5 Cara Cepat Hamil di Usia 40 Tahun, Segera Terapkan Sebelum Terlambat

Ilustrasi Konsultasi Ke Dokter (Foto: Canva)

Banyak wanita yang berharap bisa hamil dan memiliki anak meskipun usia mereka sudah tidak muda lagi yaitu sekitar 40 tahunan, Apakah itu bisa? Bagaimana cara cepat hamil di usia 40 tahun? simak penjelasan berikut ini

Secara umum, peluang hamil pada wanita akan menurun seiring bertambahnya usia. Pada usia 40 tahun, peluang hamil secara alami adalah sekitar 40-50% dalam satu tahun. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk hamil di usia ini.

Ada beberapa tips sehat hamil di usia 40 tahun yang sudah terbukti oleh banyak wanita di luar dan dalam negeri

Cara Cepat Hamil di Usia 40 Tahun

Berikut adalah beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk meningkatkan peluang hamil di usia 40 tahun

1. Periksa ke Dokter Kandungan

Periksa ke Dokter Kandungan
Periksa ke Dokter Kandungan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah periksa ke dokter kandungan, secara lengkap dan rutin. pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah bunda benar-benar siap secara fisik dan mental untuk menjalani kehamilan di usia yang sudah cukup tua.

Tubuh setiap wanita berbeda, jadi tidak semua wanita bisa hamil di usia 40an. Jika bunda dinyatakan sehat dan bisa hamil di usia 40 tahun, Dokter akan memantau kondisi Bunda mulai dari rahim, pola makan, kualitas sel telur, dan banyak hal lainnya. Semakin sering Bunda periksa, semakin baik dan semakin rendah risiko buruk saat hamil.

2. Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat
Pola Makan Sehat

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesehatan wanita di atas 40 tahun akan berbeda dengan wanita berusia 20an. Wanita muda masih memiliki tubuh yang bugar dan bisa memberikan nutrisi yang optimal ke janin.

Sayangnya tidak demikian dengan wanita usia 40 tahun. Selain tubuh membutuhkan nutrisi seperti serat, vitamin, zat besi, dan gula, bayi di dalam kandungan juga membutuhkan hal yang sama.

Oleh karena itu, tips selanjutnya adalah pola makan sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh, bukan sesuai dengan selera Bunda.

Ingatlah bahwa hamil di usia 40 tahun sangat berisiko. Hindari makanan yang mengandung kafein, karsinogenik seperti makanan yang dibakar, dan juga minuman manis seperti teh susu, kopi susu, dan lain-lain.

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter kandungan dan ahli gizi, menu makanan apa yang bisa Bunda konsumsi saat hamil di usia 40 tahun. Tentu saja dengan kondisi tubuh yang berbeda, kebutuhan makanan dan gizi Bunda juga akan berbeda.

3. Olahraga Teratur dan Konsisten

Olahraga Teratur dan Konsisten
Olahraga Teratur dan Konsisten

Olahraga sangat penting untuk ibu hamil, dengan jenis yang berbeda olahraga bisa dilakukan baik di rumah maupun di tempat khusus olahraga atau senam hamil di bawah bimbingan ahli.

Hal ini sering dilakukan oleh wanita hamil berusia 20an, namun olahraga teratur dan konsisten juga dibutuhkan oleh yang sedang hamil di usia 40 tahun. Kebugaran tubuh wanita di usia 40an pasti berbeda.

Risiko hamil di usia 40 Tubuh akan mudah lelah, punggung akan semakin sakit dan berat seiring hamil si kecil. Dan yang sering terjadi adalah kaki yang bengkak atau bahkan lutut yang terasa nyeri karena menahan beban berat di usia tua.

Alasan ini membuat ibu hamil berusia 40 tahun wajib olahraga dan konsisten mulai dari awal kehamilan, hingga menjelang persalinan jika masih mampu.

Olahraga bahkan bisa memudahkan persalinan jika bisa lahir secara normal. Namun olahraga harus disertai dengan pengawasan dokter dan juga ahli dalam olahraga ibu hamil yang bersertifikat. Agar olahraga tidak menyebabkan cedera .

4. Istirahat Cukup

Istirahat Cukup
Istirahat Cukup

Istirahat sering diabaikan oleh ibu hamil. Padahal ada banyak alasan yang membuat ibu hamil sulit tidur. Mulai dari hormon, kesulitan bernapas karena sesak, berat badan yang bertambah, kecemasan, dan sulit mengantuk di malam hari, terlalu lapar atau kenyang.

Bahkan ada yang tidak bisa istirahat malam dengan cukup karena sering buang air kecil setiap 1 jam. Alasan ini memang sering mengganggu ibu hamil untuk istirahat, terutama malam hari saat tubuh membutuhkan istirahat yang maksimal.

Bagi ibu hamil berusia tua, istirahat cukup menjadi tips yang sangat penting. Karena tubuh Bunda membutuhkan energi dan stamina yang lebih banyak untuk mengandung dan melahirkan bayi.

Istirahat yang cukup juga bisa mengurangi stres dan depresi yang sering dialami oleh ibu hamil. Jadi, usahakan untuk tidur minimal 8 jam sehari, dan tidur siang jika perlu.

5. Hindari Stres

Hindari Stres
Hindari Stres

Stres merupakan musuh utama bagi ibu hamil, apalagi yang berusia 40 tahun. Stres bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan jantung, dan bahkan keguguran.

Stres juga bisa mempengaruhi perkembangan janin, seperti berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, atau cacat bawaan. Stres juga bisa mengganggu ikatan antara ibu dan bayi.

Oleh karena itu, tips terakhir adalah hindari stres sebisa mungkin. Carilah cara untuk rileks dan bahagia, seperti meditasi, yoga, hobi, atau berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Itulah cara cepat hamil di usia 40 tahun yang bisa Bunda coba! Dengan mengikuti cara hamil sehat di usia 40 tahunan, Bunda juga bisa mengurangi resiko buruk saat hamil. Walaupun begitu ada baiknya untuk menghindari kehamilan diusia 40an jika tidak karena kondisi tertentu, atau keputusan tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait