Sudah Mandi Wajib Tapi Keluar Flek Coklat, Apakah Boleh Puasa? Cek Faktanya

Ilustrasi keluar flek coklat setelah haid foto : canva

Apakah Mams termasuk wanita yang sering keluar flek coklat setelah mandi wajib dan bingung dengan aturan puasa di bulan Ramadan? Sebenarnya, aturan puasa bagi wanita yang mengalami menstruasi cukup jelas dalam agama Islam. Namun, masih banyak yang kurang memahami dan bertanya-tanya apakah flek coklat yang keluar setelah mandi wajib bisa membatalkan puasa atau tidak.

Mengenal Aturan Puasa Bagi Wanita Muslim

Seperti yang diketahui, selama bulan Ramadan umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa dari terbit hingga terbenam. Puasa berarti menahan diri dari makanan, minuman, serta segala bentuk aktivitas yang dianggap membatalkan puasa, mulai dari berkumur hingga berhubungan intim.

Namun, bagi wanita yang sedang menstruasi, aturan puasa berbeda. Selama masa menstruasi, seorang wanita diperbolehkan untuk tidak berpuasa dan menggantinya di kemudian hari setelah masa haidnya selesai.

Bolehkah Berpuasa saat Muncul Flek Coklat Setelah Mandi Wajib?

Munculnya flek coklat setelah mandi wajib seringkali membuat seorang wanita bingung apakah boleh melaksanakan ibadah puasa atau tidak. Namun, menurut Syekh Ibnu Utsaimin Rahimahullah dalam Fataawa al-Siyaam, flek coklat tersebut tidak membatalkan puasa.

Keputihan kecoklatan yang muncul setelah seorang wanita mandi wajib bukanlah bagian dari periode menstruasi. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk membatalkan puasa. Hal ini sejalan dengan pernyataan Ummu ‘Atiyyah RA yang menyatakan bahwa cairan kekuningan atau kecoklatan setelah mandi wajib bukanlah sesuatu yang penting.

كُنَّا لا نَعُدُّ الْكُدْرَةَ وَالصُّفْرَةَ بَعْدَ الطُّهْرِ شَيْئًا . رواه أبو داود(307) ، وصححه الألباني في صحيح أبي داود.

“Kami dahulu tidak menganggap flek kecolatan dan kekuningan mempunyai pengaruh apapun setelah masuknya masa suci”. (HR. Abu Daud: 307 dan dishahihkan oleh Albani dalam Shahih Abu Daud)

Penyebab Muncul Flek Coklat Setelah Haid

Flek cokelat setelah haid merupakan kondisi yang dialami oleh banyak wanita. Meski sebagian besar kondisi ini normal, namun beberapa juga bisa menjadi tanda adanya masalah medis yang perlu diperhatikan. Nah, agar lebih jelas, mari simak apa saja penyebab munculnya flek cokelat setelah haid.

1. Sisa Darah Haid

Penyebab flek cokelat yang paling umum adalah sisa darah haid. Warna darah yang berubah menjadi cokelat tersebut biasanya terjadi karena darah teroksidasi di dalam tubuh dan terlambat dikeluarkan. Flek cokelat ini bisa terjadi pada 1-2 hari setelah haid selesai atau bahkan selama 1 minggu setelah masa haid berakhir.

2. Efek Samping KB Implan

KB implan dapat mencegah kehamilan dengan cara melepaskan hormon progesteron ke dalam aliran darah. Meskipun alat kontrasepsi ini sangat efektif, namun beberapa wanita mungkin mengalami efek samping, salah satunya adalah keluarnya flek cokelat setelah haid.

Flek berwarna cokelat ini dapat terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan hormon dari kontrasepsi tersebut. Selain flek cokelat, pengguna KB implan juga mungkin mengalami menstruasi tidak lancar.

3. Tanda Kehamilan

Flek cokelat yang muncul beberapa minggu setelah menstruasi juga bisa menjadi tanda kehamilan. Perdarahan implantasi terjadi ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel pada lapisan dinding rahim.

Sebagian wanita mungkin mengalami perdarahan implantasi, yang merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Untuk memastikan apakah flek cokelat setelah haid tersebut merupakan tanda kehamilan atau bukan, Anda bisa melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

4. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kondisi di mana ovarium memproduksi hormon androgen dalam jumlah yang tinggi sehingga hormon dalam tubuh tidak seimbang. Penderita PCOS bisa mengalami menstruasi tidak teratur dan keluarnya flek cokelat setelah haid akibat ovulasi yang terlewat. Selain itu, PCOS juga bisa ditandai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, kulit berjerawat parah, hirsutisme atau rambut tumbuh lebat di area wajah dan tubuh, warna kulit menggelap, berat badan berlebih, dan sulit hamil.

5. Efek dari Perimenopause

Perimenopause adalah fase peralihan yang dialami wanita ketika akan memasuki masa menopause. Selama perimenopause, kadar estrogen akan naik dan turun, yang bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur dan memicu keluarnya flek cokelat setelah haid. Selain itu, perimenopause juga ditandai dengan gejala lain seperti hot flashes, susah tidur,

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait