Seperti kunci sukses menyusui pada ibu menyusui. Ketika baru melahirkan tentu setiap ibu akan memberikan anaknya ASI. Namun tidak setiap ibu dapat menyusui dengan baik.

Pasti akan ada saja kendala yang ada saat ibu menyusui. Hal ini adalah suatu yang normal dan wajar sekali terjadi.

Ada beberapa kunci sukses untuk ibu memberikan ASI kepada bayi. Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk setiap anak yang mereka kandung dan lahirkan.

Kunci Sukses Menyusui Untuk Setiap Wanita

Ketika setelah melahirkan, tentu sangat berharap sekali setiap fasilitas kesehatan dapat memberikan kesehatan yang terbaik. Tidak terkecuali untuk membuat seorang sukses dalam hal menyusui.

Ibu yang baru melahirkan tentu membutuhkan semangat dan dorongan untuk dapat menyusui dengan tepat. Hal tersebut dibutuhkan ibu untuk membuatnya tetap baik dan tidak stres. Karena stres dapat membuat air susu ibu menjadi enggan untuk keluar kembali.

Bahkan Menkes sangat berharap sekali setiap fasilitas pelayanan kesehatan dapat memberikan langkah sukses untuk menyusui. Apa saja langkah menuju keberhasilan menyusui, yaitu:

  • Menetapkan kebijakan peningkatan pemberian air susu ibu yang secara rutin dapat dikomunikasikan kepada semua petugas.
  • Melakukan pelatihan untuk petugas dalam menerapkan kebijakan tersebut.
  • Memberikan penjelasan kepada ibu hamil tentang manfaat menyusui dan tata laksananya dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi lahir, sampai umur 2 tahun.
  • Membantu ibu mulai menyusui sampai bayi dalam 60 menit setelah melahirkan di ruang bersalin.
  • Membantu ibu untuk memahami cara menyusui yang benar dan cara mempertahankan menyusui meski ibu dipisah dari bayi atas indikasi medis.
  • Tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayi baru lahir.
  • Melaksanakan rawat gabung dengan mengupayakan ibu bersama bayi 24 jam sehari.
  • Membantu ibu menyusui semua bayi dari semua ibu, tanpa pembatasan terhadap lama dan frekuensi menyusui.
  • Tidak memberikan dot atau empeng kepada bayi yang diberi ASI.
  • Mengupayakan terbentuknya kelompok pendukung ASI di masyarakat dan merujuk ibu kepada kelompok tersebut ketika pulang dari Rumah Sakit/ rumah bersalin/ Sarana pelayanan kesehatan.

Setiap ibu hamil dan pelayanan kesehatan harus dapat bekerja sama untuk memberikan ASI yang terbaik kepada si bayi. Sebab ASI untuk bayi adalah hal yang sangat penting sekali untuknya.

Selain 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui, sebagai kunci sukses menyusui perlu dilakukan beberapa faktor lain. Hal tersebut diberikan untuk mendukung suksesnya pemberian ASI kepada bayi.

Faktor Lain Untuk Mendukung Suksesnya Pemberian ASI

Ada faktor lain yang dapat mendukung seorang ibu dapat sukses ketika meng-ASI-kan bayinya. Sebaiknya lakukan juga beberapa faktor berikut ini.

1. Dukungan Suami, Keluarga Dan Masyarakat

kunci sukses menyusui

Ibu menyusui sangat membutuhkan dukungan baik secara pengetahuan dan mental dari orang sekitarnya. Terutama dari suami, keluarga serta masyarakat sekitarnya.

Dengan memberikan pengetahuan yang memadai mengenai manfaat dan cara yang benar dalam pemberian ASI, maka bisa menjadi kunci sukses untuk ibu dalam menyusui.

2. Dukungan Fasilitas Layanan Kesehatan

Maksudnya ini adalah memberikan fasilitas pelayanan kesehatan, pelayanan kehamilan, inisasi menyusui dini (IMD), rawat gabung, tidak menyediakan susu formula dan dot.

Selain itu juga penting untuk tidak memberikan makanan dan minuman selain ASI. Selain itu dukungan konseling menyusui, membantu ibu untuk dapat menyusui bayinya.

3. Dukungan Kebijakan

kunci sukses menyusui

Perlu dilakukan untuk pemberian ASI diantaranya melalui pengawasan promosi  dan peredaran susu formula. Selain itu penting untuk menyediakan tempat menyusui baik di public area dan tempat kerja serta memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pekerja untuk menyusui.

Itulah tadi beberapa kunci sukses menyusui yang harus diperhatikan. Kunci sukses untuk ibu menyusui adalah keterlibatan dari semua pihak yang ada.