Pentingnya Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini

Ilustrasi anak belajar Foto: canva

Sebagai orang tua tentunya bunda harus tahu betapa pentingnya pendidikan seksual pada anak usia usia dini. Simak di sini bunda pentingnya memberikan pendidikan seksual pada anak usia dini.

Dilakukannya pendidikan seksual pada anak sejak ini supaya sang buah hati bunda mengerti konsekuensinya dan konsep untuk menghargai dirinya ketika beranjak dewasa nantinya.

Tapi, masih banyak sekali orang tua yang beranggapan bahwa pendidikan seksual merupakan hal yang sangat tabu sehingga sulit dibicarakan anak sebelum mereka beranjak dewasa.

Maka dari itu sebagai orang tua bunda dan pasangan harus tahu betapa pentingnya memberikan pendidikan seksual pada anak usia dini. Simak di sini bunda untuk tahu pentingnya memberikan pendidikan seksual pada anak usia dini.

Pentingnya memberikan pendidikan seksual pada anak usia dini

pendidikan seksual pada anak
Ilustrasi anak dan ibu Foto: canva

Memberi pendidikan seksual pada anak usia dini bisa membuat sang anak memahami supaya lebih sadar dan peduli dengan kesehatan seksual mereka nantinya bunda.

Karena pendidikan seksual merupakan informasi yang begitu penting dan wajib diketahui oleh sang anak. Sehingga sang buah hati bunda akan memahami betapa pentingnya seksualitas sebagai bagian dari kesehatan tubuh bukan hanya sekedar hubungan antara pria dan wanita saja.

Tentunya memberi pendidikan seksual pada anak usia dini memiliki beberapa manfaat bunda. Salah satunya bisa membantu sang anak menangkal efek buruk media dan lingkungan sekitar mereka.

Selain itu juga bisa membantu membangun kepercayaan antara orang tua dan anak, dan bisa juga membuat anak mengerti tentang konsekuensi dan menghargai dirinya sendiri dan juga orang lain di sekitarnya.

Pendidikan seksual ini bisa bunda berikan kepada anak sebaiknya sedini mungkin pada usia 3 atau 4 tahun. Karena saat itu sang anak akan mulai memperhatikan dunia di sekitarnya dan dia akan mulai belajar untuk mengenali tubuhnya sendiri dan membandingkan dirinya dengan teman-temannya.

Dan pada saat itu juga sang buah hati bunda akan menyadari bahwa, perempuan dan laki-laki itu berbeda. Saat itulah sang anak juga mulai mengeksplorasi lingkungannya dan menjadi kesempatan baik bagi orang tua untuk memberikan pemahaman dasar mengenai seksualitas.

Bunda juga harus memberikan pendidikan seksual ini kepada sang buah hati secara bertahap. Agar sang buah hati bisa secara tepat memahami apa yang bunda ajarkan pada mereka.

Itulah tadi bunda mengapa pentingnya memberikan pendidikan seksual pada anak sejak usia dini. Karena pada usia dini sang anak lebih bisa mendengar dan menerima apa yang dijelaskan orang tua kepadanya. Dan pada usia tersebut juga sang anak mudah mempelajari dan meniru apa yang dilakukan dan diberikan bunda dan suami sebagai orang tua.

Dengan mengajarkan pendidikan seksual secara dini pada sang buah hati, akan membantu ia lebih menghargai dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya sejak kecil sampai ia beranjak dewasa.

Sang buah hati akan lebih berhati-hati, dan menjaga dirinya sebaik mungkin ketika beranjak dewasa nanti. Danharapannya sang buah hati akan bisa memilih dan memilah mana yang baik untuk dirinya dan mana yang buruk untuk dirinya.

Semoga informasi mengenai pentingnya memberikan pendidikan seksual pada anak usia dini ini serta manfaat memberikan pendisikan seksual kepada anak sejak usia dini ini juga bisa membantu bunda dan suami dalam mengambil keputusan yang bijak. Terima kasih sudah membaca sampai akhir bunda. Sampai jumpa pada kesempatan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait