6 Manfaat Ikan Laut untuk Kecerdasan Anak, Mendukung Fungsi Kognitif Hingga Pembentukan Jaringan Otak

Moms, kecerdasan anak ternyata bisa didukung dengan apa yang masuk ke dalam perut si kecil loh. Selain buah dan sayur, ikan laut adalah salah satu sumber nutrisi yang juga kaya akan manfaat untuk kecerdasannya. Lantas, apa saja manfaat ikan laut untuk kecerdasan anak?

Ragam Manfaat Ikan Laut untuk Kecerdasan Anak

Manfaat Ikan Laut untuk Kecerdasan Anak

Perlu moms tahu, bahwa Ikan laut memiliki manfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak. Dalam ikan laut mengandung banyak sumber protein, vitamin, serta omega 3.

Selain itu, nutrisi yang terkandung pada ikan laut juga bermanfaat untuk perkembangan otak anak.

Kalau si kecil masih suka pilih-pilih makanan, atau bahkan menghindari makan ikan karena baunya yang amis, moms tidak perlu memberi makan ikan secara utuh. Ikan bisa dicampurkan ke dalam menu makanan yang biasanya dimakan si kecil.

Apabila rutin membiasakan konsumsi ikan, secara otomatis dapat meningkatkan kemampuan fokus, keterampilan, dan kecerdasan lainnya.

Nah, agar lebih jelas, berikut rekomendasi jenis ikan laut yang bisa dijadikan sebagai lauk untuk si kecil.

1. Ikan Tuna Baik untuk Pembentukan Jaringan Otak

Ikan tuna punya manfaat untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan otak dan tulang si kecil. Daging ikan tuna mengandung fosfor, kalium, magnesium, dan omega-3.  Kandungan nutrisi ini yang dapat mengoptimalisasi kemampuan kognitif anak sejak dini.

2. Ikan Shisamo untuk Tulang dan Gigi yang Sehat

Ikan Shisamo merupakan jenis ikan asal Jepang yang rendah kolesterol dan rendah merkuri. Salah satu manfaat ikan shisamo adalah dapat membantu membangun dan melindungi tulang dan gigi si kecil.

Selain itu, Ikan Shisamo juga memiliki vitamin B yang bisa mengubah makanan menjadi energi yang mendukung fungsi kognitif anak.

3. Ikan Salmon untuk Perkembangan Otak dan Kemampuan Kognitif

Berbicara soal manfaat ikan laut untuk kecerdasan balita, ikan salmon juga termasuk yang moms bisa jadikan untuk konsumsi anak. Ikan ini memiliki nutrisi lemak omega 3 EPA dan HAD.

Kedua nutrisi yang terkandung dalam ikan salmon ini baik untuk perkembangan otak dan kemampuan kognitif anak.

4. Ikan Teri untuk Kesehatan Otak dan Jantung Anak

Manfaat Ikan Laut untuk Kecerdasan Anak

Tenang, moms tidak salah baca kok, Dalam dunia kesehatan, ikan teri ternyata jadi salah satu sumber vitamin dan mineral, juga omega-3 EPA dan DHA. Dimana kandungan ini memiliki manfaat untuk kesehatan otak dan jantung si anak.

Apabila anak mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega-3, akan memberi pengaruh yang baik untuk kemampuan kognitif, risiko jantung, dan bisa mengurangi peradangan pada tubuh si anak.

5. Ikan Tilapia untuk Kesehatan Tubuh si Kecil

Kesehatan tubuh tentu berpengaruh pada kecerdasan otak anak ya moms. Makanya, moms bisa menjadikan ikan Tilapia untuk dikonsumsi si kecil.

Ikan ini memiliki vitamin B12 yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin B12 ini bisa menjaga sistem saraf dan produksi sel darah merah. Ini membantu kesehatan tubuh si kecil.

6. Ikan Kembung untuk Perkembangan Kognitif Anak

Ikan kembung memang tidak populer, namun kandungannya dapat memberi banyak manfaat jika dikonsumsi si anak. Ikan kembung memiliki protein, lemak omega 3 dan DHA.

Kandungan ini sangat baik untuk perkembangan kognitif si anak. Moms bisa menemukan jenis ikan ini di pasar tradisional atau supermarket.

Nah, itu dia jenis-jenis ikan yang dapat moms pilih untuk jadi bahan konsumsi si kecil. Manfaat ikan laut untuk kecerdasan anak bisa moms pertimbangkan untuk terus rutin memberikan ikan sebagai campuran makanan si anak.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait