Berbahaya, Berikut Olahraga yang Dapat Menyebabkan Keguguran

Ilustrasi ibu hamil olahraga Foto: pexels

Bunda, olahraga memang baik untuk kesehatan ibu hamil. Namun, tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh bunda yang sedang hamil. Berikut olahraga yang dapat menyebabkan keguguran.

Olahraga yang dapat menyebabkan keguguran akan di bahas pada artikel ini. Untuk bunda yang sedang hamil atau butuh informasi baru mengenai kehamilan wajib baca artikel ini sampai selesai ya.

Biasanya bunda, keguguran terjadi karena kelainan kromosom bisa juta terdapat masalah pada perkembangan janin bunda. Tapi, tidak dapat di pungkiri aktivitas fisik dan gerakan tertentu bisa juga menjadi faktor keguguran pada ibu hamil.

Sudah banyak di akui, berolahraga ketika hamil sangat banyak manfaatnya. Salah satunya meningkatkan energi, meredakan sakit punggung, meredakan stres, serta bisa melancarkan persalinan. Berikut olahraga yang dapat menyebabkan keguguran:

Olahraga yang dapat menyebabkan keguguran

Bunda yang sedang hamil wajib tahu olahraga yang dapat menyebabkan keguguran apa saja.  Dengan mengetahui olahraga apa yang tidak boleh bunda lakukan, bunda dan sang buah hati akan lebih aman.

Ini olahraga yang dapat menyebabkan keguguran:

1. Hiit

Gerakan olahraga yang dapat menyebabkan keguguran yang pertama adalah Hiit. High intensity interval training merupakan kepanjangan dari Hiit.

Hiit sendiri adalah jenis olahraga kardio yang memiliki intesitas tinggi dan juga melakukannya dalam waktu yang cepat. Gerakan olahraga Hiit biasanya jumping jack, high knee, squat cepat, dan lainnya. Gerakan tersebut bisa meningkatkan risiko keguguran.

2. Aerobik

Olahraga yang dapat menyebabkan keguguran berikutnya adalah aerobik. Olahraga ini sebenarnya bisa dilakukan oleh bunda yang sedang hamil. Tapi bunda juga wajib berhati-hati, karena gerakan aerobik terlalu cepat atau memerlukan langkah terlalu tinggi.

Bunda, langkah yang terlalu tinggi ketika melakukan olahraga aerobik bisa membuat bunda jatuh dan akibatnya menyebabkan keguguran.

3. Sit up dan push up

Gerakan olahraga yang satu ini bisa dilakukan ketika kehamilan masih pada trimester pertama kehamilan menurut beberapa dokter kandungan. Setelah melewati masa trisemester ada kala baiknya menghindari olahraga sit up dan push up.

Karena olahraga sit up dan push up dilakukan dengan berbaring telentang hal ini bisa menghalangi aliran serta menurunkan darah yang mengakibatkan pusing. Dan juga gerakan ini memberikan tekanan di area perut dan juga kaki.

4. Menyelam

Olahraga menyelam dilarang juga untuk ibu hamil. Karena memiliki alasan, alat yang digunakan bunda dan gerakan menyelam menyebabkan penyakit kompresi janin. Hal ini penyebab bayi cacat lahir.

5. Mengangkat beban terlalu berat

Olahraga yang dapat menyebabkan keguguran yang kelima adalah mengangkat beban terlalu berat. Karena pada saat bunda hamil perubahan hormonal membuat ligamen menjadi lebih kendor hal itu bisa meningkatkan risiko cedera sendi.

6. Lari dan bersepeda

Ketika bunda sedang hamil ada baiknya tidak olahraga lari atau bersepeda, karena kemungkinan gerakan lari atau bersepeda bisa memicu risiko keguguran. Gerakan lari bisa memengaruhi lutut dan dasar panggul sehingga mudah cedera dan olahraga bersepeda pada luar ruangan bisa mengakibatkan bunda jatuh dan hilangnya keseimbangan.

Itu tadi bunda olahraga yang dapat menyebabkan keguguran yang wajib di ketahui. Namun, ada kala baiknya bunda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk keamanan yang lebih baik.

Ketika bunda sedang hamil jangan memaksa diri untuk berolahraga, walaupun olahraga sangat penting bagi ibu hamil. Lebih baik bunda berkonsultasi dulu dengan dokter, dan semoga artikel ini bisa membantu bunda dan pasangan. Terima kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait