10 Daftar Bumbu yang Boleh untuk MPASI, Dijamin Enak dan Sehat

Ilustrasi MPASI Bayi (Foto: Design Mamikita.com)

Banyak orang tua yang bingung bagaimana cara membuat MPASI yang enak dan sehat untuk bayi, Pasalnya, ada bumbu yang boleh untuk MPASI dan ada juga yang tidak.

Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai siap untuk menerima makanan pendamping ASI (MPASI). MPASI berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin meningkat. Namun, penting untuk memilih bumbu yang aman dan menyehatkan untuk MPASI.

Bumbu Apa yang boleh untuk MPASI?

Berikut adalah beberapa bumbu yang aman dan menyehatkan untuk MPASI

1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih merupakan bumbu dapur yang umum digunakan dalam masakan Indonesia. Kedua jenis bawang ini tidak hanya memberikan rasa gurih dan sedap, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bawang merah dan bawang putih mengandung antioksidan, vitamin C, dan senyawa antibakteri yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

2. Jahe

Jahe
Ilustrasi Jahe (Foto: Pixabay)

Jahe dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki khasiat alami untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi mual. Jahe juga mengandung senyawa gingerol yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengatasi masalah pencernaan pada bayi.

3. Kunyit

Kunyit memiliki rasa yang khas dan aroma yang kuat. Selain memberikan rasa pada masakan, kunyit juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa antioksidan yang kuat yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Serai

Serai
Ilustrasi Serai (Foto: Pixabay)

Serai memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit manis. Serai sering digunakan dalam masakan Indonesia untuk memberikan rasa dan aroma pada masakan. Serai juga mengandung senyawa sitral yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

5. Kaldu

Kaldu
Ilustrasi Kaldu (Foto: Pixabay)

Kaldu ayam, kaldu sapi, atau kaldu sayuran dapat digunakan untuk menambah rasa pada MPASI. Kaldu mengandung mineral dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan bayi.

6. Daun Jeruk

Daun jeruk memiliki aroma yang segar dan rasa yang sedikit manis. Daun jeruk dapat digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada MPASI. Daun jeruk juga mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan bayi.

7. Daun Bawang dan Saledri

Daun Bawang
Ilustrasi Daun Bawang (Foto: Pixabay)

Daun bawang dan seledri adalah sayuran yang memiliki rasa dan aroma yang segar. Daun bawang dan seledri dapat menambahkan rasa pada sup, tumis, atau salad. Daun bawang dan seledri juga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, tulang, dan darah bayi

8. Ketumbar

Ketumbar
Ilustrasi Ketumbar (Foto: Pixabay)

Ketumbar adalah rempah-rempah yang memiliki rasa dan aroma yang khas. Ketumbar dapat menambahkan rasa pada sup, tumis, atau nasi goreng.

Ketumbar juga memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antispasmodik yang dapat membantu melancarkan pencernaan, mengurangi kembung, dan meredakan kram pada bayi

9. Bubuk Kari

Bubuk kari adalah campuran dari berbagai rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, jintan, lada, dan lainnya. Bubuk kari dapat menambahkan rasa pada sup, tumis, atau kari.

Bubuk kari juga memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker yang dapat membantu mencegah penyakit degeneratif, mengurangi peradangan, dan melawan sel kanker pada bayi

10. Kapulaga

Kapulaga
Ilustrasi Kapulaga (Foto: Pixabay)

Kapulaga adalah rempah-rempah yang memiliki rasa dan aroma yang manis dan wangi. Kapulaga dapat menambahkan rasa pada bubur, oatmeal, yogurt, atau teh.

Kapulaga juga memiliki kandungan antioksidan, antiseptik, dan antidepresan yang dapat membantu meningkatkan mood, menghilangkan bau mulut, dan mengatasi depresi pada bayi

Bolehkah Menambahkan Garam dan Gula untuk MPASI

Menurut dokter anak dan pakar gizi, bayi di bawah usia satu tahun tidak boleh diberi garam dan gula karena dapat membahayakan kesehatan ginjal dan gigi mereka. Selain itu, garam dan gula juga dapat mengganggu selera makan bayi dan membuat mereka sulit menerima rasa alami makanan.

Tips Menggunakan Bumbu untuk MPASI

Bumbu-bumbu diatas dapat membantu membuat MPASI lebih enak dan sehat untuk bayi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan bumbu untuk MPASI, yaitu:

  • Gunakan bumbu dalam jumlah kecil dan sesuaikan dengan usia bayi.
  • Hindari menggunakan bumbu yang terlalu pedas atau terlalu asin.
  • Masak bumbu dengan baik agar tidak mengandung bakteri yang berbahaya bagi bayi.
  • Perhatikan reaksi alergi pada bayi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung bumbu

Itulah beberapa contoh bumbu alami yang boleh dan disarankan untuk MPASI. Selain itu Memilih bumbu yang aman dan menyehatkan untuk MPASI sangat penting untuk memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup. Semoga bermanfaat

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait