Bolehkah Ibu Hamil Makan Seafood? Ini Penjelasan Dokter

Bolehkah ibu hamil makan seafood? Masuk dalam jenis makanan tinggi protein, seharusnya sah-sah saja ya bumil konsumsi seafood.

Tapi, jika menurut anjuran dokter? Benarkah seafood justru tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Nah, daripada penasaran yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Mitos Ibu Hamil Makan Seafood

Ibu Hamil Makan Seafood

Mitos mengatakan bahwa makan aneka jenis seafood saat hamil bisa sebabkan bayi bau amis saat lahir.

Padahal ini sama sekali tidak benar. Makan seafood selama hamil tidak ada kaitannya dengan bau amis pada bayi ketika lahir.

Justru seafood adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin dan sangat baik untuk kesehatan serta tumbuh kembang janin.

Dalam berbagai jenis seafood terdapat omega-3 dan asam lemak yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi khususnya pada trimester ketiga kehamilan.

Selain itu, konsumsi seafood yang mengandung banyak omega-3 juga mengurangi risiko bayi lahir prematur dan perdarahan pada ibu hamil.

Bahkan, dengan rajin konsumsi ikan, akan memperkecil resiko penyakit jantung, pembekuan darah hingga menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Namun memang ada beberapa jenis seafood yang memang tidak boleh dikonsumsi selama hamil salah satunya ikan predator.

Ikan predator adalah jenis makanan laut yang punya banyak kandungan merkuri yang bisa membahayakan sistem saraf dan otak bayi.

Selain itu, merkuri yang menumpuk dalam aliran darah ibu, juga akan berdampak pada kondisi kesehatan dalam jangka panjang.

Jenis Seafood yang Aman dikonsumsi Ibu Hamil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua seafood boleh dikonsumsi selama hamil. Bunda hanya boleh konsumsi seafood yang benar-benar aman dari kandungan merkuri.

Dimana kandungan merkuri ini kerap didapatkan dalam tubuh ikan dari danau atau suangai yang tercemar limbah berbahaya.

Selain itu, bunda juga dilarang konsumsi terlalu banyak seafood seperti sashimi, ikan hiu, kerang mentah, ikan king mackerel, ikan marlin, ikan tilefish, ikan mentah dan ikan todak.

Sementara untuk jenis makanan laut yang boleh bunda konsumsi antara lain adala salmon, udang, ikan tilapia, tuna, cod dan kerang.

Jadi, Bolehkah Ibu Hamil Makan Seafood?

Ibu Hamil Makan Seafood

Jika bunda masih bingung dengan pertanyaan bolehkah ibu hamil makan seafood jawabannya adalah boleh. Dokter spesialis gizi dan kandunganpun sangat menyarankan.

Hanya saja,  seperti yang sudah dihasilkan sebelumnya tidak semua jenis seafood aman untuk dikonsumsi bunda selama hamil.

Selain jenisnya, asal muasal dari jenis makanan laut yang akan bunda konsumsi tersebut juga harus jelas. Pastikan bukan berasal dari ikan yang di air yang terkontaminasi zat berbahaya.

Terakhir, proses pengolahannya juga harus diperhatikan ya bun. Usahakan selalu mengolah seafood dalam keadaan matang untuk menghindari keracunan yang akan sangat membahayakan janin dan ibu.

Bagaimana bun, masih ragu tenang bolehkah ibu hamil makan seafood? Harusnya sudah tidak ya. Karena dokter pun sudah menegaskan bahwa seafood aman dikonsumsi saat hamil. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait