7 Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki, Bisa Cek Tanpa Harus USG!

Sebagian orang tua, atau mungkin juga ayah dan bunda pasti sering penasaran dengan ciri-ciri hamil anak laki-laki maupun perempuan.

Nah untuk membuktikannya bisa dilakukan secara medis dengan USG. Namun faktanya, tidak mudah memprediksi jenis kelamin bayi tanpa tes USG atau ultrasonografi.

Hanya saja, sejumlah perubahan fisik maupun gejala tertentu yang dialami selama kehamilan diduga mampu memberikan petunjuk tentang jenis kelamin bayi.

Bunda mungkin sekarang sedang hamil, dan merasa mengandung bayi laki laki? Sebaiknya baca dulu pembahasan di bawah ini, mungkin saja salah satunya memang sedang bunda rasakan

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki

Sebelumnya, bunda harus tahu bahwa tidak ada ciri-ciri hamil anak laki-laki yang spesifik. Untuk lebih memastikannya, sebaiknya bunda melakukan tes USG supaya makin jelas.  Selain USG, ciri-ciri hamil anak laki-laki juga bisa ditandai dengan beberapa hal spesifik di bawah ini:

1. Mual di Pagi Hari yang Tak Terlalu Parah

Ada penelitian yang dilakukan oleh The Lancet menunjukkan hasil bahwa ibu hamil yang mual di pagi hari punya presentasi lebih tinggi mengandung bayi perempuan.

Sedangkan mereka para ibu hamil yang mual di pagi hari tidak terlalu parah, besar kemungkinan mengandung janin laki-laki.

2. Kondisi Kulit yang Lebih Berkilau

Pada umumnya, hormon kehamilan mempengaruhi setiap ibu hamil dengan cara berbeda-beda.

Hanya saja, banyak yang percaya jika ibu hamil dengan kondisi kulit lebih berkilau dan cerah biasanya sedang mengandung bayi laki-laki.

Selain itu, kondisi rambut yang lebih cepat panjang dan sehat juga menjadi pertanda hamil bayi laki-laki. Walaupun hal tersebut sebenarnya juga bisa disebabkan karena peningkatan peredaran darah dalam tubuh selama kehamilan.

3. Bentuk Perut Menonjol ke Bawah

Ciri ciri hamil anak laki laki yang sering dipercaya adalah bentuk perut menonjol ke bawah. Padahal, ini sebenarnya hanya mitos belaka lho bunda.

Pasalnya, setiap kehamilan nyatanya berbeda-beda. Termasuk bentuk perut ibu justru bergantung pada bentuk tubuh, posisi janin, hingga riwayat kehamilan sebelumnya.

Ditambah lagi, tidak ada bukti ilmiah yang berhasil membuktikan jika bentuk perut berkaitan dengan jenis kelamin bayi.

4. Keinginan Makan Asin

Ciri-ciri Hamil Anak Laki-Laki

Kalau yang satu ini, berkaitan dengan kebiasaan ibu hamil yang ingin mengidam. Kebiasaan mengidam selama hamil memang wajar terjadi.

Ibu hamil mengidam makanan manis biasanya dianggap sedang hamil anak perempuan. Lain halnya jika si ibu ingin makan makanan asin, umumnya dipercaya mengandung anak laki-laki.

Hal tersebut bisa dikatakan masih mitos, karena sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah yang berhasil membuktikan kebenarannya.

5. Salah Satu Payudara Lebih Besar

Banyak juga kepercayaan masyarakat yang menganggap jika payudara sebelah kanan ibu hamil cenderung lebih besar, artinya sedang mengandung bayi laki-laki.

Hanya saja, ini juga masih mitos bunda, karena hanya perubahan hormon yang membuat perubahan ukuran payudara, bukan jenis kelamin janin dalam kandungan.

6. Detak Jantung Lebih Lambat

Ibu hamil dengan denyut jantung per menit di bawah 140, diduga sedang mengandung bayi laki-laki. Sebaliknya, jika lebih tinggi dari 140 artinya sedang hamil bayi perempuan.

Namun faktanya, berdasarkan penelitian dari Fetal Diagnosis and Therapy membuktikan jika tidak ada perbedaan detak jantung ibu hamil bayi perempuan maupun laki-laki.

7. Kaki Dingin Setiap Hari

Sebagian orang percaya jika kaki dingin yang dialami oleh ibu hamil menunjukkan jika sedang mengandung bayi laki-laki.

Padahal, itu hanya mitos saja, karena kaki dingin saat hamil sebetulnya disebabkan karena aliran darah yang kurang lancar.

Jika bunda merasa kaki dingin disertai dengan gejala lain seperti kulit pucat, lemas dan sesak, jangan dulu beranggapan sedang hamil bayi laki-laki.

Lebih baik langsung konsultasi ke dokter karena bisa jadi bunda berada dalam kondisi membahayakan.

Itu dia ciri ciri hamil anak laki laki yang banyak dipercaya di masyarakat. Sayangnya, sebagian besar belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Jadi, supaya lebih akurat, ada baiknya bunda periksa USG untuk memastikan jenis kelamin janin.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait