah atau disebutnya dengan HPV non-onkogenik.

Pada HPV onkogenik utamanya adalah tipe 16, 18 dan 31, 33, 45, 52, 58. Sedangkan untuk HPV risiko rendah, yaitu tipe 6, 11, 32 dsb.

Ada beberapa penyebab kanker serviks diusia muda. Faktor risiko tersebut membuat wanita terpapar oleh infeksi virus HPV adalah:

  • Menikah atau melakukan aktivitas seksual pada usia yang cukup muda (di bawah usia kurang dari 20 tahun).
  • Berganti-ganti pasangan atau seks bebas.
  • Mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang (lebih dari 5 tahun) meningkatkan risiko lebih besar.
  • Adanya riwayat kehamilan yang terlalu muda (di bawah umur 17 tahun)
  • Berhubungan seks dengan pria yang sering juga berganti-ganti pasangan.
  • Adanya riwayat infeksi pada daerah kelamin atau radang panggul.
  • Perempuan yang perokok, baik perokok aktif maupun pasif. Perempuan yang perokok ini berisiko 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan perokok pasif.

Gejala Atau Tanda Wanita Terkena Kanker Serviks

Ada beberapa gejala atau tanda yang dapat dijadikan sebagai patokan apakah wanita terkena kanker serviks atau tidak. Berikut ini gejala yang biasa dialami oleh wanita.

1. Terjadi Pendarahan Vagina

penyebab kanker serviks diusia muda

Pendarahan pada vagina yang terlalu ekstrim ini dapat menjadi tanda adanya kanker serviks. Terutama di antara siklus menstruasi atau pendarahan setelah masa menopause.

Mungkin saat awal kanker serviks ini tidak menunjukkan gejala sama sekali. Namun coba perhatikan apakah pendarahan pada vagina ekstrim atau tidak seperti biasanya?

2. Terjadinya Pendarahan Saat Berhubungan Seksual

Tanda selanjutnya adanya pendarahan ketika melakukan hubungan intim. Apabila terjadi kontak atau berhubungan intim dan menimbulkan pendarahan atau bahkan mengalami keputihan yang berat, itu bisa menjadi tanda kanker serviks.

Timbulnya nyeri atau rasa sakit ketika berhubungan seksual juga bisa menjadi tanda. Jadi jika muncul pendarahan ketika berhubungan dan disertai rasa nyeri, sebaiknya waspada.

3. Keputihan Yang Tidak Biasa

penyebab kanker serviks diusia muda

Keputihan ini merupakan tanda alami yang normal pada wanita. Namun keputihan dapat menjadi tidak normal dan bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit pada daerah kewanitaan.

Pada keputihan yang normal memiliki warna yang bening atau sedikit kerung, teksturnya sedikit cair dan tidak mengeluarkan bau amis.

Sedangkan pada keputihan tidak normal berwarna kuning kehijauan atau abu-abu. Timbulnya rasa nyeri, perih dan gatal pada vagina serta keputihan berbau busuk atau amis yang menyengat.

4. Bercak Darah Pada Urine

Coba perhatikan urine ketika berkemih. Apabila ketika berkemih melihat urine bercampur dengan bercak darah, maka segera konsultasikan ke dokter. Karena itu merupaka tanda atau gejala kanker serviks.

5. Keluar Urine Atau Feses Dari Vagina

penyebab kanker serviks diusia muda

Meskipun hal ini jarang terjadi, namun ada beberapa yang merasakan gejala tersebut. Terutama pada kanker serviks yang memasuki stadium lanjut.

Kanker serviks ini dapat mempengaruhi fungsi organ kewanitaan atau vagina. Ketika sudah memasuki stadium lanjut maka bisa menimbulkan kebocoran urine atau terjadi keluarnya feses dari vagina.

Hal ini bisa saja hubungan terjadi karena terbentuknya fristula antar vagina dan saluran kemih. Sehingga dapat menyebabkan urine dan feses melewati vagina.

Makanan Pencegah Kanker Serviks

Rupanya ada beberapa makanan yang dapat mencegah terjadinya kanker serviks. Berikut ini adalah makanan dan nutrisi yang bisa dikonsumsi untuk cegah kanker serviks.

1. Vitamin A, C, E Dan Kalsium

penyebab kanker serviks diusia muda

Makanan yang tinggi vitamin A, C, E ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Secara tidak langsung konsumsi vitamin tersebut dapat mencegah terjadinya kanker serviks. Pada sebuah penelitian menemukan kalau pasien yang konsumsi multivitamin memiliki risiko kanker serviks yang lebih rendah.

Selain vitamin tersebut juga bisa konsumsi kalsium. Sebab ini dapat meningkatkn sistem kekebalan tubuh serta mampu melindungi tubuh dari adanya infeksi.

Beberapa makanan yang mengandung banyak vitami dan mineral tersebut adalah:

  • Jeruk
  • Wortel
  • Telur
  • Hati
  • Tuna
  • Dan produk susu lainnya

2. Konsumsi Vitamin B Dan Folat

 

Makanan yang kaya vitamin B dan asam folat ini harus sering dikonsumsi. Hal tersebut guna mencegah terjadinya kanker serviks di usia muda.

Folat ini dapat menurunkan kadar homosistein. Dimana zat tersebulah yang menyebabkan pertumbuhan sel menjadi abnormal pada leher rahim.

Makanan yang kaya dengan vitamin B dan folat juga termasuk  diantaranya adalah brokoli, kembang kol, kubis dan lainnya.

3. Makanan Kaya Antioksidan

penyebab kanker serviks diusia muda

Antioksidan ini diperlukan untuk dapat mencegah kanker serviks. Makanan kaya antioksidan ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di leher rahim.

Makanan yang kaya antioksidan terdapat pada beberapa jenis makanan. Seperti blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon dan lemak ikan.

4. Wotel

Wortel ini kaya akan kandungan beta karoten yang baik. Hal ini sangat baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks.

Makanan seperti cabai atau jalapeno ini juga diduga mampu untuk menetralisir nitasimin. Kandungan tersebut mampu menetralisir hal yang menyebabkan kanker serviks.

5. Polifenol Dan Flavonoid

penyebab kanker serviks diusia muda

Makanan yang mengandung polifenol serta flavonoid ini sangat baik untuk mencegah kanker leher rahim. Serta hal tersebut dapat mencegah serta menghambat pertumbuhan kanker.

Makanan yang mengandung polifenol serta flavonoid tinggi adalah teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, tomat dan paprika hijau.

Namun selain konsumsi makanan tersebut ada beberapa hal juga yang perlu wanita lakukan. Terutama untuk dapat mencegah adanya kanker serviks:

  • Melakukan pola hidup sehat
  • Rajin berolahraga
  • Menghindari polusi
  • Berhenti merokok
  • Rajin periksakan diri secara berkala ke dokter

Itulah tadi penyebab kanker serviks diusia muda. Ketika sudah menghindari penyebabnya, maka tanda dan gejala kanker serviks tidak akan muncul pada diri kamu. Selalu jaga kesehatan tubuh dan diri sendiri ya!