Jangan Skip! Ini Doa Agar Anak Menjadi Cerdas Sholeh dan Pintar

Apa doa agar anak menjadi cerdas sholeh dan pintar? Meskipun semua doa itu baik, namun bunda pasti ingin yang lebih spesifik agar apa yang menjadi munajat orang tua bisa dikabulkan.

Oleh karena itu, mamikita.com memberikan beberaapa doa khusus agar anak tumbuh cerdas, sholeh dan pintar.
Doa ini bisa bunda baca kapan saja, saat setelah selesai sholat, maupun pada jam-jam tertentu. Yuk, pelajari doanya.

Doa Agar Anak Menjadi Cerdas Sholeh dan Pintar

Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Nurut Sama Orang Tua

Mendoakan anak tentu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Selain itu, banyak sekali doa yang bisa bunda berikan. Jika bunda masih awam, berikut doa agar anak menjadi cerdas sholeh dan pintar:

1. QS Al-Furqan: 74

Surat Al-Furqan ayat 74 merupakan penggalan yang menjelaskan tentang keturunan. Seperti halnya dalam buku Indahnya Pernikahan, Rumahku, dan Surgaku karya H.

Ade Saroni yang banyak menjelaskan salah satu doa yang bisa anda berikan kepada sang anak. Selain mudah di hafal, ayat ini juga sangat mustajab.

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Latin: walladzîna yaqûlûna rabbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyâtinâ qurrota a’yun waj’alnâ lil-muttaqîna imâmâ
Artinya: “Dan, orang-orang yang berkata, “Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami penyejuk mata dari pasangan dan keturunan kami serta jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

2. QS Ibrahim: 40

Surat Ibrahim: 40 memiliki makna agar keturunan atau sang anak bisa menjadi pribadi yang rajin menunaikan shalat. Sholat merupakan kunci utama dari kesuksesan di dunia dan akhirat sehingga sangat penting untuk bunda doakan bagi si anak ya

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim: 40)

Doa Khusus Anak Agar Pintar

Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Nurut Sama Orang Tua

Bunda biasanya paling semangat jika ingin mencari doa yang mustajab bagi si anak. Nah, agar tidak bingung mencari, bunda bisa hafalkan doa ini ya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَلُكَ خَيْرُ الْمَسْئَلَةِ وَخَيْرُ الدُّعَاءِ وَخَيْرُ النَّجَاحِ وَخَيْرُ الْعَمَلِ وَخَيْرُ الثَّوَابِ وَخَيْرُ الْحَيَاةِ وَخَيْرُ الْمَمَاتِ ثَبِّتْنِي وَثَقِّلْ مَوَازِيْنِي وَحَفِّفْ إِيْمَانِي وَارْفَعْ دَرَجَاتِي وَتَقَبَّلْ صَلَوَاتِي وَاغْفِرْ خَطِيئَتِي وَاسْتَلُكَ الدَّرَجَاتِ الْعُلْيَ فِي الْجَنَّةِ.

Latin: Allahumma inni as-aluka khairal mas-alati wa khair ad du’aa-i, wa khairan najah, wa khair al ‘amali, wa khairats tsawaabi, wa khairal hayaati, wa khairal mamaati, tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii, wa haffif iimaanii warfa’ darajaatii, wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii-ati, wa as-alukad darajaatil ‘ulyaa fil jannah.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu sebaik-baik permohonan, sebaik-baik doa, sebaik-baik keberhasilan, sebaik-baik amal perbuatan, sebaik-baik pahala, sebaik-baik kehidupan, dan sebaik-baik kematian.

Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkan keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah shalat-shalatku, dan ampunilah kesalahanku. Dan, aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi di dalam surga.”

Doa ini juga bisa bunda temukan di Buku Kitab Mustajab karya Ustadz H. Amrin Al-Kasyaf.

Doa Agar Si Anak Pandai Dalam Semua Mata Pelajaran

Sebagai orang tua pastinya menginginkan anaknya pandai dan mendapat nilai yang bagus di semua mata pelajaran. Nah, bunda dapat mendoakan anak dengan cara yang telah dicontohkan oleh Habib Ahmad bin Hasan Al-attas.

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ بِمَا شَرَحْتَ بِهِ صُدُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ بِمَا يَسَّرْتَ بِهِ اُمُوْرَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَاهْدِ قَلْبِيْ بِمَا هَدَيْتَ بِهِ قُلُوْبَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ وَسَدِّدْ لِسَانِيْ بِمَا سَدَّدْتَ بِهِ اَلْسِنَةَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم

Latin: Robbisyrohlii shodrii bimaa syarohta bihii shuduurosh shoolihiina min ‘ibaadika wa yassirlii amrii bimaa yassarta bihii umuurosh shoolihiina min ‘ibaadika wahdi qolbii bimaa hadaita bihii quluubash shoolihiina min ‘ibaadika wa saddid lisaanii bimaa saddadta bihii alsinatash shoolihiina min ‘ibaadika bihaqqi sayyidinaa muhammadin shollallaahu ‘alaihi wa sallam.”

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah melapangkan dada orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu, mudahkanlah urusanku dengan sesuatu yang mana dengannya Engkau telah memudahkan urusan orang-orang saleh dari kalangan hamba-hamba-Mu.

Doa Agar Anak Lebih Rajin dan Konsisten

Doa ini nampaknya sangat cocok agar si anak tidak malas belajar. Nah, jika bunda ingin anak semakin rajin dan tetap konsisten, baca doa ini ya.
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: Robbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh.”

Banyak sekali doa agar anak menjadi cerdas sholeh dan pintar yang bisa bunda hafalkan. Tidak hanya berdoa saja, akan tetapi bunda dapat mengajarkan amalan atau perbuatan baik lainnya agar si anak semakin dipermudah jalannya untuk segala hajat dan keinginannya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait