9 Hal yang Menjadi Penyebab Payudara Kendur

Ilustrasi Payudara Kendur/Foto:Canva

Payudara yang indah dan sehat adalah impian setiap wanita. Tidak hanya memberikan kecantikan visual, payudara yang kencang juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Nah Salah satu kekhawatiran yang sering dialami kebanyakan wanita adalah mempunyai payudara kendur, Banyak faktor yang menjadi penyebab payudara kendur.

Penyebab Payudara Kendur yang Sering Dialami Oleh Wanita.

Selain karena faktor alami, Berikut beberapa faktor lain yang menjadi penyebab payudara kendur

1. Usia

Perubahan pada tubuh saat menua adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang, termasuk pada payudara. Payudara kendur adalah salah satu hasil dari proses penuaan, terutama setelah melewati masa menopause.

Pada periode ini, hormon dalam tubuh mengalami perubahan yang dapat mempengaruhi struktur dan volume payudara.

2. Berat Badan

Wanita dengan berat badan yang lebih tinggi biasanya memiliki ukuran payudara yang lebih besar dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan lebih rendah.

Ketika seseorang wanita mengalami penurunan berat badan yang signifikan atau drastis, payudara bisa mengalami kekenduran dan mengubah bentuknya.

3. Kurangnya Olahraga

Melakukan olahraga yang melibatkan gerakan banyak di area payudara dapat menambah ketegangan pada ligamen payudara dan membuat payudara terlihat lebih padat dan kencang.

Namun, jika payudara tidak mendapatkan penyangga dan pendukung yang tepat, serta kurang melakukan olahraga atau tidak rutin berolahraga, terutama jika memiliki payudara yang besar, maka ligamen payudara dapat meregang dan menyebabkan kekenduran pada payudara.

4. Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan dari keluarga dapat mempengaruhi ukuran dan bentuk payudara, ligamen Cooper, dan berat badan seseorang. Dalam beberapa kasus, remaja perempuan yang belum mencapai usia dua puluhan dapat mengalami kondisi payudara dan puting yang mengarah ke bawah atau ke arah tanah.

5. Tidak Menggunakan Bra yang Tepat

Penyebab Payudara Kendur
Ilustrasi Payudara Kendur/Foto:Canva

Setiap harinya, payudara akan bergerak seiring dengan gerakan tubuh. Gravitasi yang bekerja pada payudara dapat menyebabkan kekenduran saat payudara tertarik ke bawah.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara agar payudara tetap terjaga dari efek gravitasi.

Menggunakan bra yang pas, tidak terlalu ketat, dan tidak terlalu longgar dapat membantu menjaga kekencangan payudara dan mengurangi efek gravitasi yang merusak.

6. Pengaruh Kehamilan

Jumlah kehamilan yang dialami oleh seorang wanita juga dapat mempengaruhi kekenduran payudara. Semakin banyak anak yang dikandung dan dilahirkan, payudara akan semakin melebar dan rentan mengalami kekenduran.

7. Ukuran dan Bentuk Payudara

Payudara yang lebih kecil dengan bagian bawah yang bulat cenderung dapat mempertahankan bentuknya lebih baik daripada payudara yang lebih besar atau sempit.

Payudara yang lebih besar juga cenderung tidak mampu melawan gravitasi atau pergerakan naik dan turun saat tubuh bergerak.

8. Merokok

Merokok sudah diketahui dapat merusak banyak aspek dalam tubuh, termasuk payudara. Wanita yang merokok secara rutin dapat mengalami kehilangan elastisitas pada kulit.

Akibatnya, perokok aktif cenderung mengalami kekenduran pada payudara. Selain itu, merokok juga dapat menghambat produksi kolagen yang bertanggung jawab menjaga elastisitas kulit pada payudara.

9. Perubahan Berat Badan yang Cepat

Menurunkan atau menaikkan berat badan secara cepat dapat mengubah bentuk payudara. Kondisi ini dapat menyebabkan meregangnya atau mengecilnya kulit di sekitar payudara, yang berakibat pada kekenduran payudara.

Setiap wanita memiliki keunikan  masing-masing dalam hal payudara. Kekenduran payudara bukanlah sesuatu yang harus dipermalukan atau dihindari.

Namun, jika Bunda merasa tidak nyaman dengan payudara yang kendur, ada beberapa cara untuk mengecangkan payudara yang bisa bunda coba! salah satunya melakukan olahraga secara teratur

Nah, Itulah beberapa faktor penyebab payudara kendur, Semoga bermanfaat ya bunda

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait