Wajib Coba! Ini 7 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin, Tinggi Lemak dan Protein

Ada beberapa jenis makanan penambah berat badan janin. Bunda harus ketahui, untuk memastikan perkembangan bayi dalam kandungan selalu terjaga.

Pasalnya, berat badan janin dalam kandungan harus selalu sesuai usianya. Apabila tidak normal seperti terlalu kecil, maka bisa memicu resiko berbagai masalah kesehatan.

Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin

Wajib Coba! Ini 7 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin

Jika mengetahui berat badan Janis bunda ternyata terlalu kecil, maka harus dilakukan langkah penanganan yang tepat.

Untuk mensiasatinya, bunda perlu mengonsumsi sejumlah makanan sehat dan bergizi, sehingga berat badan janin bisa ditingkatkan.

Untuk itu, berikut jenis makanan penambah berat ban janin yang bisa bunda coba:

1. Ubi Jalar

Rekomendasi pertama, bunda bisa konsumso ubi jalar yan dipercaya mampu menambah berat badan janin dalam kandungan.

Hal tersebut karena di dalamnya mengandung banyak serta, vitamin C, kalium, serta sejumlah nutrisi lain yang dibutuhkan janin.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat membantu proses peningkatan berat badan janin secara efektif. Bunda bisa mengkonsumsinya dengan cara dibakar, tumbuk, dibakar, atau sesekali digoreng.

2. Sayuran Hijau-Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin Tinggi Asam Folat 

Ibu hamil perlu mengkonsumsi banyak asam folat yang berguna bagi perkembangan janin. Sayuran Hijau adalah makanan dengan kandungan asam folat tinggi yang sangat dibutuhkan bunda selama proses kehamilan.

Selain itu, asam folat dalam sayuran hijau pun dipercaya mampu mencegah kecacatan fungsi otak dan tulang belakang janin.

Ada baiknya, bunda mengkonsumsi sayur hijau sejak masa awal kehamilan. Sebab per hari ibu hamil memerlukan setidaknya 800 mcg asam folat.

3. Daging Ayam

Jenis makanan ini diketahui banyak mengandung protein yang mudah diserap tubuh ibu hamil.

Artinya, saat bunda mengkonsumsi daging ayam maka dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus mendukung peningkatan berat badan janin.

Selain protein, daging ayam juga mengandung zat besi yang dipercaya mampu membantu pembentukan sel darah merah.

Ingat bunda, jika kuantitas sel darah merah bunda berhasil terjaga selama hamil, maka kemungkinan mengalami anemia juga makin kecil.

4. Keju-Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin Kaya Akan Lemak 

Wajib Coba! Ini 7 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin, Tinggi Lemak dan Protein

Makanan penambah berat badan janin selanjutnya adalah keju. Di sini, bunda harus lebih jeli memilih keju untuk dikonsumsi.

Agar lebih optimal, sebaiknya pilih  keju dengan kandungan rendah lemak contohnya seperti keju cottage. Tah hanya renda lemak, keju ini juga mengandung protein paling tinggi diantara jenis lain.

Dimana protein sendiri adalah hal yang paling bunda butuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh janin dalam kandungan bunda.

5. Telur-Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin Kaya Akan Vitamin

Tidak begitu sulit sebenarnya menemukan makanan penambah berat badan janin yang aman dan efektif.  Bunda bisa rutin mengkonsumsi telur yang sudah lama diketahui sebagai sumber protein terbaik.

Selain protein, telur juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A dan D, zat besi, dan mineral.

Menariknya lagi, telur bukan hanya cepat menambah berat badan janin saja. Namun juga menjaga selaput ketuban menjadi makin kuat sampai proses persalinan.

6. Ikan Salmon

Alternatif lain jika bunda ingin menaikkan berat badan janin adalah dengan cara mengkonsumsi ikan salmon.

Ikan salmon dikenal sebagai sumber makanan yang banyak mengandung protein serta asam lemak omega 3.

Untuk janin yang sedang tumbuh, omega 3 ini sangat dibutuhkan. Khususnya dalam perkembangan otak, mata, dan sumber protein tubuh si kecil.

Selain itu, ikan salmon juga sangat aman untuk ibu hamil karena kandungan merkurinya yang tergolong rendah.

7. Kacang-Kacangan-Jenis Makanan Penambah Berat Badan Janin Dengan Protein Tinggi

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang-kacangan dalam kadar cukup. Pasalnya, makanan ini terbukti ampuh untuk menambah berat badan janin dalam kandungan.

Hal tersebut dikarenakan, dalam kacang-kacangan terdapat zat besi dan protein. Fungsi lain kacang-kacangan bagi bagi ibu hamil adalah dapat meredakan sembelit bahkan mengurangi resiko kelahiran prematur.

Itu dia tadi apa saja makanan penambah berat badan janin. Supaya lebih aman, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Sehingga tahu mana makanan yang paling tepat dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait