8 Tips Efektif Ajarkan Belajar Membaca Anak TK

Ilustrasi Anak Belajar Membaca Foto : Shutterstock

Ketika anak sudah memasuki usia taman kanak-kanak (TK), si kecil perlu dilatih untuk membaca agar bisa menerima pelajaran dengan baik. Mengajarkan belajar membaca anak TK merupakan salah satu hal yang perlu Mams lakukan.

Hal ini untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Keterampilan ini sangat penting untuk dikuasai anak karena akan berpengaruh pada proses belajarnya. Membaca merupakan kemampuan sifatnya bukan alamiah pada anak sehingga mereka harus diajari oleh orang yang lebih dewasa agar memiliki kapabilitas untuk melakukannya.

Cara Mengajari Anak belajar Membaca

Belajar membaca anak TK pasti akan didapatkan di sekolah. Namun si kecil juga harus belajar membaca di rumah di bawah bimbingan orang tua supaya ia bisa cepat menguasainya. Nah berikut beberapa tips efektif yang bisa mams terapkan saat mengajar anak membaca dirumah :

1. Lebih Mendekatkan Anak pada Buku

Menekatkan anak dengan buku meruapakan salah satu cara yang efektif, misalnya buku belajar membaca anak TK, membacakan buku cerita, dan meletakkan buku pada tempat yang terjangkau oleh anak-anak. Hal ini akan membuatnya tertarik untuk membaca.

2. Tanamkan Motivasi Belajar Membaca Anak TK

Salah satu cara belajar membaca anak TK yang penting untuk dilakukan adalah menanamkan motivasi untuk membaca. Tidak sedikit, Bahwa anak yang malas belajar membaca karena merasa membaca bukan hal yang menarik.

Nah, di sini lah selain guru peran orang tua sangat dibutuhkan. Mamas bisa memotivasi si kecil dengan membaca buku di depannya sebagai contoh. Selain itu, Mams juga bis, menjelaskan manfaat membaca pada anak untuk memotivasi mereka untuk membaca.

3. Mengenalkan Huruf Alfabet pada Anak

Huruf Alfabet
Ilustrasi Huruf Alfabet Foto : Shopee

Agar latihan membaca anak TK tidak terkesan membosankan. Pastikan Mams mengenalkan huruf vokal maupun konsonan dengan cara yang menyenangkan, entah melalui kartu huruf, poster abjad, atau buku bergambar dengan berbagai karakter menggemaskan.

Selain membaca, mintalah si kecil untuk menuliskan huruf-huruf tersebut supaya ia bisa lebih cepat menghafalkannya.

4. Mengajarkan Membaca Suku Kata

Jika si kecil sudah mengenal huruf secara keseluruhan, tahapan cara mengajar anak TK membaca selanjutnya adalah dengan menghafal suku kata. Ajarkan anak suku kata dari konsonan B hingga Z dan vokal a, i, u, e, o. Misalnya, seperti ba, bi, bu, ta, ti, tu, dan lain-lain. Walaupun masih dalam tahapan menghafal, namun setidaknya si kecil sudah mengalami perkembangan yang cukup baik yang akan memudahkannya saat membaca
kata secara utuh.

5. Mengajarkan Membaca Huruf Konsonan Mati

Ketika si kecil sudah lancar membaca variasi suku kata, maka cara mengajar anak TK membaca setelahnya adalah dengan memperkenalkan huruf konsonan mati. Beberapa jenis huruf konsonan yang biasa mams gunakan dalam kata misalnya adalah “ng” dan “ny”. Mungkin awalnya si kecil akan mengalami kesulitan. Namun jika dilatih terus menerus, kemampuannya akan terus berkembang

6. Mengajarkan Membaca Kata Utuh

Jika si kecil sudah mengenal huruf dan membaca suku kata, inilah saatnya mengajarkan membaca kata utuh. Mengeja merupakan cara alami yang dilakukan anak agar ia bisa membaca kata dengan benar. Setelah si kecil bisa membaca kata dengan lancar, selanjutnya ajarkan dia untuk membaca kalimat yang tidak terlalu panjang.

7. Bermain Game Baca Tulis

Bermain Game Baca
Ilustrasi Bermain Game Baca Foto : Shutterstock

Belajar membaca anak TK mungkin akan membosankan dan jenuh. Agar si kecil tidak cepat bosan, Mams perlu menyiasati hal ini dengan memberikan si Kecil selingan permainan. Gunakanlah alat bantu seperti puzzle atau flash card huruf yang disusun berderet hingga membentuk kata

8. Jangan Memaksa

Melatih belajar membaca anak TK memang memerlukan kesabaran dan ketekunan ya mams, Untuk itu jangan terlalu memaksa saat anak sudah merasa kesulitan dan terlihat lelah, karena hal itu hanya akan membuat anak enggan untuk belajar.

Kapan Usia Anak Belajar Membaca?

Secara umum sebaiknya, anak-anak mulai diajarkan membaca ketika di usia 3-5 tahun. Mams dapat mengajarkan anak pertama kali melalui gambar. Saat memasuki usia 4-6 tahun, anak-anak sudah bisa diharapkan untuk membaca dan tidak lagi sekedar mengenalinya. Anak sudah bisa mengenal suku kata, sehingga lebih mudah untuk mengajarkan mereka membaca satu atau dua kata.

Meskipun begitu, tahapan ini bukanlah patokan besar karena tiap anak akan memiliki perkembangan yang berbeda-beda ya mams.

Manfaat Belajar Membaca untuk Anak TK

belajar membaca
Ilustrasi Anak Belajar Membaca Foto : Shutterstock

Membaca merupakan salah satu tahap tumbuh kembang yang akan dilalui oleh anak. Bukan hanya untuk proses kehidupan yang akan dijalani oleh anak, membaca menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak membangun imajinasinya. Berikut ini manfaat belajar membaca anak TK yang penting bagi tumbuh kembang si Kecil :

1. Mengembangkan Kreativitas

Mengajarkan belajar membaca anak TK ternyata bisa mengembangkan kreativitas si Kecil sejak dini loh Mams. Sebagaimana yang Mams ketahui, bahwa anak-anak memiliki inspirasi dan imajinasi yang kuat.

2. Memahami Konteks dengan Baik

Mengenalkan aktivitas belajar membaca anak TK juga bisa melatih si kecil untuk memahami konteks baik dari lisan maupun tulisan. Pemahaman konteks ini secara tidak langsung akan membuat anak menganalisa sebuah situasi di dalam kehidupan sehari-harinya.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat belajar membaca anak TK yang tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan konsentrasi si Kecil. Dalam masa tumbuh kembang, tingkat konsentrasi yang tinggi dan baik sangat dibutuhkan oleh anak. Dengan rajin membaca, perkembangan otak si Kecil akan terus meningkat dan konsentrasinya semakin baik.

Nah, Demikian tips dan cara efektif mengajar belajar membaca anak TK yang bisa mams terapkan dirumah, semoga bermanfaat ya mams,

 

Referensi : 

  • https://www.zenius.net/blog/7-cara-cepat-belajar-membaca-anak-tk
  • https://www.ibudanbalita.com/artikel/cara-belajar-membaca-untuk-anak-tk-yang-menyenangkan

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait