5 Cara Agar ASI Keluar Setelah Operasi Caesar, Aman Tanpa Rasa Sakit

Sebenarnya tanpa menggunakan stimulus, pasca operasi caesar ASI akan tetap keluar dengan sendirinya. Namun jika ingin lebih lancar, ada cara agar ASI keluar setelah operasi caesar yang bisa bunda praktekkan.

Seperti yang bunda tahu, mengASIhi adalah momen membahagiakan untuk ibu pasca kelahiran anak tercinta. Namun bagi ibu dengan prosedur persalinan caesar, hal ini tentu jadi sebuah struggle tersendiri.

Selain masih ada sisa rasa sakit pasca operasi, ketidakstabilan hormon jiga jadi pengaruh kenapa ASI tak kunjung keluar.

Lantas bagaimana solusinya?

Cara Agar ASI Keluar Setelah Operasi Caesar

Cara Agar ASI Keluar Setelah Operasi Caesar

Panik adalah hal yang akan semakin memperkeruh keadaan. Kerimbang panik, lakukan beberapa cara di bawah ini agar ASI cepat keluar:

1. Inisiasi Menyusui Dini

Inisiasi menyusui dini ini punya banyak manfaat untuk bayi karena ASI yang dikeluarkan banyak mengandung protein yang baik untuk stimulan pertama soii kecil.

Selain itu, IMD juga sangat bermanfaat untuk ibu karena bisa mengurangi rasa sakit pasca melahirkan.

Namun sayangnya, IMD ini harus dilakukan satu jam setelah kelahiran bayi. Dan untuk kelahiran caesar, cara ini sedikit sulit dilakukan. Jadi sebaiknya, anggota keluarga bisa meminta saran dokter bagaimana baiknya.

2. Melakukan Kontak Langsung Dengan si Kecil

Penyebab ASI tidak cepat keluar pasca operasi caesar mungkin bisa disebabkan karena kurangnya kontak langsung antara ibu dan anak atau skin to skin.

Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan skin to skin dengan si kecil sesering mungkin.

Karena selain sebagai bentuk bounding, skin to skin juga bermanfaat untuk merangsang oksitosin dan prolaktin yang kemudian dapat berpengaruh pada produksi ASI.

3. Pompa ASI

Cara Agar ASI Keluar Setelah Operasi Caesar

Skin to skin masih belum berhasil untuk memperlancar ASI bunda pasca operasi? Berarti harus mencoba cara lain yaitu dengan memompa ASI menggunakan alat khusus.

Meskipun keluarnya hanya sedikit, bunda tetap harus telaten dan melakukan cara ini sesering mungkin. Karena jika sering dipompa, lambat laun produksi ASI akan lancar dan bunda bisa menyusui dengan mudah.

4. Pastikan Posisi Menyusui Bunda Sudah Tepat

Agar ASI dapat keluar dengan lancar, pastikan posisi menyusui bunda sudah tepat ya. Bunda bisa riset di Google tentang cara menyusui pasca operasi caesar tanja mengganggu luka jahitan.

Nah, jika posisi menyusui bunda menimbulkan rasa sakit pada bekas jahitan, bisa konsultasi dengan dokter ya.

5. Konsumsi Makanan Sehat Untuk Perlancar ASI

Selain melakukan beberapa cara diatas, bunda juga bisa mengimbangfi dengan konsumsi makanan untuk meperlancar ASI.  Jenis makanan yang bisa bunda konsumsi adalah daun katuk, wortel, pepaya dan bayam.

Usahakan untuk tidak menggunakan tambahan suplemen pelancar ASI karena hal ini justru berpengaruh pada produksi ASI bunda.

Terakhir, cara agar ASI keluar setelah operasi caesar adalah tetap menjaga kesehatan pikiran dan jangan terlalu banyak overthinking.

Karena hal ini justru akan memperburuk keadaan dan memicu produksi hormon sehingga berpengaruh pada produksi ASI bunda. Intinya, semua harus dibawa happy ya bun.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait