Penting! Ini 5 Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil, Cegah Kelahiran Cacat Pada Bayi

Ada sederet manfaat kelengkeng untuk ibu hamil yang penting untuk diketahui. Khususnya bagi ibu muda yang saat ini tengah menjalani kehamilan pertama.

Secara umum, kelengkeng mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin B, potassium, hingga senyawa fitokimia.

Dimana semua kandungan tersebut memiliki banyak manfaat seperti menambah nafsu makan  bumil, mencegah insomsia hingga kelahiran cacat.

Namun meskipun kaya manfaat, ibu hamil juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi kelengkeng.

Bunda perlu menyesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan nutrisi, sehingga beberapa manfaat di bawah ini bisa didapatkan.

Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

1. Menambah Nafsu Makan

Pada trimester pertama, rata-rata ibu hamil merasakan keluhan sulit makan, salah satunya karena morning sickness.  Nah, supaya kebutuhan nutrisi tetap terjaga, buah kelengkeng bisa menjadi solusi makanan sehat untuk bunda.

Pasalnya kelengkeng diketahui mengandung vitamin B12 yang dapat merangsang nafsu makan. Bahkan, nafsu makan janin dalam kandungan pun bisa bertambah lho.

2. Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil-Menambah Energi

Mual dan muntah pada kehamilan pertama biasanya sebabkan bunda merasa lemas tak bertenaga. Jika bunda pun merasakannya, buah kelengkeng ini menjadi pilihan terbaik.

Buah kelengkeng nyatanya punya kandungan gula buah yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin A,C, dan antioksidan yang diketahui bisa menangkal radikal bebas.

3. Mencegah Insomnia-Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tak jarang ibu hamil juga cukup sering mengalami insomnia, khususnya saat masih hamil muda.

Jangan panik, karena keluhan insomnia pada ibu hamil sementara dapat ditangani dengan konsumsi buah kelengkeng.

Pasalnya, terdapat kandungan zat besi yang tinggi dalam buah tersebut yang dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam jumlah banyak.

Dengan begitu, peredaran oksigen ke seluruh tubuh pun juga bisa berjalan lancar. Bunda pun bisa makin rileks, tenang dan bebas dari insomnia.

4. Mencegah Konstipasi

Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Apa bunda sedang mengalami konstipasi saat hamil kali ini? Sebetulnya wajar kok, disebabkan karena perubahan hormon atau kondisi rahim yang membesar.

Konstipasi atau sulit BAB pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena bunda yang kurang minum. Jika mengalaminya, bunda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan kaya serat seperti aneka buah-buahan dan sayuran.

Khusus untuk buah, kelengkeng bisa menjadi pilihan, karena kandungan serat di dalamnya cenderung tinggi.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem imun ibu hamil, ternyata bekerja lebih keras karena selain melindungi tubuh bunda juga janin dalam rahim.

Jadi, resiko infeksi bahkan munculnya penyakit yang sebelumnya tidak pernah diderita bunda sangat tinggi.

Sementara itu, buah kelengkeng diketahui mengandung banyak vitamin C yang dipercaya berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tubuh ibu hamil.

6. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Bunda harus tahu, buah kelengkeng juga mengandung folat walaupun dengan kadar yang tak terlalu banyak.

Sebagai informasi, ibu hamil butuh lebih banyak asupan folat untuk mencegah bayi mengalami cacat lahir seperti anensefali dan spina bifida.

Bahkan, folat dalam kelengkeng juga diketahui mampu meminimalisir munculnya penyakit bibir sumbing atau penyakit jantung bawaan pada bayi.

7. Manfaat Kelengkeng Untuk Ibu Hamil-Menjaga Kesehatan Mata

Baik ibu hamil maupun anak-anak pastinya perlu untuk selalu menjaga kesehatan mata dari gangguan seperti rabun, katarak, dan sebagainya.

Untuk pencegahan penyakit mata tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi kelengkeng dengan rutin.
Pasalnya, dalam kelengkeng terdapat kandungan riboflavin yang ternyata masih bagian dari vitamin B kompleks.

Itu dia tadi manfaat kelengkeng untuk ibu hamil. Melihat banyaknya manfaat yang diperoleh, bunda tidak boleh ragu mengkonsumsinya selama kehamilan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait