Penting! Ini 6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Bunda Harus Catat!

Bingung bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Bunda tidak perlu pusing, ada banyak solusi untuk mengatasinya kok.

Setelah melahirkan, tubuh wanita memang cenderung tidak bisa langsung kembali ke bentuk semula, khususnya bagian perut.

Namun, bukan tidak ada cara sama sekali untuk mengembalikannya ke bentuk semula. Cara-cara di bawah ini bisa bunda coba sebagai referensi

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Pada umumnya, setelah melahirkan bunda akan kehilangan berat badan sekitar 5 kg. Namun, untuk bagian perut tidak bisa langsung mengecil, bunda bisa lakukan hal berikut ini untuk membantu mempercepat prosesnya:

1. Menyusui-Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Paling Mudah

Menyusui ternyata mampu membakar 300 kalori per hari lho, bunda. Selain itu, menyusui juga mampu memicu kontraksi, sehingga dipercaya mampu mengecilkan rahim.

Dengan begitu, proses penurunan berat badan bisa lebih cepat. Bonusnya, bunda bisa lebih dekat dengan si kecil.

2. Rajin Olahraga

Aktivitas olahraga memang menjadi pilihan terbaik bagi siapa saja yang menurunkan berat badan. Termasuk mengecilkan perut setelah bunda melahirkan. Hal ini karena olahraga dapat mengencangkan dinding perut sekaligus membakar kalori.

Olahraga ringan yang bisa bunda lakukan setelah melahirkan yaitu senam aerobik, peregangan, berenang, senam kegel, atau yoga.

Sementara untuk durasi maupun jenis olahraga yang sesuai ada baiknya bunda diskusikan dulu dengan dokter supaya lebih aman.

3. Menjaga Asupan Makanan-Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Paling Aman

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Ada lagi cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang cukup ampuh tentu saja yaitu menjaga asupan makanan. Setelah melahirkan, umumnya bunda membutuhkan sekitar 1.800-2.000 kalori per hari.

Semua itu bisa diperoleh dari lemak tak jenuh, biji-bijian, sayuran, karbohidrat, protein, dan makanan serat tinggi.

Untuk porsi ada baiknya sedikit lebih kecil, namun bunda bisa makan lebih sering. Selain itu, hindari makanan cepat saji dan diet ekstrim.

Biasanya banyak para bunda yang tidak sabar untuk menurunkan berat badan lalu melakukan diet ekstrim.

Bunda harus tahu, diet ekstrim seperti ini justru akan berpengaruh pada menurunnya produksi ASI. Si kecil juga tidak bisa menerima asupan nutrisi dari bunda secara maksimal.

4. Gendong Si Kecil-Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Sekaligus Bonding

Selain menyusui, bunda bisa membangun kedekatan emosional dengan menggendong si kecil. Cara ini juga sekaligus mampu menurunkan berat badan bunda lebih cepat.

Pasalnya, menggendong si kecil ternyata sama dengan membawa beban seberat 3,6 hingga 5,4 kg. Selain itu, menggendong bayi juga dapat meningkatkan bonding bunda dan si kecil.

Untuk hasil lebih maksimal, bunda bisa mengimbangi dengan gerakan squat. Sehingga, tubuh bagian bawah bisa terbentuk dan membantu peningkatan metabolisme tubuh.

5. Banyak Minum Air Putih

Penting! Ini 6 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Bunda Harus Catat!

Sama seperti layaknya orang diet pada umumnya, jika bunda ingin segera mengembalikan bobot tubuh lebih cepat, banyak minum air putih bisa menjadi solusi.

Usahakan untuk minum segelas air sebelum makan. Hal ini dapat mencegah bunda makan secara berlebihan. Selain itu, minum air putih 8 gelas setiap hari pun sangat dianjurkan pada bunda pasca melahirkan.

Bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan cairan, minum air putih yang cukup juga membantu bunda merasa kenyang lebih lama.

6. Latihan Postur Tubuh

Selain olahraga, bunda pun bisa mencoba latihan postur tubuh. Latihan postur tubuh sangat mudah dilakukan, bahkan oleh bunda yang memang baru selesai persalinan.

Bunda hanya perlu duduk tegak lalu tarik nafas dalam-dalam. Lakukan beberapa kali dengan teratur dan perut bunda akan perlahan mengecil ke ukuran normal.

Bagaimana bun, cara mengecilkan perut setelah melahirkan tidak terlalu menyulitkan bukan? Yang jelas, bunda tidak perlu melakukan diet ekstrim yang membahayakan. KCara-cara di atas sudah terbukti efektif dan aman.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait