5 Rekomendasi Obat Flu Untuk Ibu Menyusui yang Dijual di Apotik

Ilustrasi Ibu Menyusui Flu (Foto:Pixabay)

Flu bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu menyusui. Namun, ibu menyusui tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat flu, karena obat tersebut bisa masuk ke dalam ASI dan berpotensi membahayakan bayi.

Lalu, obat flu apa saja yang aman untuk ibu menyusui? Berikut Rekomendasi Obat Flu Untuk Ibu Menyusui yang Dijual di Apotik

Obat Flu Untuk Ibu Menyusui Dijual di Apotik yang Aman dan Efektif

Beberapa pilihan obat flu untuk ibu menyusui yang aman dan efektif adalah sebagai berikut:

1. Paracetamol

Obat ini merupakan obat penurun demam dan pereda nyeri yang aman untuk ibu menyusui, karena tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Paracetamol bekerja dengan menghambat produksi zat peradangan yang disebut prostaglandin, sehingga dapat meredakan demam dan nyeri. Dosis yang dianjurkan adalah 500 mg setiap 4-6 jam, dengan maksimal 4 gram per hari.

2. Dekongestan

Obat ini digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat yang sering menyertai flu. Obat dekongestan yang mengandung pseudoephedrine atau phenylephrine dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui, tetapi harus dengan dosis rendah dan sesekali saja, karena obat ini dapat menurunkan produksi ASI. Obat dekongestan dalam bentuk tetes hidung lebih disarankan, karena tidak masuk ke dalam aliran darah dan ASI.

3. Ibuprofen

Obat ini juga merupakan obat penurun demam dan pereda nyeri yang aman untuk ibu menyusui, karena tidak berbahaya bagi bayi. Ibuprofen juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi akibat flu. Dosis yang dianjurkan adalah 200-400 mg setiap 4-6 jam, dengan maksimal 1,2 gram per hari.

5. Antihistamin

Obat ini digunakan untuk mengatasi gejala alergi, seperti bersin-bersin, gatal-gatal, dan mata berair, yang kadang muncul saat flu. Obat antihistamin yang aman untuk ibu menyusui adalah loratadine atau cetirizine, karena tidak menyebabkan mengantuk dan tidak masuk ke dalam ASI. Dosis yang dianjurkan adalah 10 mg sekali sehari.

Cara Alami Mengatasi Flu pada Ibu Menyusui

Obat Flu Untuk Ibu Menyusui yang Dijual di Apotik
Ilustrasi Ibu Menyusui Flu (Foto:Pixabay)

Selain mengonsumsi obat flu, ibu menyusui juga perlu melakukan cara alami berikut ini untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah penularan ke bayi:

  1. Minum air putih atau minuman hangat yang dicampur dengan lemon dan madu untuk menjaga hidrasi dan meredakan tenggorokan yang sakit.
  2. Istirahat yang cukup dan tidur dengan posisi kepala lebih tinggi untuk mengurangi hidung tersumbat.
  3. Menggunakan humidifier atau inhaler untuk melembapkan udara dan membantu melancarkan pernapasan.
  4. Menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, dan membuang tisu tersebut dengan segera.
  5. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menyusui bayi, dan menghindari kontak langsung dengan wajah bayi.
  6. Tetap menyusui bayi secara rutin, karena ASI mengandung antibodi yang dapat melindungi bayi dari infeksi virus flu.

Itulah beberapa pilihan obat flu untuk ibu menyusui yang Dijual di Apotik aman dan efektif, serta tips untuk mengatasi flu dengan cepat.

Jika gejala flu tidak kunjung membaik setelah 7 hari, atau disertai dengan sesak napas, nyeri dada, atau demam tinggi, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait