5 Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel Secara Alami dengan Bahan-Bahan di Rumah

Ilustrasi Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel Secara Alami (Foto: Mamikita.com)

Tahukah kamu ternyata ada loh cara menghilangkan flek hitam membandel secara alami dengan bahan-bahan dirumah, Penasaran? simak penjelasan berikut ini yuk!

Flek hitam merupakan bercak gelap yang muncul di wajah akibat produksi melanin berlebihan. Flek hitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, bekas jerawat, peradangan kulit, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Meski tidak berbahaya, flek hitam bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Untuk menghilangkan flek hitam, Kamu bisa mencoba beberapa cara alami yang bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam secara alami yang bisa kamu coba:

1. Lemon

Lemon
Lemon (Foto: Canva)

Lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat yang bisa mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam. Cara menggunakannya dengan memeras air lemon dan mencampurnya dengan sedikit air.

Kemudian, oleskan ke area kulit yang berflek hitam dengan kapas. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari sampai flek hitam memudar. Namun, hindari paparan sinar matahari setelah menggunakan lemon, karena bisa menyebabkan iritasi atau kulit terbakar.

2. Madu

Madu
Madu (Foto:Canva)

Madu memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam, terutama yang disebabkan oleh bekas jerawat.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan madu tipis-tipis ke area kulit yang berflek hitam. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa menambahkan garam atau gula ke madu untuk membuat scrub yang bisa mengangkat sel kulit mati

3. Lidah buaya

Lidah buaya
Lidah buaya (Foto:Canva)

Lidah buaya mengandung aloin dan asam salisilat yang bisa menghilangkan flek hitam secara alami. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung dari tanamannya ke area kulit yang berflek hitam sebelum tidur. Bilas dengan air bersih keesokan paginya. Lakukan cara ini setiap hari sampai flek hitam hilang

4. Kunyit

Kunyit
Kunyit (Foto:Canva)

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi produksi melanin dan mencegah flek hitam.

Cara menggunakannya adalah dengan membuat pasta kunyit dengan mencampurkan kunyit bubuk dengan susu dan air jeruk. Oleskan pasta kunyit ke area kulit yang berflek hitam. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai flek hitam menghilang

5. Daun jambu biji

Daun jambu biji
Daun jambu biji (Foto:Canva)

Daun jambu biji kaya akan vitamin C, likopen, dan antioksidan yang bisa membantu mengatasi jerawat dan flek hitam.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji dalam air sampai mendidih. Saring air rebusan daun jambu biji dan biarkan dingin. Gunakan air rebusan daun jambu biji sebagai toner wajah setelah mencuci muka. Lakukan cara ini setiap hari sampai flek hitam memudar

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam membandel secara alami dengan bahan-bahan dirumah.

Selain itu, Kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit dengan membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Jika flek hitam tidak kunjung hilang atau malah bertambah parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait