Ciri-ciri Anak Cerdas Usia 1-2 Tahun, yang Jarang di Ketahui Orang Tua

Ilustrasi gambar anak Foto: Pexels

Sebagai orang tua mungkin bunda masih tidak tahu apa saja ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun, maka dari itu artikel ini akan membantu bunda dan pasangan. Yuk bunda simak sampai selesai.

Selain perkembangan fisik yang penting untuk buah hati bunda, perkembangan otak atau kecerdasan tidak kalah penting bunda. Terlebih lagi buah hati bunda baru menginjak usia 1-2 tahun. Jadi bunda sebagai orang tua wajib tahu apa saja ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun.

Ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun umumnya akan sering bunda temui tanda-tandanya dalam keseharian sang buah hati sejak dini. Mungkin, secara keseluruhan buah hati bunda akan memiliki kemampuan belajar lebih cepat dari pada anak seusianya.

Yuk bunda simak apa saja ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun yang sangat wajib bunda dan pasangan ketahui:

Ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun

Ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun banyak belum diketahui oleh para orang tua. Padahal hal ini sangat penting bagi perkembangan sang anak, apa lagi dalam masa-masa pertumbuhan 1-2 tahun umur sang buah hati bunda.

1. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik

Ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun  yang pertama adalah sang buah hati biasanya memiliki keterampilan komunikasi yang baik bunda. Anak yang cerdas biasanya bisa menyampaikan perasaannya dengan mengkomunikasikan hal itu dengan baik.

Terdapat banyak cara bunda dalam hal ini, bisa dengan mulai berbicara pada usia 12 bulan, dan kemudian pada usia 18 sudah mampu mengucapkan satu dua buah kata.

2. Peka terhadap sekitar

Kemudian ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun yang jarang bunda dan orang ketahui yaitu sang buah hati peka. Arti peka dalam hal ini yaitu buah hati bunda peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Buah hati bunda yang sensitif atau peka biasanya sangat tahu apa saja yang berubah dari lingkungan di sekitarnya. Ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun ini mungkin membuat sang buah hati bertanya kenapa dengan perubahan lingkungan yang sedang terjadi kepadanya.

3. Tidak mudah menyerah

Anak bunda yang cerdas sejak usia dini biasa tidak mudah menyerah ketika menghadapi sebuah kendala. Sang anak tidak akan menyerah dan akan terus berusaha mencari ide dan solusi untuk memecahkan masalah yang dia hadapi.

Sebagai orang tua bunda wajib tahu ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun yang satu ini, sehingga bunda dan pasangan bisa melakukan tindakan yang tepat dan sesuai untuk sang buah hati tercinta.

4. Mempunyai ingatan yang tajam

Ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun yang berikutnya yaitu sang buah hati mempunyai ingatan yang tajam. Sang buah hati bunda yang memiliki ingatan yang tajam biasanya mengingat tempat yang pernah dia kunjungi, orang yang pernah dia temui dan sebagainya.

Mungkin anak-anak cenderung tidak memperhatikan hal yang dia temui, namun ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun akan selalu mengingat hal yang selalu dia temui atau lakukan bersama orang tua atau pun keluarga.

5. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Sang buah hati bunda dengan ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Anak yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang tinggi, akan selalu bertanya apapun hal yang baru dia temui di sekitarnya.

Dia akan mengajukan banyak pertanyaan dengan bunda atau pasangan ketika melihat hal baru, dan bunda wajib menjawab semua pertanyaan tersebut dengan sabar ya.

Tidak hanya itu, sang buah hati akan suka membongkar bahkan merusak barang sebab rasa penasarannya yang tinggi akan apa yang terdapat di dalam barang tersebut.

6. Fokus

Kemudian terdapat ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun yang keenam merupakan yaitu sang anak lebih fokus. Anak yang cerdas akan cenderung fokus pada hal tertentu, apa lagi hal tersebut merupakan hal yang dia sukai.

7. Imajinasi tinggi

Imajinasi yang tinggi juga dimiliki olah buah hati bunda yang cerdas. Ciri-ciri membuat anak bunda lebih sering  mengarang cerita dan tidak jarang juga bermain dengan teman khayalan.  Hal ini terkadang membuat para orang tua khawatir, tapi ada kala baiknya bunda jangan mengekang imajinasi sang buah hati.

8. Keras kepala

Untuk ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun yang terakhir adalah memiliki keras kepala. Anak yang memiliki sifat keras kepala akan membuat orang di sekitarnya pusing, dia akan mencoba bernegosiasi dengan orang tua atau pengasuhnya untuk mendapatkan apa yang dia mau.

Nah, itu tadi bunda ciri-ciri anak cerdas usia 1-2 tahun yang jarang banyak orang tua tahu. Dengan adanya artikel ini semoga bunda tahu bagaimana menanggapi sang buah hati yang memiliki ciri-ciri anak yang cerdas.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait