Metode Mengenalkan Isra Mi’raj ke Anak, Sederhana Tapi Penting

Pelajaran tentang Isra Miraj mungkin bisa si kecil dapat saat ia sudah masuk usia sekolah. Bagi yang belum, maka bunda bisa mengajarkan dari rumah lewat metode mengenalkan Isra Mi’raj ke anak di bawah ini.

Tentang Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Mengenalkan Isra Mi'raj ke Anak

Isra Mi’raj sendiri merupakan peringatan hari besar umat Islam yang dirayakan tepat pada hari ini 8/2.

Makna dari Isra Mi’raj sendiri adalah peristiwa bersejarah yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW ketika beliau diangkat ke langit guna menerima wahyu tentang kewajiban menunaikan shalat 5 waktu.

Peristiwa Isra Mi’raj sendiri telah dituangkan dalam Al-Qur’an Surah Al Isra ayat 1 yang berbunyi:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Sub-ḥānallażī asrā bi’abdihī lailam minal-masjidil-ḥarāmi ilal-masjidil-aqṣallażī bāraknā ḥaulahụ linuriyahụ min āyātinā, innahụ huwas-samī’ul-baṣīr

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Di Indonesia, atau khususnya umat Islam Isra Mi’raj dirayakan dengan berbagai kegiatan positif seperti pengajuan, pembacaan sholawat, puasa hingga lomba yang bertema Isra Mi’raj.

Nah, untuk anak yang sudah masuk usia sekolah, pemahaman dan kegiatan tentang Isra Miraj ini mungkin sudah bisa didapat dari sekolah. Namun untuk si kecil yang belum masuk usia sekolah bunda bisa mengajarkan lewat beberapa cara dibawah ini.

Metode Mengenalkan Isra Mi’raj Ke Anak yang Belum Sekolah

Mengenalkan Isra Mi'raj ke Anak

Cara yang bisa bunda lakukan adalah dengan mengenalkan secara sederhana tentang siapa Nabi Muhammad SAW mulai dari sejarah kelahirannya hingga wafatnya.

Jika si kecil sudah memiliki gambaran, kenalkan ia tentang Isra Miraj sebagai salah satu peristiwa penting dimana Nabi diangkat ke langit untuk menerima wahyu perihal perintah shalat.

Ceritakan juga tentang siapa yang Nabi Muhammad SAW temui selama perjalanan Isra Mi’raj, bagaimana cara beliau bisa sampai ke atas langit.

Jelaskan juga kapan, dimana naik apa dan berapa lama peristiwa tersebut terjadi. Berikan kesimpulan tentang apa yang didapat oleh Nabi pada perjalanan Isra Mi’raj dan apa manfaatnya untuk Umat Islam.

Terakhir, bunda juga bisa memberikan arahan untuk si kecil tentang sikap kita sebagai umat Islam dalam menyambut perayaan Isra Miraj.

Bunda bisa memulai dari mengajarkan anak membaca Sholawat atau dzikir Nabi Ibrahim yang khusus untuk Nabi Muhammd SAW. Dimana dzikir tersebut berbunyi:

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ

Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya: Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.

Dengan pemahaman yang simple dan gaya bahasa yang pas dengan usianya, anak pasti akan jauh lebih paham dan mungkin bisa langsung memahami.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait