MasyaAllah, Ini Manfaat Gerakan Sholat untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Gerakan Sholat untuk Ibu Hamil dan Janin (Foto: Mamikita.com)

Ada banyak manfaat gerakan sholat untuk ibu hamil dan janin yang selama ini jarang disadari, Ibu hamil akan mendapatkan manfaat yang luar biasa jika dipraktekan dengan benar.

Sholat terdiri dari beberapa gerakan, seperti berdiri, ruku, sujud, dan duduk. Gerakan-gerakan ini ternyata memiliki manfaat khusus bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Dikutip dari Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun. Dijelaskan bahwa manfaat gerakan sholat bagi ibu hamil sekaligus kesehatan fisik tersebut telah terbukti dalam riset atau penelitian dan telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat.

Selain itu Dr. Jamal Muhammad Az-Zaki juga menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Sehat dengan Ibadah bahwa manfaat gerakan shoalt pada ibu hamil mampu meminimalkan risiko komplikasi serta kerusakan jaringan bagi ibu setelah melahirkan.

Manfaat Gerakan Sholat untuk Ibu Hamil dan Janin

Berikut ini adalah beberapa manfaat gerakan sholat untuk ibu hamil dan janin, yang telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah

1. Rukuk

Gerakan ruku dalam sholat dapat membantu mengatur aliran darah ke bagian atas tubuh, seperti kepala, leher, dada, dan lengan.

Gerakan ruku juga dapat meregangkan otot-otot punggung, pinggang, dan perut, yang dapat mengurangi nyeri atau pegal-pegal pada daerah tersebut. Gerakan ruku juga dapat membantu mengendurkan otot-otot rahim dan mencegah kontraksi dini

2. Sujud

Manfaat Gerakan Sholat untuk Ibu Hamil dan Janin
Ilustrasi Gerakan Sholat Sujud (Foto: Mamikita.com)

Gerakan sujud dalam sholat merupakan gerakan yang paling banyak memberikan manfaat bagi ibu hamil dan janin. Gerakan sujud dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat meningkatkan kecerdasan dan fungsi kognitif ibu hamil dan janin.

Gerakan sujud juga dapat mencegah penyakit syaraf, seperti stroke, Alzheimer, atau Parkinson. Gerakan sujud juga dapat melancarkan aliran getah bening, yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Selain itu, gerakan sujud dapat membantu memposisikan janin ke arah bawah, yang dapat mencegah bayi sungsang dan memudahkan persalinan

3. Duduk diantara Dua sujud

Gerakan ini dipercaya dapat memperkuat oto-otot darah kemaluan ibu hamil sehingga dapat mengurangi resiko robekan saat persalinan

Selain itu Gerakan duduk dalam sholat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada tubuh bagian bawah, seperti panggul, kaki, dan kaki.

Gerakan duduk juga dapat menguatkan otot-otot panggul, yang penting untuk menahan rahim dan kandung kemih. dan mencegah wasir atau ambeien, yang sering dialami oleh ibu hamil karena tekanan pada pembuluh darah anus

4. Gerakan Salam

Manfaat Gerakan Sholat untuk Ibu Hamil dan Janin
Ilustrasi Gerakan Sholat Salam (Foto: Mamikita.com)

Membuat oto-otot sekitar leher menjadi rileks sehingga mengurangi keluhan nyeri kepala. Selain itu, Gerakan salam juga dapat membantu merenggangkan otot-otot punggung dan pinggang.

Hal ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung dan pinggang yang sering dialami oleh ibu hamil.

5. Berdiri

Manfaat Gerakan Sholat untuk Ibu Hamil dan Janin
Ilustrasi Gerakan Sholat Berdiri (Foto: Mamikita.com)

Gerakan berdiri dalam sholat dapat membantu melancarkan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke plasenta yang menyuplai nutrisi dan oksigen ke janin.

Gerakan berdiri juga dapat menguatkan otot-otot kaki, paha, dan pinggul, yang berguna untuk menopang berat badan ibu hamil dan mempersiapkan persalinan. Selain itu, gerakan berdiri dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan mencegah pusing atau vertigo

Itulah manfaat gerakan sholat untuk ibu hamil dan janin Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tetap melaksanakan sholat lima waktu dengan gerakan yang benar dan sesuai dengan kemampuan.


Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait