Tidak Harus Ke Dokter, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Atasi Batuk Saat Hamil

Batuk saat hamil memang terdengar sepele ya moms. Namun untuk bumil baru, masalah ini justru membuat overthinking bahkan sampai paranoid. Apalagi, banyak mitos yang mengartikan batuk saat hamil akan membuat janin bermasalah bahkan sampai keguguran. Wah, benarkah demikian?

Sebernarnya, batuk saat moms sedang hamil itu wajar kok. Namun, kondisi ini bisa jadi hal serois jika tidak segera diatasi. Nah, sebelum terlambat mari cari tahu tentang cara atasi batuk saat hamil lewat artikel berikut ini.

Solusi Ampuh Menangani Masalah Batuk Saat Hamil

Tidak Harus Ke Dokter, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Atasi Batuk Saat Hamil

Nah, karena gejala batuk ini dapat mempengaruhi kesehatan kandungan moms nantinya, maka perlu tau cara mengatasi gejala batuk jika sedang dalam kondisi hamil. Berikut beberapa solusinya:

1. Makan Makanan yang Hangat

Makanan hangat seperti sup adalah salah satu cara untuk atasi batuk saat hamil paling efektif. Selain itu, sup hangat juga dipercaya mampu mengurangi batuk dan peradangan di tenggorokan. Bahkan untuk moms yang sedang mengalami batuk berdahak, sup hangat dapat mengeluarkan dahak lho.

2. Atur Posisi Tidur Untuk Atasi Batuk Saat Hamil

Gejala batuk memang seringkali dialami saat kondisi sedang tidur dan akan semakin parah saat malam hari. Untuk ibu hamil, keadaan ini pasti sangat mengganggu dan membuat moms merasa tidak nyaman.

Lalu apa solusinya? Satu-satunya solusi untuk atasi batuk pada malam hari adalah ubah posisi tidur. Moms bisa tidur dengan dengan bantal ditumpuk lebih tinggi agar saluran pernafasan jadi lebih lancar.

3. Mandi Dengan Air Hangat Saat Batuk

Tidak Harus Ke Dokter, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Atasi Batuk Saat Hamil

Selain beberapa diatas, batuk saat hamil bisa diatasi dengan mandi air hangat. Selain bisa membuat pikiran lebih relax, mandi air hangat juga bisa melegakan pernafasan yang tersumbat.

4. Gunakan Balsem Untuk Meredakan Batuk Saat Hamil

Kalau moms tidak ingjn memakai cara yang rumit, nampaknya balsem bisa dijadikan sebagai solusi untuk meredakan batuk yang mengganggu. Rasa hangat dari balsem terbukti dapat meminimalisir batuk karena area dada yang hangat. Selain itu, balsem juga bisa buat pernafasan moms jadi lebih lega terutama jika batuk disertai dengan hidung tersumbat.

5. Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan cara alami untuk atasi batuk baik berdahak maupun tidak. Selain menyegarkan, air putih juga dapat menghidrasi tubuh sehingga tenggorokan tidak mudah kering. Selain itu, air putih juga dapat efektif untuk mengurangi frekuensi batuk khususnya saat malam hari.

Itulah beberapa cara atasi batuk saat hamil yang bisa moms lakukan sendiri dirumah. Selain cara diatas, jangan lupa juga imbangi dengan banyak istirahat dan kurangi stres. Terakhir, segera pergi ke dokter jika batuk semakin parah dan tak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait