7 Obat Batuk Alami Untuk Ibu Hamil Trimester 1

Ilustrasi Ibu Hamil Batuk Foto : Canva

Batuk merupakan refleks tubuh untuk membersihkan lendir dari saluran napas dan seringkali terjadi karena adanya iritasi di tenggorokan. Namun, saat hamil, batuk dapat sangat mengganggu dan membuat ibu hamil khawatir mengonsumsi obat yang dapat berdampak negatif pada perkembangan janin.

Namun, ibu hamil tidak perlu khawatir karena ada beberapa obat batuk alami untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi selama kehamilan. Obat batuk alami ini berfungsi meredakan rasa gatal di tenggorokan dan mencegah kondisi batuk semakin parah.

Rekomendasi Obat batuk alami untuk ibu hamil

Obat batuk alami adalah obat-obatan atau bahan alami yang digunakan untuk meredakan batuk tanpa efek samping yang membahayakan kesehatan ibu dan bayi yang sedang dikandung. Obat-obatan atau bahan-bahan alami ini dapat membantu meredakan batuk, mengurangi peradangan dan menghilangkan lendir. Berikut diantaranya:

1. Daun Kemangi

obat batuk alami untuk ibu hamil
Ilustrasi Daun Kemangi Foto : Canva

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang pertama adalah Daun kemangi, Bahan alami ini merupakan salah satu tanaman herbal yang sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Namun, tahukah Mams bahwa daun kemangi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mengobati batuk pada ibu hamil?

Daun kemangi mengandung senyawa eugenol yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Senyawa ini sangat bermanfaat dalam membantu mengatasi berbagai masalah pernapasan, termasuk batuk.

2. Cuka Apel

Obat batuk alami untuk ibu hamil berikutnya adalah Cuka apel, Bahan ini mengandung bakteri baik yang dapat membantu melawan infeksi dalam tubuh. Selain itu, cuka apel juga dapat digunakan sebagai cara mengobati batuk pada ibu hamil secara alami. Caranya adalah dengan mencampur 1-2 sendok makan cuka apel dengan teh atau air, kemudian diminum sebanyak tiga kali sehari. Penggunaan cuka apel secara teratur dapat membantu meredakan batuk dan mengurangi gejala-gejala yang terkait dengan batuk.

3. Bawang Merah

Bawang merah bukan hanya bumbu dapur, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya sebagai obat batuk alami ibu hamil. Bawang merah mengandung phytochemical yang dapat membantu membuka saluran napas. Oleh karena itu, bawang merah bisa menjadi alternatif cara mengobati batuk pada ibu hamil secara alami.

Untuk mengonsumsinya, ibu hamil dapat menambahkan irisan bawang merah mentah ke dalam makanan sehari-hari atau mencampurnya dengan madu. Selain itu, bawang merah juga dapat dijus dan dicampur dengan madu sebagai obat batuk alami. Namun, ibu hamil harus memperhatikan takaran dan dosis yang tepat agar tidak terjadi efek samping yang merugikan.

4. Jahe

obat batuk alami untuk ibu hamil
Ilustrasi Jahe Foto : Canva

Jahe memang salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi batuk pada ibu hamil secara alami. Jahe mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri yang membantu meredakan radang pada saluran napas dan meredakan batuk. Selain itu, jahe juga bisa memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga membuat tubuh lebih rileks dan nyaman.

Untuk mengatasi batuk pada ibu hamil, Mams bisa mencoba minum air jahe hangat setiap hari. Caranya, iris jahe tipis-tipis dan rebus bersama air hingga mendidih. Tambahkan madu untuk memberikan rasa manis pada air jahe. Kemudian saring dan minum air jahe tersebut secara rutin setiap hari selama masih batuk atau flu

5. Daun Mint

Rasa daun mint memang dapat memberikan efek menyejukkan pada tenggorokan. Selain itu, daun mint juga dapat membantu mengatasi batuk. Daun mint dapat mengusir virus penyebab batuk dan memberikan rasa yang segar dan enak saat dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaat dari daun mint, dapat dicampurkan pada teh hangat agar lebih nikmat.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat efektif dalam meredakan batuk. Mams bisa mengonsumsi satu siung bawang putih mentah pada saat makan. Jika batuk belum mereda, Mams bisa menambahkan dosisnya menjadi setiap 2-3 jam. Untuk menghilangkan aroma yang menyengat, Mams dapat mencampurkannya dengan madu.

7. Jeruk Nipis dan Lemon

Obat batuk alami untuk ibu hamil yang terakhir adalah Lemon, Buah ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang melimpah pada buah kuning ini. Selain bawang putih, lemon juga dikenal sebagai obat batuk alami untuk ibu hamil yang sangat ampuh. Kandungan potasium yang kaya dan sifat antioksidannya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan ginjal.

Cara mengonsumsinya sangat mudah, dapat dicampurkan dengan teh hangat atau air madu. Lemon yang dicampur dengan madu adalah minuman hangat yang paling mujarab untuk mengatasi flu dan batuk serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Obat batuk alami untuk ibu hamil memiliki beragam jenis, meskipun efeknya tidak secepat obat medis di apotik, Akan tetapi obat batuk alami hampir tidak memiliki efek samping. Penggunaan obat alami lebih aman daripada obat di apotik, meski sedang hamil, Mams tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar penggunaannya tetap aman bagi janin. Semoga Bermanfaat.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait