Ini 8 Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil, Bantu Pertumbuhan Janin Hingga Atasi Anemia

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil (Foto:Mamikita.com)

Butuh asupan karbohidrat selama hamil? Biar nggak bosan, ganti nasi dengan ubi jalar yuk. Selain sumber karbohidrat, manfaat ubi jalar untuk ibu hamil ternyata banyak banget lho.

Namun, karena tinggi nutrisi dan karbo, makan ubi jalar nggak boleh sembarangan ya bun. Tetap harus dikontrol agar tidak menimbulkan efek samping negatif pada janin.

Apakah Aman Ubi Jalar Dikonsumsi Selama Hamil?

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Sebelum membahas tentang manfaat ubi jalar untuk ibu hamil, ada informasi yang lebih penting yang perlu bunda tahu.
Salah satunya tentang apakah aman mengkonsumsi ubi jalar selama menjalani proses kehamilan?

Faktanya, ubi jalar tetap aman bagi ibu hamil, sebab kaya akan kandungan vitamin A, C dan serat yang terbukti baik bagi kesehatan.

Namun harus diingat, jika bunda sedang hamil dan punya riwayat penyakit ginjal, sebaiknya menghindari ubi jalar.

Pasalnya, sumber makanan tersebut banyak mengandung oksalat yang dapat meningkatkan resiko batu ginjal.

Selain itu, walaupun mengandung banyak nutrisi, konsumsi ubi jalar berlebihan selama hamil juga sangat tidak dianjurkan.

Hal tersebut dikarenakan dalam ubi jalar terkandung lebih dari 15.000 IU Vitamin A yang berpotensi membahayakan janin.

Jadi, tetap batasi konsumsi ubi jalar selama hamil atau lebih amannya konsultasikan dulu ke dokter.

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Nah, dengan mengkonsumsi ubi jalar sesuai dengan porsi yang dibutuhkan, bunda akan mendapat banyak manfaat berupa:

1. Ubi Jalar Membantu Pertumbuhan Janin

Kandungan vitamin A pada ubi jalar dipercaya mampu membantu perkembangan janin terutama organ-organnya. Mulai dari jantung, paru-paru, ginjal, darah, hati, dan lain sebagainya.

2. Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil-Mencegah Sembelit

Serat pada ubi jalar juga dipercaya ampuh melawan sembelit yang mungkin kerap bunda alami selama hamil.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut bunda butuh banyak serat paling tidak 30 gram serat. Dan selain buah dan sayur, kebutuhan serat ini bisa didapatkan dar konsumsi ubi jalar.

3. Membantu Perkembangan Otak Janin

Vitamin B6 yang terkandung dalam ubi jalar dikenal penting bagi perkembangan otak janin dan sistem sarafnya. Jika otak dan sistem sarafnya baik, risiko kelahiran cacat pun dapat diminimalisir.

Selain itu, konsumsi ubi jalar juga sangat membantu bunda yang masih sering alami morning sickness dan gangguan kehamilan lainnya.

4. Membantu Mengontrol Berat Badan Ibu Hamil

Ibu hamil umumnya mengalami masalah kenaikan berat badan. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan, karena akan memicu obesitas dan berpengaruh pada janin dan bunda sendiri.

Jadi, ada baiknya bunda kurangi konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi dan menggantinya dengan ubi jalar. Oleh karena mengandung serat, ubi jalar akan mengontrol rasa lapar dan melancarkan pencernaan bunda.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil

Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil lainnya adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Faktanya, ibu hamil cukup rentan terkena virus atau penyakit yang membahayakan kesehatan.

Sementara itu, ubi jalar terbukti mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dengan begitu, mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil.

6. Mencegah Anemia

Anemia merupakan jenis penyakit dimana tubuh penderita kekurangan darah yang sering dialami bumil. Untuk menjaga kestabilan tekanan darah, bunda bisa siasati dengan rutin konsumsi ubi jalar.

Karena dalam bahan makanan ini kaya akan zat besi sehingga meminimalisir kondisi kekurangan darah pada ibu hamil.

7. Mencegah Kram Kaki

Masalah lain yang lumayan sering dialami oleh ibu hamil adalah kram kaki karena bawaan bayi. Kram kaki selama hamil terasa sangat menyiksa terlebih jika sudah mendekati trimester akhir.

Nah, untuk mengatasinya, bunda hanya perlu konsumsi ubi jalar, karena kandungan kalium di dalamnya dapat menetralisir rasa sakit saat kaki kram.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Fakta kesehatan mengatakan bahwa ubi jalar juga mengandung vitamin A cukup tinggi yang dapat mendukung kesehatan mata ibu hamil.

Selain itu, dalam ubi jalar juga kaya akan antioksidan alami untuk melengkapi nutrisi ibu dan janin.

Wah, banyak juga ya manfaat ubi jalar untuk ibu hamil. Jadi nggak ragu lagi kan untuk mengkonsumsinya. Asal ingat satu hal ya bun, jangan berlebihan. Sehat selalu bunda.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait