9 Manfaat Susu Formula untuk Bayi dan Balita

Ilustrasi Susu Formula Foto : Canva

Bayi memerlukan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Salah satu sumber nutrisi penting bagi bayi adalah susu formula. Susu formula merupakan alternatif bagi ibu yang tidak bisa atau kurang memproduksi ASI.

Dengan menggunakan susu formula, ibu dapat memastikan bahwa bayinya mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Dalam susu formula, nutrisi tersebut sudah diformulasikan dengan tepat sehingga ibu tidak perlu khawatir bayi kekurangan nutrisi.

Kandungan Susu Formula

Susu formula memastikan bahwa bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Nutrisi yang terkandung dalam susu formula meliputi:

  • Protein: Protein merupakan bahan dasar untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti otot, kulit, dan rambut. Bayi memerlukan protein untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.
  • Lemak: Lemak memainkan peran penting dalam pembentukan dan perkembangan otak, serta membantu menjaga suhu tubuh dan membantu proses penyerapan vitamin lainnya.
  • Karbohidrat: Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi bayi dan membantu mempertahankan tingkat gula dalam darah yang stabil.
  • Vitamin dan mineral: Vitamin dan mineral penting untuk memastikan bahwa bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, mempertahankan kesehatan tulang, dan membantu menjaga kesehatan kulit dan mata.

Manfaat Susu Formula untuk Bayi

Susu Formula
Ilustrasi Susu Formula Foto : Canva

Salah satu sumber nutrisi penting bagi bayi adalah susu formula. Susu formula diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang sedang berkembang. Berikut adalah 9 manfaat susu formula untuk bayi.

1. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan

Nutrisi yang cukup dapat memberikan pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal. Nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, dan vitamin D sangat penting untuk membantu membangun dan memperkuat tulang dan otot.

Susu formula memiliki kandungan nutrisi yang tepat dan seimbang sehingga bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bahkan, beberapa jenis susu formula khusus untuk bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi untuk memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat.

2. Mencegah Malnutrisi

Dengan mengonsumsi susu formula, bayi akan terhindar dari risiko malnutrisi. Susu formula memastikan bahwa bayi mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan bayi menjadi lelah, lesu, dan mudah terserang penyakit. Salah satu penyebab utama anemia pada bayi adalah kekurangan zat besi.

Susu formula biasanya mengandung zat besi yang cukup untuk mencegah anemia pada bayi. Dengan menggunakan susu formula, ibu bisa memastikan bahwa bayinya tidak kekurangan zat besi dan terhindar dari anemia.

4. Meningkatkan Kecerdasan dan Keterampilan Motorik

Susu Formula
Ilustrasi Bayi Minum Susu Formula Foto : Canva

Nutrisi yang terkandung dalam susu formula dapat membantu meningkatkan perkembangan otak dan keterampilan motorik bayi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bayi memiliki dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan perkembangan di masa depan.

6. Membantu Meningkatkan Berat Badan

Susu formula membantu meningkatkan berat badan bayi dan memastikan bahwa mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Ada beberapa rekomendasi susu penambah berat badan bayi seperti Nankid Phpro 3, Frisan Flag Primago 1+ dan Nestle Dancow Imunitri 1+

7. Mencegah Kekurangan Zat Gizi

Susu formula merupakan sumber nutrisi yang lengkap untuk bayi. Zat gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral diformulasikan secara tepat untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Kekurangan zat gizi pada bayi dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti pertumbuhan yang tidak optimal, masalah pada sistem saraf, dan masalah pada sistem imun. Dengan memenuhi kebutuhan zat gizi, susu formula membantu mencegah kekurangan zat gizi dan memastikan perkembangan bayi yang sehat.

8. Mengurangi Risiko Alergi

Beberapa bayi memiliki resiko tinggi untuk mengalami alergi makanan, terutama jika ada riwayat alergi pada keluarga. Susu formula hipoalergenik khusus diformulasikan untuk meminimalisir risiko alergi. Ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi ibu yang menyusui dan ingin memastikan bayinya terlindung dari alergi.

9. Mempermudah Pencernaan

Susu formula diformulasikan dengan bahan-bahan yang membantu proses pencernaan bayi. Ini membantu mengurangi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan kolik. Bahan-bahan seperti prebiotik dan probiotik dalam susu formula membantu memperkuat sistem pencernaan dan membantu menjaga keseimbangan mikroflora usus

10. Membantu Meningkatkan Sistem Imun

Susu formula kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan sistem imun bayi. Zat gizi seperti vitamin A, C, dan E serta mineral seperti zink dan selenium membantu membangun dan menjaga sistem imun bayi. Ini membantu memastikan bahwa bayi terlindung dari berbagai penyakit dan infeksi.

Nah, Itulah manfaat susu formula untuk bayi yang perlu Mams ketahui, Semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait