Ingin Puji Anak? Berikut 5 Kalimat Pujian Untuk Anak yang Harus Dihindari Orang Tua

Moms, sebagai orangtua, pernahkah Moms bingung bagaimana seharusnya memuji anak. Atau kata apa yang tepat untuk memuji anak ketika anak kita melakukan hal baik? Dalam hal ini, terdapat beberapa pujian yang harus dihindari orangtua untuk anak. Berikut diantaranya.

Kalimat Pujian Untuk Anak yang Justru Harus Dihindari

Kalimat Pujian Untuk Anak

Berikut beberapa kalimat pujian untuk anak yang justru harus moms hindari:

1. Kalimat Pujian Untuk Anak “Kerja Bagus”

Ucapan pujian ini sangat umum dan sering kita dengar, Moms. Tidak ada salahnya bagi para orangtua untuk memuji apa yang dilakukan anak mereka. Namun jika orangtua terlalu sering melontarkan pujian, bahkan hanya untuk hal kecil ternyata pujian tersebut akan menjadi bumerang. Dimana, anak akan haus akan pujian.

Sehingga anak akan merasa tidak lagi memiliki motivasi diri untuk mengerjakan sesuatu. Sebaiknya Moms bisa memiliki “prestasi” yang benar-benar membuat anak berhak mendapatkan kalimat pujian yang lebih spesifik.

2. “Jangan Bicara dengan Orang Tak Dikenal, Nak!”

Family eating a meal 2 e1363686759760

Kalimat ini diberikan orangtua dengan tujuan melatih anak agar waspada akan penculikan atau kejahatan lain yang bisa saja terjadi padanya.

Namun, kalimat ini dirasa kurang spesifik. Karena nantinya, anak bisa salah memahami atau mungkin menolak bicara dengan polisi, atau petuga lain ketika dirinya dalam masalah. Moms, bisa menjelaskan siapa yang dimaksud “orang lain” atau memberikan kalimat lain yang lebih dimengerti anak.

3. Kalimat Pujian Untuk Anak “Tenang!”

Pujian yang harus dihindari orangtua untuk anak yang bisa Moms hindari selanjutnya yakni kata “tenang”. Dalam sebuah penelitian, Amy Morin menjelaskan, memberitahu anak mengenai perasaan mereka bukanlah ide yang baik. Bahkan disaat orangtua hanya ingin mencoba untuk membuatnya tenang atau sekedar menghibur mereka.

Kalimat yang seakan memerintahkan anak untuk bersikap tenang kurang cocok bagi dirinya, sebagai gantinya orangtua boleh mengatakan “Sepertinya kamu benar-benar marah saat ini.”

Moms bisa membantu anak untuk memahami bahwa tidak apa-apa merasa kesal, kemudian dorong mereka dengan lembut ke arah aktivitas yang bisa membuat mereka tenang.

4. Kalimat Pujian Untuk Anak “Kamu Bisa Melakukannya Dengan Baik!”

small kalimat pujian untuk anak bf5c015617 1

Pujian yang harus dihindari orangtua untuk anak selanjutnya yakni “kamu bisa melakukannya dengan baik!”

Memang benar, memberikan pandangan yang positif akan membantu anak membangun kepercayaan diri. Namun, kalimat ini tidak benar-benar memprediksi kapan anak akan berhasil atau kapan mereka akan gagal.

Daripada mengatakan “Kamu bisa melakukan yang terbaik”, atau “Kamu pasti akan menang dalam lomba”, sebaiknya Moms katakan “Keluarkanlah semua yang kamu mampu, dan lakukan yang terbaik. Jika seandainya gagal, maka tidak apa-apa, kamu pasti bisa melewatinya. Ibu selalu mendukungmu.”

5. Kalimat Pujian Untuk Anak “Jangan Khawatirkan Hal Itu!”

Untuk bisa menghilangkan ketakutan pada anak dan meminta mereka memikirkannya bukanlah hal yang baik dilakukan orangtua. Karena saat orangtua berkata “Jangan khawatirkan hal itu”, rasa khawatir mereka tidak akan menghilang secara langsung.

Sebagai gantinya, Moms bisa katakan pada anak “Apa yang bisa kamu lakukan ketika merasa khawatir?” kemudian anak akan berpikir lebih rasional dengan melepaskan diri dari situasi yang membuatnya khawatir.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait