9 Keutaman dan Manfaat Membaca Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil Membaca Surat Maryam/Foto:Canva

Membaca ayat-ayat Al-Quran telah menjadi amalan spiritual bagi banyak umat Muslim di seluruh dunia tidak terkecuali ibu hamil, Salah satu surat yang sangat penting dibaca saat hamil adalah surat maryam.

Membaca Surat Maryam memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa bagi ibu hamil. Selain memberikan ketenangan hati dan kesehatan fisik bagi ibu dan janin, surat ini juga menghadirkan keberkahan dan perlindungan dari Allah untuk ibu hamil dan janin.

Mengapa Membaca Surat Maryam Saat Hamil Penting?

Bagi ibu hamil, membaca Surat Maryam menjadi amalan yang sangat dianjurkan. Selain untuk meningkatkan spiritualitas, membaca surat ini diyakini memiliki manfaat khusus untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya. Al-Qur’an memiliki kekuatan yang luar biasa dalam memberikan ketenangan, perlindungan, dan keberkahan bagi para pembacanya.

Manfaat Membaca Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Surat Maryam berisi kisah yang menakjubkan tentang kelahiran Nabi Yahya dan Nabi Isa. Bagi ibu hamil, membaca Surat Maryam memiliki manfaat dan keutamaan tertentu, Berikut diantaranya:

1. Harapan untuk Anak yang Cantik dan Shalehah

Mengutip dari buku “Mukjizat Surat Yusuf dan Maryam” karya Rizem Aizid, disarankan bagi ibu hamil untuk membaca surat Maryam dengan harapan agar bayi perempuan yang dilahirkan memiliki wajah yang cantik dan budi pekerti yang saleh, sebagaimana Siti Maryam, ibunda Nabi Isa AS.

2. Perlindungan dari Gangguan Setan

membaca surat maryam
Ilustrasi Ibu Hamil Membaca Surat Maryam/Foto:Canva

Membaca surat Maryam, seperti halnya membaca surat-surat lain dalam Al-Qur’an, sangat dianjurkan selama masa kehamilan. Surat Maryam memiliki manfaat untuk menjauhkan ibu hamil dari gangguan jin dan setan yang dapat mengganggu kehamilan.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Membaca surat Maryam juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lebih dari sekadar mengharapkan kecantikan bagi bayi yang akan lahir, membaca surat ini dengan niat tulus untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT akan mempermudah segala urusan dan keperluan.

4. Meraih Rahmat dari Allah SWT

Salah satu keutamaan membaca surat Maryam saat hamil adalah untuk memohon rahmat dan keridhaan dari Allah SWT. Seperti yang diterima oleh Siti Maryam, dengan membaca surat ini, kita juga berharap mendapatkan berkah dan rahmat-Nya, termasuk anugerah keturunan yang suci.

5. Harapan Kesuburan dalam Program Kehamilan

Surat Maryam berisi kisah tentang Nabi Zakaria AS yang telah lanjut usia namun masih belum dikaruniai anak. Dalam surat ini, beliau berdoa kepada Allah SWT, dan akhirnya Allah SWT memberikan keturunan kepadanya. Membaca surat ini dapat menjadi harapan bagi ibu hamil yang juga menginginkan kesuburan dalam program kehamilan mereka.

6. Merangsang Rasa Tauhid pada Janin

Bunyi suara dan kata-kata yang diucapkan oleh ibu hamil dapat didengar oleh janin. Membaca surat Maryam saat hamil dapat memberikan rangsangan tauhid bagi janin dalam kandungan. Bahkan, bayi yang masih dalam tahap perkembangan dapat merasa lebih tenang ketika mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an.

7. Kelancaran dalam Proses Persalinan

Salah satu tujuan membaca surat Maryam adalah untuk memohon kelancaran dan kemudahan dalam proses persalinan. Seperti halnya kelahiran Nabi Isa AS yang dijaga oleh Allah SWT untuk Siti Maryam, membaca surat Maryam diharapkan dapat menjauhkan ibu hamil dari segala kesulitan dan musibah saat melahirkan.

8. Menguatkan Hubungan Emosional Antara Ibu dan Anak

Keutamaan lain dari membaca surat Maryam saat hamil adalah untuk memperkuat hubungan emosional antara ibu dan bayi dalam kandungan. Saat seorang ibu membaca Al-Qur’an, janin memiliki kepekaan emosional yang lebih kuat dibandingkan dengan janin yang tidak pernah mendengar suara ibunya.

9. Meredakan Rasa Cemas dan Gelisah

Tidak jarang ibu hamil mengalami fluktuasi hormon yang dapat menyebabkan perubahan mood, termasuk timbulnya rasa cemas dan gelisah. Dengan membaca surat Al-Qur’an seperti surat Maryam, diharapkan rasa cemas dan gelisah tersebut dapat mereda dan memberikan ketenangan bagi ibu hamil.

Nah, Itulah beberapa manfaat membaca surat maryam untuk ibu hamil. Membaca Surat Maryam selama program kehamilan adalah amalan yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Meskipun tidak ada kewajiban khusus untuk melakukannya, ibu hamil dapat merasakan dampak positifnya dalam kedamaian batin dan ketenangan janin.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait