Cara Efektif Agar Janin Bergerak Aktif Dalam Kandungan

Ilustrasi Janin dalam Kandungan Foto : Shutter Stock

Kehamilan adalah momen indah yang dinantikan oleh setiap orang tua di dunia ini, tak heran jika gerakan bayi di dalam kandungan juga menjadi hal yang bisa membuat Mami bahagia.

Pada umumnya saat mami hamil akan mulai merasakan gerakan janin saat memasuki kehamilan 16 hingga 24 minggu. Gerakan janin ini pada awalnya akan terasa sangat lembut dan membuat mami merasa geli.

Tapi lama kelamaan, gerakannya mulai tampak aktif hingga membuat bentuk perut mami tidak simetris lagi. Namun mami tidak perlu khawatir ya, karena kondisi seperti ini sangat wajar terjadi dan justru menjadi hal yang mengesankan bagi mami dan papi.

Cara Ampuh Agar Janin Bergerak Aktif di Dalam Kandungan

Banyak cara ampuh untuk merangsang agar janin bergerak aktif dalam kandungan, tentu mami dan papi bisa saling membantu membuat janin lebih aktif melalui berbagai kebiasaan ini dalam keseharian

1. Konsumsi Makanan Pedas

Makan makanan pedas dapat digunakan sebagai cara agar janin bergerak aktif. Tentu saja tidak serta merta mami bebas mengonsumsi makanan jenis ini ya, sebab tentu ada takaran amannya.

Misalnya sekali dalam sehari makan pedas disertai dengan makanan bergizi lainnya. Meski hal ini cukup terbukti sebagai rangsangan agar janin bergerak, namun hal ini tidak boleh terlalu sering dilakukan karena dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan pencernaan lainnya.

2. Mulai Ajak Mengobrol

Cara sederhana yang bisa mami dan papi lakukan ialah dengan mengajak janin mengobrol, meskipun masih di dalam perut kemampuan mendengarnya sudah mulai berkembang sejak usia 4 -22 minggu.

Stimulasi suara orang di sekitar bisa berdampak baik bagi pergerakan janin, rasakan perbedaanya saat mami mengajak bercerita mengenai keseharian, hal ini juga bisa meningkatkan batin antara mami dan janin,

3. Stimulasi Cahaya

Pada trisemester kedua, tepatnya minggu ke 22 kehamilan mami janin diketahu sudah bisa membedakan antara terang dan gelap, dalam kondisi ini mami bisa mencoba merangsang gerakan janin dengan memainkan lampu senter pada perut.

Mami bisa merasakan gerakan yang di hasilkan, biasanya janin akan merespon sorotan lampu senter dengan sentuhan lembut, gerakan, bahkan tendangan ajaibnya.

4. Konsumsi Makanan dan Camilan Bergizi

Perlu mami tahu, janin rupanya bisa memberikan respon saat terjadi peningkatan kadar gula dalam tubuh mams, maka dari itu agar janin bergerak aktif, mami bisa makan camilan sehat seperti keju, biskuit, roti selai, yogurt, buah-buahan, jus, atau kacang-kacangan.

Cara ini sangat efektif bila mami ingin mengetahui kondisi janin setiap harinya atau saat mami ingin menghitung tendangannya. Lonjakan gula darah yang diterima janin akan membuatnya bergerak riang gembira di dalam kandungan.

5. Berikan Sentuhan Lembut Pada Perut

cara selanjutnya agar bayi bergerak dalam perut, mami bisa lakukan cara mudah dan sederhana seperti mengelus perut hingga mencolek perut mami agak dalam. Janin yang tumbuh dengan baik akan merespon colekan mami dengan beberapa gerakan atau tendangan kecil darinya.

Cara ini merupakan cara asyik agar janin bergerak aktif sekaligus momen bercanda dengan si kecil. Lakukan sesekali saat mami khawatir mengapa si kecil tiba-tiba diam saja di dalam kandungan.

6. Memutar Musik atau Murotal Al-Quran

Cara ini merupakan cara yang terbilang sangat efektif agar janin bergerak aktif. mami bisa menyetel musik, atau jika mami beragama islam bisa memutar murotal  Al-Qur’an di dekat perut mami dengan memanfaatkan headphones atau speaker di rumah. Selain itu, mami bisa juga bernyanyi agar janin bergerak aktif dan ikut merespon apa yang mami sedang lakukan.

Mendengarkan Musik Saat Hamil
Ilustrasi Mendengarkan Musik Saat Hamil Foto : Sthutter Stock

Pastikan juga stimulasi suara yang mami berikan tidak terlalu keras sehingga tidak menggangu perkembangan bayi dalam kandungan

7. Kafein

Cara ampuh agar janin bergerak aktif dalah dengan Kafein, tetapi dalam jumlah yang tidak berlebihan dikutip dari American College of Obsetricans and Gynecologists merekomendsikan agar ibu hamil dapat mengkonsumsi kafein namun tidak lebih dari 200 miligram (mg) kafein perhari

8. Berbaring

Faktanya berbaring termasuk cara ampuh agar janin bergerak dalam kandungan, saat mami aktif bergerak seperti berjalan, berolahraga, atau melakukan aktifitas apapun janin dalam kandungan cenderung diam saja dan menikmati waktu tidurnya. Berbeda halnya ketika mami beristirahat dan berbaring, sering ditemukan bahwa janin justru bergerak lebih aktif.

Nah, Demikian penjelasan dan cara agar janin bergerak aktif dalam kandungan, mami bisa mencoba beberapa cara di atas ya, selain itu mami juga harus sering-sering untuk memeriksakan kandunagnya agar mami lebih tahu perkembangan si bayi di dalam kandungan

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait