Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB dengan Kandungan Serat Tinggi

Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB/source: Baby centre

Saat Bunda menyusui, menjaga kesehatan si kecil adalah prioritas utama. Memilih makanan ibu menyusui untuk membantu bayi lancar BAB menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan bayi dalam pencernaan.

Menjadi seorang ibu menyusui adalah tanggung jawab yang besar, dan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah nutrisi yang tepat untuk memastikan kesehatan bayi, termasuk kelancaran pencernaannya.

Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB dan Bernutrisi Tinggi

Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB
Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB/source:Healthmug

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai makanan yang dapat membantu bayi lancar buang air besar (BAB) dengan fokus pada kandungan serat tinggi. Mari kita bahas satu per satu!

1. Sayuran Hijau

Jenis makanan ibu menyusui untuk membantu bayi lancar BAB pertama adalah tentu saja sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kale, adalah pilihan yang kaya serat untuk Bunda. Serat membantu meningkatkan tekstur tinja bayi dan memastikan pencernaan yang sehat. Pastikan untuk mencampur berbagai jenis sayuran hijau untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang maksimal.

2. Buah-buahan Segar

Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB
Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB/source: American pregnancy association

Buah-buahan segar adalah sumber serat yang lezat dan sehat. Buah-buahan seperti apel, pir, dan stroberi mengandung serat larut dan tidak larut yang baik untuk pencernaan bayi. Hindari memberikan buah-buahan dengan kulit keras pada awalnya, dan pastikan untuk memberikan potongan yang sesuai dengan usia bayi.

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh, seperti oatmeal, beras merah, dan quinoa, kaya serat. Bunda dapat menciptakan variasi makanan dengan menambahkan biji-bijian ini dalam diet harian. Selain itu, biji-bijian utuh membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Bunda sendiri.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Jenis makanan ibu menyusui untuk membantu bayi lancar BAB selanjutnya adalah Kacang-kacangan, seperti kacang hitam dan kacang merah, serta biji-bijian seperti chia seeds dan biji rami, adalah sumber serat yang baik. Perlahan-lahan memperkenalkan kacang-kacangan dalam diet bayi dapat membantu meningkatkan serat dan protein dalam makanan mereka.

5. Yogurt dan Produk Susu Fermentasi

Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB
Makanan Ibu Menyusui untuk Membantu Bayi Lancar BAB/source: Wachanga

Yogurt dan produk susu fermentasi mengandung probiotik yang mendukung kesehatan saluran pencernaan. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam sistem pencernaan bayi. Pastikan untuk memilih produk yang rendah gula dan tanpa tambahan zat kimia.

6. Air Putih

Minum banyak air penting untuk ibu menyusui. Air membantu melunakkan tinja bayi, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari, atau lebih sesuai kebutuhan Bunda.

7. Makanan Berserat Tinggi dalam Porsi Kecil

Bunda dapat memasukkan makanan berserat tinggi dalam porsi kecil, tetapi sering. Ini membantu menghindari ketidaknyamanan pencernaan dan memberikan tubuh waktu untuk mencerna dengan baik.

8. Hindari Makanan yang Menyebabkan Gas

Terakhir perlu juga memerhatikan Jenis makanan ibu menyusui untuk membantu bayi lancar BAB yang dapat menyebabkan gas, yang mungkin membuat bayi tidak nyaman. Hindari makanan seperti kubis, kacang polong, dan bawang putih yang dapat menyebabkan perut bayi kembung.

Dengan memasukkan berbagai jenis-jenis makanan ibu menyusui untuk membantu bayi lancar BAB ini dalam diet harian, Bunda dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan bayi secara alami. Selain itu, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa diet Bunda dan bayi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Semoga artikel ini membantu, Bunda! Jangan lupa untuk selalu memberikan kasih sayang dan perhatian ekstra pada si kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hobi Menulis, Berkarya dan Bermanfaat untuk Dunia

Artikel Terkait