Berikut 6 Cara Melatih Anak Lepas Dari Empeng, Bukan Hal Mudah Tapi Perlu dicoba!

Dibuat tensin karena anak tak mau lepas dari empeng? Tenang, dibawah ini ada cara melatih anak lepas dari empeng yang akan Mamikita.com share ke bunda.

Sebenarnya, memberikan empeng kepada si kecil bukan hal buruk lho bun. Hal ini justru dapat melatih otot mulut dan kekuatan bayi serta sebagai penenang dikala ia rewel.

Sayangnya, karena sudah terbiasa menggunakan dalam jangka panjang anak justru ketergantungan hingga tak bisa lepas dari empeng.

Dan bukan hanya ketergantungan, anak bisa mengalami berbagai masalah kesehatan seperti infeksi telinga dan masalah pertumbuhan gigi.  Lalu bagaimana cara melatih anak lepas dari empeng?

Cara Melatih Anak Lepas Dari Empeng

cara melatih anak lepas dari empeng

Umunya, anak akan berhenti ngempeng saat usia mereka mengijak 2 sampai 4 tahun. Namun, jika lebih dari usia tersebut, maka bunda bisa melakukan tips dibawah ini:

1. Buat Anak Tidak Menyukai Empeng

Membiasakan anak berhenti ngempeng bisa dimulai dengan membuat anak tidak menyukai empeng yang sering digunakan.

Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan bawang putih atau perasan brotowali pada ujung empeng.

Karena rasanya yang aneh, lambat laun anak akan bosan ngempeng dengan sendirinya. Asal jangan beri olesan cabai ya bun.

2. Jauhkan Empeng Dari Anak

Meski sulit, sebisa mungkin jauhkan jangkauan empeng dari si kecil. Taruh di tempat tersembunyi atau tinggi yang tidak bisa dijangkau anak.

Jangan mudah luluh dengan rengekan anak saat ia minta empeng. Jika bunda mudah luluh, proses menyapih anak jadi akan semakin lama. Pokoknya intinya hanya sabar ya bun.

3. Beri Batasan Waktu

Menyapih anak dari empeng bukan berarti ia tidak boleh melakukan hal itu sama sekali. Bunda harus melakukan secara perlahan agar anak terbiasa dan tidak sering tantrum.

Dan cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberi batasan waktu menggunakan empeng.  Bunda bisa atur waktu setiap dua jam sekali, saat sebelum tidur atau saat sedang di luar rumah.

Jika hal ini secara continue bunda lakukan lambat laun anak benar-benar akan lepas dari kecanduan empeng.

4. Timang-Timang Anak Ketimbanng Memberikan Empeng

cara melatih anak lepas dari empeng

Empeng adalah solusi efektif membuat anak lebih tenang khususnya saat ia ingin tidur. Namun, cara ini bisa menimbulkan ketergantungan hingga bunda bingung sendiri untuk ,menyapihnya.

Oleh karena itu, ketimbang ngempeng sebaiknya timang-timang anak saat ia ingin tidur. Karena selain meningkatkan bounding, timang-timang juga akan membuat anak jauh lebih tenang.

5. Sabar Tapi Konsisten

Menjauhkan kebiasaan anak untuk tidak ngempeng memang bukan hal mudah. Bunda harus belajar sabar dan lakukan dengan tahap-tahap yang benar.

Memang akan memakan waktu, akan tetapi jika bunda melakukannya secara konsisten tentu akan semakin cepat dalam menangani masalah ini.

6. Berikan Apresiasinama

Anak lebih mudah menurut jika bunda berikan apresiasi dalam setiap pencapaiannya. Berikan pujian atau tepuk tangan sebagai bentuk mengapresiasi anak karena sudah tidak ngempeng lagi.

Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi cara ini sangat efektif untuk bunda lakukan.

Bagaimana bun, sudah menemukan cara melatih anak lepas dari empeng lewat tips diatas? Atau masih bingung karena kalah ego dengan si kecil? Sebelum terlambat, sebaiknya mulai dari sekarang ya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait